Cara Membuat Beef Teriyaki Empuk dan Enak Sekali!

Cara Membuat Beef Teriyaki Empuk

Pecinta masakan Jepang pasti sudah jatuh cinta dengan beef teriyaki. Masakan ini biasanya menjadi hidangan unggulan yang ada di restoran Jepang. Kali ini Mimin akan mengulas cara membuat beef teriyaki empuk, sehingga kalian tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke restoran untuk mencicipi masakan yang satu ini.

Teriyaki sendiri adalah istilah dalam bahasa jepang memiliki arti kilau dan panggangan. Istilah ini memiliki arti sebagai daging yang sudah direndam dengan saus lalu dibakar diatas panggangan. Penasaran cara membuat beef teriyaki empuk? Simak ulasannya berikut ini.

Daging Sapi untuk Teriyaki Bagian Apa?

Daging Sapi untuk Teriyaki Bagian Apa?

Teriyaki sendiri merupakan makanan yang menggunakan potongan slice daging sebagai bahan utamanya. Pada umumnya sebutan daging yang digunakan untuk masakan ini adalah sukiyaki. Sukiyaki sendiri adalah jenis daging yang diiris tipis dan memiliki sedikit lemak, sehingga teksturnya mudah empuk dan juicy. Lalu, daging sapi untuk teriyaki bagian apa? Bagian daging sapi yang cocok dengan cara membuat beef teriyaki empuk adalah sebagai berikut:

  1. Tenderloin
    Daging tenderloin adalah bagian daging sapi yang berada di area has dalam yang diambil dari bagian tengah sapi. Bagian daging tenderloin terkenal sangat gemuk. Selain bertekstur empuk, bagian ini juga memiliki sedikit lemak, dan lebih cepat matang dibandingkan dengan bagian yang lainnya. Karena cepat matang, tenderloin kerap menjadi bahan utama dalam masakan daging sukiyaki hingga barbeque.
  2. Topside
    Topside atau gandik merupakan bagian terluar dari paha belakang sapi. Dari segi teksturnya, daging ini memang memiliki sedikit lemak dan cenderung padat. Untuk olahannya sendiri, gandik atau topside paling cocok untuk dijadikan empal, dendeng, rendang, hingga masakan Jepang. Kelebihan daging ini tidak lain adalah kuat untuk diolah dalam proses pemasakan waktu yang lama karena tekstur yang padatnya.

Saus Teriyaki Terbuat dari Apa?

Saus Teriyaki Terbuat dari Apa?

Setelah mengetahui daging yang cocok untuk masakan beef teriyaki, sekarang kita masuk ke cara membuat beef teriyaki empuk. Pertama-tama kita akan membuat sausnya, apakah kalian tahu saus teriyaki terbuat dari apa? Ya, saus ini berbeda dengan saus yang umumnya kita temui di Indonesia. Saus ini biasanya terbuat mirin, gula, dan kecap asin khas Jepang yang kita kenal dengan shoyu. Setelah itu kita akan masuk ke proses pembuatannya.

Bahan-bahan:

  • 300 gram daging sapi
  • 2 siung bawang putih yang sudah dicincang halus
  • 1 cm jahe, lalu parut halus
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil, dan kalian iris memanjang
  • 300 ml air
  • 1 sdm tepung maizena yang dilarutkan dengan 5 sdm air
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Perendam:

  • 1 sdm saus tiram
  • 1/4 sdt merica
  • 1 sdt minyak wijen
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdm kecap asin
  • 1/2 sdt garam

Cara Pembuatan:

  1. Iris daging sapi dengan tipis memanjang.
  2. Campur daging sapi dengan bahan perendam, lalu aduk rata.
  3. Kita diamkan daging di kulkas selama 30 menit agar bumbu meresap ke dalam daging.
  4. Tumis bawang putih dan jahe dengan sedikit minyak goreng hingga harum.
  5. Masukkan daging sapi, masak sampai berubah warna.
  6. Masukkan sedikit air, masak sampai daging sapi matang dan empuk.
  7. Tambahkan bawang bombay dan beri larutan maizena supaya mengental, lalu masak hingga meresap.
  8. Daging teriyaki sudah siap kita sajikan.

Apa Bedanya Beef Teriyaki dan Yakiniku?

Apa Bedanya Beef Teriyaki dan Yakiniku?

Sering kita anggap sama, namun kenyataannya daging teriyaki dan yakiniku adalah masakan yang berbeda. Lantas, apa bedanya beef teriyaki dan yakiniku?

  • Definisi
    Teriyaki memiliki makna sebagai teknik masakan Jepang dengan cara memanggang, sedangkan istilah yakiniku memiliki makna sebagai barbeque khas jepang yang kita nikmati di dalam ruangan.
  • Rasa
    Rasa dari teriyaki ini dominasinya adalah rasa manis dan dengan sedikit asin, sedangkan yakiniku memiliki rasa manis, gurih, dan dengan aroma wijen yang kuat.
  • Cara Pengolahan
    Untuk teriyaki kalian perlu merendam daging terlebih dahulu lalu kita panggang dan potong-potong, berbeda dengan yakiniku yang kalian akan memotong daging terlebih dahulu lalu kita celupkan ke dalam saus dan panggang.

Penutup

Demikian ulasan Mimin tentang cara membuat beef teriyaki empuk. Cukup mudah bukan? Mimin yakin kalian bisa mencobanya dengan baik di rumah. Selamat memasak!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.