Bumbu Gepuk Sapi Khas Sunda, Enak Lho!

Bumbu Gepuk Sapi Khas Sunda

Masih mempunyai, sisa daging Idul Adha? Membuat olahan daging dengan bumbu gepuk sapi khas sunda yang mempunyai rasa gurih dan manis dari aneka rempah yang digunakan. Macam bumbu gepuk sapi khas sunda yang paling menonjol adalah jinten dan sedikit pala.

Daging yang merupakan bahan utamanya, direbus bersama aneka rempah hingga empuk, lalu dipotong searah serat dan dipukul pukul hingga teksturnya empuk dan agak gepeng. Setelah itu bumbu gepuk sapi khas sunda ini di balurkan ke seluruh daging hingga merata.

Kemudian setelah bumbu gepuk sapi khas sunda meresap, kemudian digoreng hingga terlihat teksturnya sedikit mengkaramel di bagian luarnya.

Gepuk Terbuat Dari Apa?

Gepuk Terbuat Dari Apa?

Makanan satu ini, mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kalian. Gepuk terbuat dari apa? Jawabanya adalah daging sapi yang direbus, lalu dipotong sesuai arah seratnya. Hal ini dilakukan agar olahan ini tidak alot saat dimakan.

Tujuan dari seratnya harus sama adalah untuk mempermudah saat di dipipihkan sebelum dilumuri bumbu. Makanan ini adalah asli dari daerah jawa barat, identifikasi rasa dengan manis dan gurih. Membuat makanan ini menjadi salah satu makanan wajib Saat mengunjungi jawa barat.

Selain dari olahan daging, ayam juga bisa dimasukkan dalam satu referensi bahannya. Banyak menu olahan yang dapat dimanfaatkan lagi. Tapi memang hal yang menjadi sorotan utama adalah daging itu sendiri.

Daging Sapi Untuk Empal Bagian Apa?

Daging Sapi Untuk Empal Bagian Apa?

Pada daging sapi untuk empal bagian apa? Setiap jenis golongannya memiliki karakteristik tekstur yang berbeda beda. Ada area yang sama sekali tidak berlemak sehingga sangat mudah empuk ketika dimasak.

Ada juga area yang sedikit berotot, berurat dan berlemak sehingga lebih keras dan sulit empuk. Area yang disebut sebagai silverside atau gandik, adalah bagian potongan dari bagian terluar dari paha belakang. Teksturnya cenderung padat dan tak banyak mengandung lemak. Bagian daging ini,  teksturnya cocok dijadikan, dendeng, ataupun rendang. Tekstur padat inilah yang menjadikannya kuat saat dimasak lama dan cocok untuk masakan tersebut itu.

Ataupun ada bagian sengkel atau yang berasal dari bagian depan atas kaki sapi. Bagian ini punya tekstur yang kenyal karena kandungan kolagennya cukup tinggi untuk nutrisinya. Daging akan empuk dan lembut secara perlahan saat dimasak.

Durasi membuatnya biasanya membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua jam lebih. Daging akan masih memiliki tekstur yang agak berserat , sehingga tidak mudah hancur saat dimasak, Dagingnya pun masih akan mengeluarkan air juicy.

Dari Mana Asal Gepuk?

Dari Mana Asal Gepuk?

Dari mana asal gepuk? Seringkali olahan ini menjadi salah satu kuliner khas Sunda atau Jawa Barat yang populer. Tidak jarang menu ini dijadikan oleh oleh dari Kota Bandung.makanan ini merupakan daging sapi yang direbus atau diungkep bersama bumbu dan rempah hingga empuk atau matang. Kemudian dipukul pukul atau dimemarkan hingga agak lebih pipih , dan digoreng sebelum disajikan untuk makanan.

Termasuk juga di dalamnya adalah teknik mengepalkan  atau menggebuk atau mememarkan daging seperti yang kita kenal sekarang. Teknik mengepal ini, berasal di wilayah Priangan. Wilayah yang kini terdiri dari kawasan Bandung, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Sumedang. Dahulu, makanan ini tidak menggunakan daging sapi, melainkan daging kerbau. Kenapa pada jaman dahulu sapi tidak dimakan, karena mayoritas jaman dahulu adalah beragama Hindu. Dan hakikatnya agama Hindu menganggap sapi adalah hewan suci yang disembah.

Demikian artikel ini, terima kasih waktunya dan sampai jumpa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.