Ayo Jelaskan Pengertian dari Reklame!

Jelaskan Pengertian Dari Reklame

Teman-teman pasti pernah melihat papan-papan iklan besar di jalan. Papan-papan iklan tersebut dinamakan reklame. Namun apakah teman bisa jelaskan pengertian dari reklame?

Apa yang Dimaksud Pengertian Reklame?

Apa yang Dimaksud Pengertian Reklame?

 

Jika diminta jelaskan pengertian dari reklame, reklame adalah media yang bertujuan untuk mengiklankan suatu produk, jasa atau meningkatkan popularitas

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), apa yang dimaksud pengertian reklame adalah pemberitahuan kepada masyarakat umum mengenai barang yang diiklankan menggunakan tulisan dan gambar yang menarik.

Bagaimana Bahasa Reklame agar Masyarakat Mudah Memahami nya?

Bagaimana Bahasa Reklame agar Masyarakat Mudah Memahami nya?

Terdapat beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh reklame, baik dari cara penulisannya hingga hal-hal lainnya agar menarik perhatian. Ciri-cirinya :

  1. Menggunakan gambar menarik

Hal yang pertama kali diperhatikan pasti gambar, dengan gambar yang menarik pasti membuat orang-orang yang melihatnya tertarik untuk membaca tulisannya. Biasanya gambar yang dipilih adalah gambar yang menyimbolkan atau menunjukkan karisma dari produk yang diiklankan.

  1. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, singkat dan jelas

Dikarenakan dipasang pada pinggir jalan membuat iklan ini harus dibuat semudah mungkin untuk dipahami. Tidak mungkin bukan kita berhenti di tengah jalan hanya untuk membaca papan reklame. Jika tulisan tidak singkat dan jelas dapat membuat pembaca kesulitan memahami informasi yang ingin disampaikan.

  1. Memberikan informasi yang jujur

Dalam mengiklankan sesuatu harus mengedepankan kejujuran. Hal ini dapat membuat pembaca untuk percaya dan terpengaruh untuk membeli atau menggunakan jasa yang diiklankan. Selain itu dengan memberikan informasi yang jujur membuat iklan dapat dipertanggung jawabkan.

  1. Melakukan secara berulang-ulang

Tentu tidak hanya dalam satu hari banyak orang akan mengetahui iklan. Sehingga dalam mengiklankan barang atau jasa dengan cara ini harus dilakukan berulang-ulang. Selain itu memasang iklan di jalan-jalan strategis akan membantu agar banyak orang melihatnya.

Mengapa Dikatakan Reklame?

Mengapa Dikatakan Reklame?

Tahukah teman-teman mengapa dikatakan reklame? Ternyata kata tersebut berasal dari bahasa latin, yaitu “Re” yang berarti berulang dan “Clamare” Yang berarti seruan. Sehingga jelaskan pengertian dari reklame yang berasal dariĀ  bahasa latin memiliki arti seruan yang dilakukan berulang.

Reklame sendiri memiliki 2 jenis, berikut jelaskan pengertian dari reklame berdasarkan jenisnya :

  • Komersial

Reklame dengan jenis ini mengutamakan promosi suatu barang atau layanan. Tujuannya adalah menarik minat pembaca untuk menggunakan atau membeli produk atau jasa yang di iklankan. Biasanya informasi yang disampaikan tidak detail, namun biasanya menggunakan kata-kata unik sehingga lebih mudah diingat dan akan diperbincangkan oleh banyak orang.

  • Non-komersial

Pada jenis ini tidak mengutamakan mengiklankan sesuatu atau meningkatkan keuntungan seseorang. Jenis ini biasanya digunakan oleh pemerintah, sekolah atau instansi tertentu. Sehingga biasanya berisi ajakan masyarakat untuk mengikuti program-program tertentu, beasiswa dan lainnya. Biasanya menggunakan bahasa yang singkat, jelas dan meyakinkan sehingga masyarakat dapat memahaminya dengan mudah dan tidak ada informasi yang salah.

Contoh-contoh reklame :

  • Iklan jual mobil dengan mudah
  • Iklan paket terbaru kartu telkomsel
  • Iklan kegiatan Pekan Raya Jakarta (PRJ)
  • Himbauan untuk menggunakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak
  • Penawaran beasiswa ke negara lain yang diselenggarakan universitas A
  • Himbauan pemberlakuan peraturan

Teman-teman sekarang telah mengetahui jawaban dari jelaskan pengertian dari reklame, bagaimana bahasa reklame agar masyarakat mudah memahami nya hingga contoh-contoh reklame yang sering kita temui dalam sehari-hari.

Jadi teman-teman yang ingin mengiklankan produk, barang atau meningkatkan popularitas dapat mencoba cara mengiklankan ini dan jangan lupa untuk mencari tempat strategis sehingga iklan berjalan efisien dan berjalan lancar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.