Cara Memasak Rendang Daging Sapi Agar Cepat Empuk!

Cara Memasak Rendang Daging Sapi Agar Cepat Empuk

Rendang merupakan salah satu makanan yang terenak  di Asia Tenggara.  Selain itu, menu yang satu ini sangat  digemari oleh masyarakat Indonesia. Kalian pun  dapat menemukan menu ini dengan mudah  di berbagai warung nasi padang hingga  restaurant. Akan tetapi,  kebanyakan orang hanya menyukai  tanpa mengetahui bagaimana membuatnya. Pasalnya menu satu ini harus dimasak dengan benar agar cepat empuk. Lalu, bagaimana cara memasak rendang daging sapi agar cepat empuk.

Jika kalian ingin mengetahui bagaimana cara memasak rendang daging sapi agar cepat empuk, Simak artikel berikut ini. Artikel ini akan membahas mengenai bagaimana membuat rendang dan memberitahu cara memasak rendang daging sapi agar cepat empuk.

Di zaman saat ini,  membuat rendang  tidaklah serumit seperti dahulu kala yang harus menyiapkan berbagai macam rempah-rempahan Indonesia untuk bumbu. Saat ini sudah tersedia berbagai macam merk bumbu rendang instan dan santan instan untuk membuatnya. Bumbu bumbu  dan santan instan pun sudah cukup untuk membuat hidangan lezat. Akan tetapi sayang sekali, jika bumbu sudah  lezat  namun pengolahan daging yang kurang tepat dan masih alot akan merusak cita rasa. Maka dari itu berikut cara memasak rendang daging sapi agar cepat empuk yaitu :

Biasanya bagian yang paling empuk dan lezat untuk dijadikan rendang yaitu bagian has dalam atau tenderloin. Akan tetapi, pada resep  tradisionalnya umumnya menggunakan bagian sapi paha  dan sengkel atau kelapa. Hal ini dikarenakan, bagian sengkel atau kelapa memiliki  tekstur yang padat sehingga tidak hancur jika dimasak  dengan waktu yang cukup lama.

  • Memotong dengan cara yang tepat

Teknik pemotongan merupakan hal yang berpengaruh pula pada keempukan daging. Untuk  membuat daging lebih empuk cara memotongnya yaitu dengan melawan arah serat pada daging. Hal ini bertujuan untuk mencegah daging agar tidak alot atau susah untuk dikunyah. Selain membuat potongan  berlawanan arah,  potongan daging juga harus tebal supaya tidak mudah hancur saat proses pemasakan.

  •  Dimarinasi terlebih dahulu dengan parutan nanas atau jahe

Kalian dapat memarinasi dengan parutan nanas maupun parutan jahe. Pertama-tama kupaslah nanas terlebih dahulu lalu parut  hingga halus.  setelah itu rendam daging selama 30 menit pada parutan nanas.

Selain  nanas,  parutan jahe juga dapat digunakan untuk marinasi. Caranya dengan  melumuri daging dengan parutan jahe ke seluruh bagian dan  diamkan beberapa menit. Hal ini terjadi, karena  parutan nanas dan jahe mengandung enzim protease yang mampu mengurai protein daging sapi sehingga menjadi lembut.

Apakah Memasak Rendang Daging direbus Dulu ?

Apakah Memasak Rendang Daging direbus Dulu ?

Selain beberapa cara di atas,  untuk membuat daging  tidak alot  apakah memasak rendang daging direbus dulu ? Jawabanya  tepat sekali,  karena daging terlebih dahulu harus direbus. Proses perebusan akan membantu membuat lebih empuk dan dapat membunuh bakteri berbahaya. Selain itu bakteri e – coli yang terkandung juga bisa menyebabkan gangguan bagi saluran pencernaan. Oleh karena itu, harus direbus terlebih dahulu.

Berapa Lama Memasak Rendang Daging Sapi ?

Berapa Lama Memasak Rendang Daging Sapi ?

Dalam proses perebusan, berapa lama memasak rendang daging sapi ? pada proses pengolahan rendang,Menggunakan teknik merebus 5-30-7. Pertama-tama kalian rebus daging selama 5 menit hingga mendidih.  Setelah  itu, tutup panci dan diamkan selama 30 menit. Jika sudah dingin, rebus selama 7 sebelum dicampur dengan bumbu.

Apakah Memasak Rendang Harus diaduk Terus ?

Apakah Memasak Rendang Harus diaduk Terus ?

Setelah direbus dan daging dimasak dengan bumbu  apakah memasak rendang harus diaduk terus ? Jawabannya tidak perlu,  karena  pada proses pengolahan dengan bumbu daging hanya dibiarkan saja dan tidak usah sering diaduk.

Jika  terlalu sering diaduk,  hal itu akan membuat daging cepat hancur. Akan tetapi,  sesekali aduklah supaya tidak gosong.  Selain itu masaklah  dengan api yang kecil agar  bumbu  lebih meresap dan tidak gosong.

Setelah mengetahui tips membuat rendang agar empuk,  Apakah kalian berminat untuk mencoba membuatnya?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.