Ayo Membahas Apa Itu Eksploitasi! Apa Saja Contohnya?

apa itu eksploitasi

Kata eksploitasi sendiri nampaknya sudah tak asing di telinga kita, sehubungan juga maraknya kegiatan tersebut yang terjadi belakangan ini, Namun, tahukah kalian apa itu eksploitasi? Sederhananya ini adalah kegiatan pemanfaatan yang dilakukan secara berlebihan demi keuntungan satu pihak tertentu. Eksploitasi umumnya terjadi pada pemanfaatan sumber daya alam. Seperti yang kita ketahui sumber daya alam tentunya memiliki ragam jenis yang berbeda-beda setiap daerahnya. Tak jarang hal ini justru memancing oknum-oknum yang tak bertanggung jawab untuk melakukan kegiatan ini.

Apa itu Eksploitasi?

Apa yang dimaksud dengan Eksploitasi?

Di Indonesia sendiri eksploitasi bukanlah hal yang baru. Berita tentang kegiatan ini sering kita temui dalam beberapa dekade ke belakang ini. Tapi, apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan eksploitasi? Apa itu eskploitasi adalah istilah yang erat dikaitkan dengan suatu aktivitas yang dilakukan secara berlebihan, dan biasanya memberikan dampak yang negatif pada sekitarnya. Kegiatan yang merusak alam ini sering untuk menggambarkan sebuah kegiatan demi kepentingan pribadi suatu pihak. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, apa itu eksploitasi adalah kegiatan pemanfaatan untuk kepentingan dan keuntungan diri sendiri.

Umumnya kegiatan ini terjadi terhadap sumber daya alam. Banyak oknum yang tak bertanggung jawab melakukannya kepada alam kita tanpa memikirkan dampak negatif yang akan terjadi nantinya. Selain pada sumber daya alam, kegiatatan ini juga terjadi pada kehidupan bersosial di masyarakat, khususnya pada sumber daya manusia. Contohnya mereka memperkerjakan anak-anak di bawah umur demi kepentingan pribadi dan di luar batas.

Apa yang dimaksud dengan Kegiatan Eksplorasi dan Eksploitasi?

Apa yang dimaksud dengan Kegiatan Eksplorasi dan Eksploitasi?

Bika mendengar kedua kata ini tentunya sudah tak asing lagi di telinga kita. Namun sayangnya ternyata masih banyak orang yang tidak tahu apa yang dimaksud dengan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi? Kedua kata tersebut terlihat sangat mirip satu dengan yang lainnya, sehingga membuat banyak orang yang salah kaprah akan kedua kata ini. Tapi kenyatannya, jika kita membedah kedua kata ini, eksplorasi dan ekploitasi memiliki makna yang jauh berbeda.

Eksplorasi sendiri merupakan kata serapan dari Bahasa Inggris yaitu explore, yang berarti menjelajah. Jadi makna dari kata eksplorasi adalah menjelajah tempat, daerah, atau hal baru yang belum terkenal untuk mempelajari apapun yang ada di tempat tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk menggali setiap potensi yang tersembunyi dan mungkin ada dalam suatu wilayah baru, demi tujuan komersial maupun ilmu pengetahuan.

Berbeda dengan eksplorasi, eksploitasi adalah kegiatan menggali potensi wilayah atau hal tertentu secara lebih mendalam dan jauh, bahkan bisa terbilang berlebihan. Kata ini sering digunakan untuk menggambarkan kegiatan tindakan yang berlebihan dalam melakukan suatu aspek. Sehingga kegiatan eksplorasi biasanya bermakna negatif dan kurang baik.

Apa Contoh dari Kegiatan ini?

Apa Contoh Dari Eksploitasi?

Setelah mengetahuinya, kira-kira apakah kalian tahu apa contoh dari eksploitasi? Sejatinya kegiatan ini banyak jenisnya, mulai dari segi alam, hewan, manusia, ekonomi, dan masih banyak lagi. Berikut Mimin berikan contohnya tersebut, yaitu:

  1. Memanfaatkan anak bawah umur untuk menjadi pengamen atau pengemis.
  2. Penangkapan ikan menggunakan bahan peledak demi mendapatkan tangkapan yang banyak.
  3. Pembakaran hutan bersekala besar untuk membuka lahan kosong yang baru.
  4. Menggunakan hewan sebagai atraksi sirkus yang tidak manusiawi.
  5. Melakukan tambang-tambang liar tanpa izin.

 

Itu dia penjelasan Mimin mengenai apa itu eksploitasi. Semoga artikel ini dapat menyadarkan kita bahwa betapa berbahayanya kegiatan eksploitasi bagi lingkungan sekitar kita dan dampaknya bagi kita sendiri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.