Berikut ini Sayur yang Dilarang Untuk Penderita Asam Lambung

Sayur yang Dilarang Untuk Penderita Asam Lambung

Asam lambung merupakan suatu penyakit pencernaan yang terjadi pada lambung atau empedu mengalir pada saluran makanan dan dan iritasi dinding  lapisan saluran makanan.  Oleh karena, itu banyak  pantangan bagi makanan penderita gerd atau asam lambung. Ada beberapa makanan, buah-buahan dan sayur yang dilarang untuk penderita asam lambung.

Jika kalian penderita gerd  Atau yang sering kita kenal sebagai  penyakit asam lambung, sebaiknya simaklah artikel berikut yang berjudul “  Sayur  yang Dilarang Untuk Penderita Asam Lambung ”.

Sayuran memanglah sangat sehat dan kita dianjurkan untuk memakan secara rutin. Apalagi sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang aman dikonsumsi bagi penderita gerd. Apalagi sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki kadar gula serta lemak yang rendah maka dari itu dapat membantu mengurangi asam lambung.  Namun,  ada sebagian kecil  sayuran yang  disarankan untuk tidak dikonsumsi bagi penderita asam lambung.  berikut ini adalah beberapa sayur yang dilarang untuk penderita asam lambung :

Kalian pasti tidak asing lagi dengan sayuran yang satu ini.  Kebanyakan orang Indonesia  menggunakan tomat sebagai bahan baku sambal yang lezat. Namun dibalik kelezatan  dan dan nutrisi yang dikandung, terdapat kandungan asam yang cukup tinggi sehingga menyebabkan  penderita asam lambung mengalami

heartburn . Akan tetapi, tingkat toleransi penderita gerd terhadap tomat sangatlah berbeda-beda sebaiknya Kalian cari tahu terlebih dahulu seberapa besar tingkat toleransi kalian terhadap tomat.  Sebaiknya,  untuk mengurangi kadar asam tomat dapat dimasak  atau diolah terlebih dahulu.

  • Daun Peppermint

Daun peppermint  merupakan salah satu jenis is sayuran atau tanaman yang dapat dicampur ke berbagai   minuman maupun makanan karena dapat melegakan pernafasan serta tenggorokan. Namun,   Beberapa orang tidak dapat bertoleransi dengan tanaman satu ini.  kandungan yang memunculkan rasa atau mint pedas dingin dapat memicu perasaan mulas bagi perut.  Khususnya  pada penderita  asam lambung

  • Bawang Putih dan Bawang Bombay

Bawang putih dan bawang bombay merupakan salah satu tanaman yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk membuat bumbu masakan dan menambah cita rasa. Akan tetapi rasa pedas dari  kedua bawang tersebut menimbulkan rasa mual mulas serta ingin muntah.   sebaiknya bagi kalian penderita gerd dapat mengurangi  jumlah  bawang ketika memasak  dan sebaiknya jangan memakan bawang secara langsung harus diolah terlebih dahulu.

  •   Daun Bawang

selain bawang bombay dan bawang putih daun bawang juga dilarang bagi penderita karena dapat memicu asam lambung.  seperti yang diketahui kandungan fruktosa pada daun bawang secara tidak langsung dapat menyebabkan naiknya asam lambung apalagi dikonsumsi secara langsung atau mentah.

Apa yang Cocok Untuk Asam Lambung?

Apa yang Cocok Untuk Asam Lambung?

Setelah membahas mengenai  sayur yang dilarang untuk penderita asam lambung, lalu  apa yang cocok untuk asam lambung? Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat dikonsumsi bagi penderita  asam lambung :

  • Makanan yang Membuat Cepat Kenyang

Biasanya makanan yang membuat cepat kenyang merupakan makanan yang mengandung serat.  penderita biasanya disarankan untuk tidak terlalu banyak makan karena memicu peningkatan asam lambung.  contoh makanan yang mengandung serat dan membuat cepat kenyang yaitu : otmeal,  nasi coklat, nasi merah dan umbi-umbian.

  • Makanan Berkadar Air

salah satu yang dapat  dilakukan bagi penderita gerd untuk mengurangi reaksi asam lambung yaitu dengan minum air putih yang banyak dan mengkonsumsi makanan berkadar air.  makanan berkadar air akan membantu merendahkan kadar asam pada lambung.  contoh makanan yang mengandung kadar air yaitu seledri selada timun dan semangka.

Apakah Penderita Asam Lambung Boleh Makan Sayur Kol?

Apakah Penderita Asam Lambung Boleh Makan Sayur Kol?

Sayuran merupakan salah satu Sayuran merupakan salah satu bahan makanan Yang sangat bermanfaat karena mengandung banyak vitamin serat dan mineral.  Selain itu,  sayuran juga aman untuk dikonsumsi  penderita gerd. Tetapi, apakah penderita asam lambung boleh makan sayur kol?

Sayur kol merupakan sayuran yang sering  diolah sebagai bahan sayuran tumis maupun salad bagi  orang yang diet.  Akan  tetapi, sayur kubis atau yang disebut kol ini dilarang bagi penderita asam lambung. Karena adanya kandungan gula yang bisa menyebabkan asam lambung meningkat. Dan menghasilkan gas yang lebih banyak. Tidak hanya gula tetapi juga kandungan serat dari sayur ini sangatlah tinggi  membuat sulit dicerna bagi penderita. Jika ingin memakan kubis  sebaiknya diolah terlebih dahulu jangan dimakan dalam kondisi mentah bagi penderita asam lambung.

Bolehkah Asam Lambung Makan Sayur Kangkung

Bolehkah Asam Lambung Makan Sayur Kangkung

Selain sayur kol,  bolehkah asam lambung makan sayur kangkung. Sayur kangkung merupakan salah satu sayuran yang aman dikonsumsi bagi penderita gerd. Karena andungan kadar gulanya  yang rendah  dan Memiliki kadar air yang dapat membantu menyeimbangkan  asam lambung. Sehingga faktor tersebut membuat kangkung aman untuk dikonsumsi  dan lebih aman jika sayur ini dimasak terlebih dahulu.

Setelah membaca artikel ini,  disarankan  bagi penderita gerd  untuk menghindari beberapa sayuran  di atas yang tidak baik dikonsumsi penderita gerd. Sebaiknya   olahlah sayur terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.