Batu Bara Berasal dari Daerah Mana saja sih?

Batu Bara Berasal dari Daerah

Hai semuanya, apa kabar kalian semua? Apa kalian tahu batu bara itu apa? Batu bara adalah salah satu bahan bakar yaitu fosil. Pengertian umum batu bara adalah batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuknya dari endapan organik, utamanya adalah sisa – sisa tumbuhan dan terbentuknya melalui proses pembatubaraan. Unsur – Unsur utamanya terdiri dari unsur karbon, hidrogen dan nitrogen dan oksigen. Apa kalian sudah tau batu bara berasal dari daerah mana?

Batu Bara Berasal dari Daerah Mana

Batu Bara Berasal dari Daerah Mana

Berikut adalah asal batu bara yang ada di daerah indonesia : 

  • Papua Barat
    Papua tidak hanya terkenal sebagai daerah yang menghasilkan emas terbesar di indonesia. papua juga menghasilkan batu bara berasal dari daerah asal tanah air kita yang terbesar di indonesia. Salah satunya terletak di daerah sorong, Papua Barat. Hingga saat ini, batu bara dari daerah sorong, Papua memiliki kualitas yang sangat terkenal di dunia. 
  • Kalimantan Selatan
    Provinsi kalimantan selatan juga merupakan daerah yang menghasilkan batu bara terbesar di Indonesia. Lokasi penghasil batu bara di provinsi tersebut terletak di daerah Pulau Laut. Hasil batu bara ini di daerah Pulau Laut memiliki kualitas yang sehingga di ekspor keluar negeri seperti ke China, Jepang, dan Amerika Serikat.
  • Sumatera Selatan
    Tempat penambangan batu bara di provinsi Sumatera Selatan ini, terletak di daerah Bukit Asam. Meskipun daerah ini terbilang cukup kecil, namun keberadaan batu bara di daerah ini sangat berlimpah dan menjadikan daerah Bukit Asam kaya raya.
  • Aceh
    Tempat penambangan ini berada di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Aceh Barat merupakan salah satu batu bara berasal dari daerah Meulaboh dengan kualitas terbaik di Indonesia. Cadangan batu bara di daerah Meulaboh ini mencapai 500 juta ton dengan kedalaman 80 meter.
  • Sumatera Barat
    Sumatera adalah salah satu pulau yang menyimpan banyak cadangan batu bara. Salah satu tempatnya adalah di Sawahlunto, yang sudah populer sejak abad ke-19.

Itulah beberapa batu bara berasal dari daerah tanah air kita yang bisa ekspor sampai di berbagai negara. 

Dimanakah Daerah Penghasil Batu Bara Terbesar di Indonesia?

Dimanakah Daerah Penghasil Batu Bara Terbesar di Indonesia? 

Itu tadi adalah 5 daerah yang banyak menghasilkan batu bara. Namun, Dimanakah daerah penghasil batu bara terbesar di Indonesia? Daerah yang paling banyak menghasilkan batu bara di Indonesia adalah Kalimantan. Pulau Kalimantan ini menyimpan cadangan sebesar 25,84 miliar ton dan sumber daya sebesar 88,31 ton. Kalimantan ini mempunyai simpanan sebanyak 62,1% sumberdaya batu bara. 

Apakah di Jawa ada Batu Bara?

Apakah di Jawa ada Batu Bara? 

Memang batu bara yang kita tahu banyak dari kalimantan, Sumatera, papua. Tapi Apakah di Jawa ada batu bara? Walaupun batu bara di jawa tidak sebesar potensi di Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera, namun jawa juga memiliki daerah penghasil batu bara. Pada tahun 2020 lalu Pulau Jawa memiliki 58,5 ton sumber daya batu bara loh, sementara jumlah cadangannya hanya sebesar 7,23 juta ton. 

Batubara Terletak Dimana?

Batubara Terletak Dimana? 

Setelah kita membahas batubara itu paling banyak yang menghasilkan batu bara sekarang apa kalian tahu Batubara terletak dimana? batu bara ini ada di dalam bumi yang dimana kita harus menambangnya. Penambangan batu bara ini adalah penambangan batu bara dari bumi. Batu bara ini berguna sebagai bahan bakar. Batu bara juga bisa untuk membuat coke untuk pembuatan baja juga. 

Itulah yang bisa saya jelaskan mengenai penghasilan terbanyak batu bara berasal dari daerah yang ada di tanah air kita, yaitu Indonesia. Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Sampai jumpa!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.