Berikut Macam Buah untuk Menurunkan Demam!

Buah untuk menurunkan demam

Demam atau badan terasa panas merupakan kondisi yang sangat lumrah dialami oleh setiap orang dari berbagai kalangan. Baik  bayi, anak-anak, remaja, maupun dewasa. Biasanya pada saat seseorang mengalami demam  dianjurkan untuk minum obat dan  meminum banyak air putih supaya tidak kekurangan cairan dan demam cepat mereda. Namun bagi beberapa orang,  mengalami alergi pada beberapa obat  pereda demam dan antibiotik. Maka dari itu orang yang mengalami alergi dapat mengkonsumsi buah untuk menurunkan demam.

Ketika tubuh mengalami demam biasanya akan mengalami kehilangan cairan dan dan lebih banyak menghabiskan energi dari kondisi normal. Maka  dari itu, sangat dianjurkan bagi penderita demam supaya  makan   buah untuk menurunkan demam. Akan tetapi  buah untuk menurunkan demam, tidak bisa bekerja secara langsung menghilangkan demam  dengan cepat. Namun, dapat membantu melawan infeksi dan menambah kekebalan tubuh serta menambah cairan tubuh yang hilang karena mengalami demam.

Berikut ini adalah beberapa Contoh buah untuk menurunkan demam :
  • Buah semangka

Semangka merupakan buah yang memiliki  kandungan kadar air dan zat gula yang cukup tinggi. Sehingga  dapat dikonsumsi ketika demam untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi dan  kandungan glukosa atau zat gula pada semangka dapat menambah energi pada saat demam.

Selain itu semangka juga dapat mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan badan terasa panas. Hal itu disebabkan karena semangka mengandung senyawa likopen yang memiliki aktivitas antioksidan. Ketika senyawa tersebut bekerja maka suhu tubuh akan menurun lebih cepat.

  • Buah kelapa

Kelapa merupakan buah yang sangat cocok untuk dibuat es dan sangat menyegarkan ketika cuaca panas. Selain  rasanya yang sega,r buah satu ini dapat menurunkan panas. Karena buah kelapa  mengandungan antioksidan yang dapat mendukung kerja sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeks. Sehingga  dapat menormalkan suhu tubuh kembali dengan cepat.

Selain mengandung antioksidan kelapa juga mengandung elektrolit yang dapat membantu tubuh agar tidak dehidrasi dan menambah cairan. Kandungan glukosa pada kelapa juga dapat membantu menambah energi  yang diperlukan tubuh untuk melawan infeksi.

  •  Buah  jeruk

Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan imunitas tubuh serta membunuh virus dan membasmi bakteri. Maka  dari itu, sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan suhu tubuh akan bisa kembali normal.

Makanan Apa yang Bisa Menurunkan Demam?

Makanan Apa yang Bisa Menurunkan Demam?

Selain buah-buahan,  makanan apa yang bisa menurunkan demam? Tidak hanya buah-buahan saja yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan demam tetapi ada beberapa makanan yang lainnya seperti berbagai macam sayuran yang mengandung vitamin C Tinggi karena dapat penambah imun tubuh sehingga kondisi suhu tubuh menjadi normal. Yang tidak kalah pentingnya dari vitamin C  juga mengkonsumsi makanan berprotein.

Ketika  mengalami demam dianjurkan untuk makan ayam maupun sapi. Karena terdapat kandungan Mineral kalori dan protein yang tinggi dari kaldu ayam maupun sapi. Kandungan protein ini dapat Menambah energi dan membantu penyembuhan demam lebih cepat.

Buah apa yang tidak boleh dimakan saat demam ?

Buah apa yang tidak boleh dimakan saat demam ?

Beberapa contoh di atas adalah buah yang dianjurkan dikonsumsi ketika mengalami demam Lalu sekarang kebalikannya, buah apa yang tidak boleh dimakan saat demam?

buah yang tidak dapat dikonsumsi ketika mengalami demam adalah buah yang terlalu manis. Karena  pada faktanya   buah yang terlalu manis akan mengandung banyak zat glukosa yang dapat menghambat peredaran darah dan melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga memicu peradangan yang terjadi ketika demam.

Berikut ini adalah contoh buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi pada saat demam mengandung Buah aprikot Persik ceri dan anggur. Selain itu hindari Manisan buah dan dan buah kemasan kaleng. Biasanya buah yang telah diolah akan kan mengandung pengawet  dan zat gula yang berlebih.

Bagaimana cara menurunkan dengan cepat?

Bagaimana cara menurunkan demam dengan cepat?

Berikut ini adalah bagaimana cara menurunkan demam dengan cepat? Ketika mengalami demam kalian dapat mengkonsumsi obat penurun panas dan minum-minuman berisotonik. Minuman isotonik ini berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang ketika demam.  Selain beberapa makanan yang dapat kita konsumsi. Tindakan yang bisa kita lakukan adalah mengompres badan dan istirahat yang cukup supaya badan cepat pulih dan  demam merdah.

 

Terima kasih telah membaca artikel ini  dan semoga  dapat membantu untuk menurunkan demam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.