Cara Membuat Sei Sapi Rumahan

Cara membuat sei sapi rumahan

Disini saya akan membagikan cara membuat sei sapi rumahan. Setiap daerah pasti punya kuliner khasnya masing-masing, tak terkecuali Nusa Tenggara. Salah satu makanan khas Nusa Tenggara adalah daging sei atau asap. Sei/se’i bisa dibuat dari beberapa jenis daging, seperti sapi, babi, kambing, atau kerbau.

Tidak mesti beli di luar jika kalian ingin menikmatinya. Jika kalian tertarik membuat sei sapi sendiri di rumah, ini adalah resepnya.

Berikut ini adalah Cara membuat sei sapi rumahan beserta resep dan langkah langkahnya.

Bahan – Bahan:
  • 200 gr daging sapi
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • Daun salam 4 lbr
  • Daun jeruk 2 lbr
  • Daun pandan 1 lbr
  • Serai 1 btg
  • Lengkuas 20 gr
  • Beras 20 gr
  • Gula merah 10 gr
Bahan Untuk Sambal Matah:
  • Bawang merah, bawang putih, cabai rawit, daun jeruk, dan serai sama banyak
  • Terasi 1 sdt
  • Air perasan jeruk sambal 1 sdm
  • Gula dan garam secukupnya
  • Minyak secukupnya
Cara Membuat:
  1. Cuci bersih daging terlebih dahulu dari darahnya, iris-iris tipis. Campur dengan garam dan lada bubuk. Lalu di diamkan selama 15 menit.
  2. Siapkan wajan yang tebal dan ditutupi dengan aluminium foil. Campurkan semua bumbu utuh, lalu cincang daun pandan, geprek lengkuas dan serai. Campurkan semuanya ke dalam alumunium foil.
  3. Letakkan saringan kukusan diatas bumbu utuh. Panaskan dan letakkan daging di atas saringan. Lakukan proses pengasapan sampai daging matang. Tutup wajan supaya daging cepat matang.
  4. Untuk membuat sambal matah, potong semua bahan, lalu panaskan minyak. Campurkan semua bahan, aduk merata, bumbui dengan garam dan gula sesuai selera kalian. Matikan kompor. Siram dengan air perasan jeruk. Lalu aduk hingga rata.

Sei Sapi Terbuat dari Apa?

Sei Sapi Terbuat dari Apa?

Sei sapi ini adalah makanan khas NTT  yang terbuat  dari daging sapi, masyarakat NTT sering memakai daging rusa, ayam, atau babi sebagai alternatif untuk membuat sei. Jadi jika ada yang bertanya, Sei sapi terbuat dari apa?

Jawabannya yaitu bisa terbuat dari beberapa daging seperti daging sapi, daging unta dan daging ayam, namun yang paling populer digunakan yaitu daging sapi. Dalam pembuatan sei, daging tersebut di sayat dalam ukuran kecil memanjang yang diasapi dengan bara api hingga matang atau hidangan ini terbuat dari daging yang dimasak dengan cara dipanaskan menggunakan asap panas yang berasal dari kayu bakar hingga proses tersebut mampu menghasilkan aroma yang khas serta dapat menjadi pengawet alami untuk sei sapi.

Kenapa Disebut Sei Sapi?

Kenapa Disebut Sei Sapi?

Bagi kalian yang bertanya tentang kenapa disebut sei sapi? Sei ini adalah teknik mengolah daging secara tradisional yang berkembang di masyarakat NTT. Namun Kata Sei ini berasal dari bahasa Rote, wilayah paling selatan NTT, yang mempunyai arti daging yang teriris tipis-tipis dan memanjang. Teknik mengolah daging ini terinspirasi dari cara memasak tradisional orang suku Mollo yang tinggal di pegunungan Mutis, karena kawasan yang terletak di sekitar 130 kilometer dari kota Kupang.

Sei Sapi Apakah Halal?

Sei Sapi Apakah Halal?

Se’i adalah  makanan khas dari daerah Indonesia Timur tepatnya Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pada mulanya, se’i terbuat dari olahan daging babi. Namun pada saat ini sei sapi yang ada di beberapa restoran di indonesia menggunakan daging sapi. Jadi jika ada yang bertanya,

Tapi di resto yang satu ini, se’i tersaji halal karena menggunakan daging sapi, Sei sapi apakah halal? Jawabannya adalah halal jika bahan baku yang menggunakan daging sapi dan daging ayam. Sehingga jika akan membeli sei sapi pastikan terlebih dahulu bahan baku yang menggunakan daging apa. Salah satu restoran sei sapi halal yaitu Sei Sapiku, restoran ini menjadi pelopor sei sapi halal yang telah memiliki banyak cabang di seluruh kota yang ada di Indonesia.

Bagi kalian yang ingin memastikan sei sapi yang konsumsinya halal, bisa dengan membuat sei sapi sendiri di rumah, karena resepnya bisa terlihat dari penjelasan di atas mengenai Cara membuat sei sapi rumahan.

Itulah ulasan artikel  mengenai Cara membuat sei sapi rumahan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.