Bagaimana Penulisan Kerjasama Yang Benar?

Penulisan Kerjasama Yang Benar

Halo teman teman, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang penulisan kerjasama yang benar. Bahasa Indonesia disebut juga sebagai bahasa terbuka karena menyerap begitu banyak dari bahasa asing. Mulai dari bahasa Portugis, Belanda, Sansekerta hingga sampai China. Terdapat kaidah kaidah tentang tata cara penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan juga benar. Kaidah kaidah tersebut merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) atau juga Ejaan yang Disempurnakan (EYD).

Itulah kenapa proses untuk mencapai pengejaan dan juga penulisan yang tepat dalam berbahasa Indonesia memerlukan berbagai tahapan. Mulai dari penulisan, penyuntingan sampai dengan publikasi. Maka dari itu penting untuk kita mengetahui bagaimana penulisan kosakata yang benar.

Contohnya terdapat pada kata majemuk kerjasama atau kerja sama. Masih banyak orang yang bingung menerapkan cara penulisan yang benar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kerja sama ini adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang (lembaga, pemerintah dan juga sebagainya) untuk mencapai tujuan bersama. Untuk lebih jelasnya kita simak penjabaran secara mendalam tentang penulisan kerjasama yang benar sebagai berikut.

Kerja Sama Digabung Apa Dipisah?

Kerja Sama Digabung Apa Dipisah?

Setelah kalian tahu tentang apa itu kerjasama, yuk langsung saja kita bahas tentang penulisan kerjasama yang benar. bagi kalian yang masih bertanya tentang kerja sama digabung apa dipisah? Tenang teman teman, kali ini aku akan menjawabnya. Disadur dari dalam buku EYD dan juga tata bahasa Indonesia oleh Engkay Sobariah, cara penulisan yang benar adalah kerja sama. Merujuk pada pedoman Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), kata majemuk ini haruslah ditulis secara terpisah.

Dan juga pula ketika kata kerja sama hanya diberi imbuhan, tetaplah harus ditulis secara terpisah. Tetapi, ketika kata ‘kerja sama’ diberi awalan dan juga akhiran, maka penulisannya haruslah disambung. Frasa kerja sama dapat ditulis dalam dua bentuk.

Dimana Itu Dipisah Atau Digabung?

Dimana Itu Dipisah Atau Digabung?

Setelah kalian mengetahui tulisan kerja sama yang benar. Kali ini aku akan membahas dimana itu dipisah atau digabung? Sehingga penulisan yang tepat adalah di mana, dan bukan dimana.

Pada penggunaan yang sama, penulisan yang tepat misalnya di mana-mana, ke mana, ke mana-mana, dan juga dari mana. Antara di mana dan juga dimana, yang tepat adalah di mana.

Kapan Di Digabung Dan Dipisah?

Kapan Di Digabung Dan Dipisah?

Kali ini kita akan membahas tentang kapan di digabung dan dipisah? Ketika kata kerja sama hanyalah diberi imbuhan, tetaplah harus ditulis secara terpisah. Tetapi, ketika kata ‘kerja sama’ diberi awalan dan juga akhiran, maka penulisannya harus disambung.

Bentuk iniĀ  termasuk kata majemuk, karena bersama sama mereka membentuk makna atau juga makna baru. Kolaborasi ini haruslah ditulis secara terpisah, karena kombinasi dari kata kata penting, dan juga masing masing dapat digunakan di dalam penawaran.

Contoh Penulisan Kerja Sama yang Terpisah :

  1. Dalam rangka memperkenalkan budaya bangsa Indonesia, pemerintah Indonesia mengadakan kerja sama dengan negara-negara lainnya salah satunya adalah melalui jalur pendidikan.
  2. Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan juga Provinsi Kalimantan Selatan segera meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan, terutama pertukaran pelajar serta transfer tentang pengetahuan.

Contoh Penulisan Kerja Sama yang Disambung :

  1. Setelah menutup beberapa toko karena izinnya telah lama mati, pemerintah Bandung akan berencana mengerjasamakan toko waralaba dengan Koperasi.
  2. Pemerintah Indonesia mengerjasamakan proyek proyek pembangunan di ibu kota Kalimantan dengan pihak BUMN dan swasta.

Sekian pembahasan tentang penulisan kerjasama yang benar yang dapat sampaikan. Semoga dengan materi yang telah dibahas dapat memberikan pemahaman dan juga manfaat untuk teman teman pembaca semua.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.