Berapa sih Harga Panel Surya 500 Watt?

Harga Panel Surya 500 Watt

Pada masa ini bukan hanya teknologi seperti komputer dan internet saja yang berkembang, namun teknologi di bidang lainnya juga. Seperti panel surya, apakah teman-teman tahu apa yang dimaksud dengan panel surya dan berapa harga panel surya 500 watt

Apa yang Dimaksud dengan Panel Surya

Apa yang Dimaksud dengan Panel Surya? 

Daryl Chapin, Gerald Pearson dan Calvin Souther Fuller menciptakan panel surya pada tahun 1954. Alat ini berfungsi untuk mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Setelah diubah, listrik akan disimpan di dalam baterai yang kemudian digunakan sesuai kebutuhan. 

Pada saat ini telah banyak sekali macam dari alat ini, berikut beberapa jenis-jenisnya :

  • Monocrystalline Silicon
    Tipe ini banyak sekali digunakan karena memiliki efisiensi yang tinggi dan umur pakai yang panjang. Silikon murni yang diiris tipis-tipis merupakan bahan dalam pembuatan alat ini. Efisiensi yang dimilikinya dibilang tinggi karena dapat melampaui jenis lainnya sebanyak 20 persen, namun walaupun begitu harga untuk jenis ini terbilang mahal dikarenakan kualitasnya. 
  • Polycrystalline Silicon
    Jenis ini dibuat menggunakan batang kristal silikon yang dileburkan ke dalam bentuk cetakan persegi. Teman-teman dapat langsung mengetahui jenis ini dengan melihat ada atau tidak adanya retakan atau fragmen pada Sel alat ini. Efisiensinya memang 17 persen lebih rendah dibandingkan jenis sebelumnya, namun harga dari jenis ini relatif terjangkau. 
  • Thin Film Solar Cell
    Jenis ini menggunakan sel surya yang sangat tipis dan menempelkannya pada kaca, metal atau plastik. Ciri dari jenis ini adalah fleksibel dan ringan. Namun jenis ini memiliki efisiensi yang lebih rendah dibandingkan kedua jenis lainnya. 

Bagaimanakah Cara Kerja Panel Surya?

Bagaimanakah Cara Kerja Panel Surya?

Berikut bagaimana cara kerja panel surya secara singkat :

  1. Panel surya akan mengubah energi cahaya matahari menjadi listrik
  2. Listrik tersebut masuk tergolong arus searah (DC) sehingga memerlukan inverter untuk mengubahnya menjadi arus bolak-balik (AC) 
  3. Listrik pun sudah dapat digunakan

Berapa Harga Panel Tenaga Surya?

Berapa Harga Panel Tenaga Surya?

Pada umumnya orang-orang akan mencari panel surya dengan watt sebesar 100 hingga 300 karena sesuai dengan kebutuhan masyarakat umum. Namun jika teman-teman termasuk menengah atau besar maka dianjurkan menggunakan 500 watt, dikarenakan akan lebih efisien dan berapa harga panel tenaga surya yang dikeluarkan menjadi lebih kecil. 

Walaupun harga panel surya 500 watt terlihat lebih mahal, namun pada saat diaplikasikan akan menjadi lebih murah dibandingkan watt lainnya. Namun masih sangat sedikit bahkan tidak ada yang menjualnya, kebanyakan akan meminta untuk memesan terlebih dahulu. Tetapi bukan berarti tidak ada merk yang menjualnya. Berikut harga panel surya 500 watt beserta merknya :

  • Maysun Solar
    Produk yang dijual oleh merek ini adalah jenis Monocrystalline Silicon sehingga memiliki efisiensi yang tinggi. Dengan kemampuannya menghasilkan hingga 500 watt, dengan arus mencapai 11,69 ampere dan tegangan maksimumnya 42,8 volt. Hal tersebut membuat produk ini terbilang sangat baik. Untuk harga panel surya 500 watt yang dijual ini memiliki harga sekitar Rp 2.750.000 hingga 2.850.000 rupiah. 
  • Trina Solar
    Produk dari merk ini menggunakan jenis Monocrystalline Silicon yang dimana sama seperti merk sebelumnya. Dengan berat 25 kg dan dimensinya sebesar 2120 x 1052 x 40 mm, produk ini dapat menghasilkan hingga 505 watt, arus sebesar 10,84 ampere dan tegangan maksimum yang mencapai 41,52 volt. Harga panel surya 500 watt ini dijual dengan harga yang jauh berbeda dari sebelumnya, yaitu Rp 5.382.000 rupiah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.