Bagaimana Penulisan Aktivitas yang Benar?

Penulisan Aktivitas yang Benar

Kali ini kita akan membahas tentang kata “Aktifitas” atau “Aktivitas”, hm, manakah penggunaan yang benar? Jika Anda penasaran, mari simak ulasan tentang penulisan aktivitas yang benar. Hal ini sangatlah perlu untuk diketahui untuk dapat melatih diri dalam menggunakan kata-kata baku sebagaimana harusnya.

Menulis adalah sebuah kegiatan untuk membuat suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Menulis juga dilakukan untuk mengungkapan gagasan. Sebagian orang masih saja salah saat menulis suatu kata baku, seperti penulisan aktivitas yang benar. Sebab itu kita harus banyak mempelajari penulisan kosakata baku agar, tulisan yang kita buat tetap berkualitas.

Kata merupakan kumpulan dari huruf yang membentuk suatu makna tertentu. Jika kata-kata tersebut disusun, maka akan membentuk sebuah kalimat. Kata memiliki beberapa ciri, yaitu terdiri atas beberapa huruf, mempunyai makna dan fungsi tertentu dalam tata bahasa, dapat dibentuk frasa, kalimat, ataupun klausa.

Apa bedanya aktivitas dan aktifitas?

Adapun beberapa jenis kata, yaitu kata benda, sifat, kerja, keterangan, kata ganti, dan kata tugas. Umumnya, kata dapat terbentuk dari suatu ucapan, atau tulisan, hingga dari pikiran dan perasaan. Kata-kata digunakan secara massal dalam suatu bahasa.

Memahami sebuah kata dapat menjadi hal yang penting, agar makna yang ingin kita sampaikan dapat diterima dengan baik. Selain itu pemilihan kata (diksi) berguna untuk orang-orang yang gemar dengan pembuatan puisi atau bagi siapapun yang berkecimpung dalam sastra.

Kata “aktifitas” sendiri ternyata tidak ditemukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), namun kata yang dapat dapat ditemukan adalah “aktivitas”. Sehingga, dari sini dapat kita simpulkan bahwa penulisan aktivitas yang benar adalah “aktivitas”. Mengapa demikian?

Dalam Bahasa Indonesia, kata asing diserap dengan bentuk dasar ataupun berimbuhan. Misalnya adalah kata asing yang berakhiran “-ization” dan “-ity” diserap dengan kata dasarnya. Sehingga “activity” dalam Bahasa Indonesia menjadi “aktivitas”. Nah, itulah penulisan aktivitas yang benar. Jangan salah lagi, ya!

Indonesia memiliki aturan kata serapan (absorption) dari bahasa asing. Kata serapan kata-kata yang berasal dari bahasa asing ataupun bahasa daerah yang kemudian dijadikan sebagai bahasa asli yang tetap memperhatikan kaida-kaidah bahasa yang berlaku.

Apa Bedanya Aktivitas dan Aktifitas?

Keduanya memang mempunyai bentuk pelafalan kata yang sama, namun kedua kata tersebut memiliki perbedaan. Meski jika sama-sama diucapkan oleh seseorang, maka orang lain dapat menangkap maksud yang sama. Lalu, apa bedanya aktivitas dan aktifitas? Perbedaan yang jelas dapat kita lihat hanyalah terletak pada penggunaan huruf “v” dan “f” saja.

Apakah Aktivitas itu Kata Baku?

Aktiv Apa aktif?

Sebagian orang masih membingungkan bentuk kata baku yang sesuai dengan kaidah menulis. Dalam penulisan formal, kata baku harus diperhatikan dan wajib digunakan. Apakah aktivitas itu kata baku? Jawabannya adalah iya. Kata “aktivitas” adalah kata baku yang sesuai dengan KBBI

Aktiv Apa Aktif?

Anda sudah mengenal penulisan yang benar dari kata “aktivitas”. Apakah Anda juga pernah mendengar tentang kata dasar dari kata “aktivitas”? Manakah yang benar,  aktiv apa aktif? Dalam Bahasa Inggris, kata “active” diserap dalam bentuk “aktif” ke dalam Bahasa Indonesia.

Dalam KBBI, “aktif” adalah giat. Contoh penggunaannya misalnya:

  • “Ia aktif mengikuti perlombaan”
  • “Nomor teleponnya sedang tidak aktif”
  • “Apakah nomormu sudah aktif kembali?”
  • “Nilaimu belum sempurna, karena kamu kurang aktif di kelas”

Di Atas adalah beberapa contoh penggunaan kalimat dari kata “aktif”. Semoga membantu!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.