Arti dari Apa Itu Dilema? Kira-kira Apa Ya?

Apa Itu Dilema

Menghadapi situasi yang sulit sering kita alami bersama, seperti dilema harus memilih yang mana diantara pilihan yang telah diberikan. Kata tersebut sering diucapkan oleh khalayak umum. Tetapi apakah kalian tahu, apa itu dilema dalam arti lain?

Apa itu dilema yakni situasi dimana seseorang diberikan pilihan untuk mengambil keputusan, yang sama-sama tidak diinginkan. Intinya kita sebagai pelaku pemilih, diharuskan untuk memilih salah satu pilihan yang tidak menyenangkan dan membingungkan.

Muncul perasaan tersebut, dikarenakan pilihan yang diberikan tidak menguntungkan dan sulit untuk dilakukan bagi diri sendiri. Disitulah letak muncul perasaan dilema yang kebingungan untuk mengambil keputusan terakhir.

Dilema Itu Apa Artinya?

Dilema Itu Apa Artinya?

apa artinya? Dilema adalah situasi dimana seseorang diharuskan memilih salah satu pilihan, sekiranya kita kesulitan untuk menjalaninya. Selain kesulitan, si pelaku pemilih  akan mendapati perasaan bingung, cemas, serta bimbang dalam satu waktu bersamaan.

Apa itu dilema dapat dibedakan menjadi 2 bagian yakni dilem4 sosial dan dilem4 etika. Pengertian dilem4 sosial yakni situasi yang dapat menimbulkan keuntungan atau kerugian, dalam suatu organisasi sosial bahkan bisa ke diri sendiri.

Dalam arti lain, dilema sosial akan menghasilkan keputusan yang dibuat untuk diri sendiri atau organisasi, dalam segi menguntungkan atau tidak kepada pihak yang bersangkutan.

Kondisi seperti itu harus adanya kerjasama antar individu dengan kelompok tersebut, agar dapat menghasilkan keputusan terbaik. Namun, jika bertindak egois hanya mementingkan diri sendiri, maka pihak lain yang akan dirugikan.

Sedangkan arti dari apa itu dilema etika, yakni kondisi dimana kalian dipaksa untuk membuat keputusan atas perilaku yang telah ditentukan sebelumnya. Hal tersebut mengacu kepada benar tidaknya sikap yang kita lakukan terhadap aturan yang berlaku.

Untuk menyikapi kondisi membingungkan harus memilih yang mana, seperti yang sudah tertera penjelasan diatas, maka ada beberapa cara menghadapinya :

  • Hal pertama yang paling penting yakni berdoalah untuk meminta pertolongan kepada Allah, mana jalan yang terbaik untuk dilakukan.
  • Isilah luang waktu kalian dengan hal yang berbau positif untuk menghilangkan rasa suntuk yang berlebihan.
  • Pertimbangkanlah dari sisi positif dahulu, kemudian kalian putuskan mana yang baik untuk dilaksanakan.
  • Berpikirlah secara matang dan tepat. Jangan memikirkan tentang keuntungan dan kerugian yang akan dialami diri sendiri.
  • Jika masih terasa kesulitan, mintalah saran kepada orang tua, kerabat dekat atau sahabat yang kalian percaya.
  • Berpikirlah yang leluasa apa yang harus dilakukan, agar tidak menimbulkan pikiran yang sempit.
  • Point utama, pikirlah dampak yang akan diterima orang lain, baik dari sisi positif maupun negatif.

Sinonim Dilema

Sinonim Dilema

Adalah kata yang memiliki arti sama dengan kata yang lain. Sinonim dilema yakni kesulitan, problem dan komplikasi dalam suatu permasalahan. Saat ini, kata tersebut sering diucapkan oleh banyak orang, ketika sedang mengalami masa kesulitan untuk mengambil  suatu keputusan.

Jika kalian dalam kondisi tersebut, maka harus dihadapi dengan sabar dan berkepala dingin dahulu. Jangan langsung memutuskan secara sepihak disertai emosi yang memuncak. Bila kalian memutuskan sesuatu dengan melakukan hal seperti itu, maka suatu saat nanti, si pemilih akan mengalami rasa penyesalan.

Ada beberapa contoh tindakan, ketika mengalami dilema seperti mulailah dengan berwudhu agar kepala menjadi dingin dan lebih tenang, duduk sambil memikirkannya kembali solusi penengah, dan langkah terakhir, berbaringlah sambil memejamkan mata yang bertujuan agar badan dan pikiran rileks bersamaan.

Contoh Dilema

Contoh Dilema

Berikut ada beberapa contoh dilema dalam kehidupan sehari-hari :

  • Bimbang antara harus melanjutkan jenjang perkuliahan atau kerja untuk membantu kedua orang tua.
  • Bingung antara pekerjaan dan sekolah, yang mana harus didahulukan.
  • Bimbang antara memperpanjang kontrak kerja atau tidak.
  • Ketika sudah menikah, bingung untuk tinggal dirumah mertua atau membeli rumah sendiri.
  • Ketika ujian sekolah, ragu untuk memilih mana jawaban yang benar dan salah.
  • Bimbang untuk mendahulukan kebutuhan orang tua atau kebutuhan sendiri (yang sekiranya penting juga untuk dipertimbangkan).

Nah, itulah artikel yang dapat saya sampaikan tentang apa itu dilema. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.