Cara Mudah Masak Rawon Daging Sapi Bumbu Jadi!

Cara Mudah Masak Rawon Daging Sapi Bumbu Jadi

Bosan memasak daging sapi menjadi itu-itu saja? Mungkin kalian bisa mencoba rawon daging sapi. Kali ini Mimin akan membagikan cara masak rawon daging sapi bumbu jadi. Sesuai dengan namanya, rawon bumbu jadi adalah menu masakan yang terbuat dari olahan iga sapi dengan bumbu jadi.

Mimin pastikan cara pembuatannya cukup mudah dan simple loh! Kalian hanya memerlukan beberapa bahan utama yang terdiri dari iga sapi, bumbu instan, rempah-rempah, penyedap rasa, dan daun bawang. Penasaran dengan cara pembuatannya? Simak ulasannya di bawah ini.

Bumbu Rawon Instan Paling Enak

Bumbu Rawon Instan Paling Enak

Sebelum masuk ke cara masak rawon daging sapi bumbu jadi, tentu saja kita harus mencari bumbu rawon instan paling enak terlebih dahulu. Sejatinya rawon adalah masakan olahan iga sapi yang berasal dari jawa timur. Rawon sendiri adalah masakan sup kuah iga sapi dengan warna yang hitam, masakan ini memiliki berbagai macam jenis variannya yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda pula. Makanan ini adalah masakan tradisional yang terdiri dari banyak sekali bumbu dan rempah-rempah. Tentu saja untuk mempersiapkan bahan bakunya sendiri kita sudah cukup kewalahan, namun kalian tidak perlu khawatir akan hal itu, karena Mimin akan mengulas cara masak rawon daging sapi bumbu jadi. Berikut ini adalah daftar bumbu instan yang MImin rekomendasikan, yaitu:

  •  Nafisa Bumbu Rawon
    Nafisa Bumbu Rawon bisa kalian andalkan untuk membuat masakan ini bagi kalian yang tidak punya cukup waktu. Dengan bumbu yang satu ini kalian bisa membuat rawon yang lezat dan gurih. Bumbu ini terbuat dari bumbu dan rempah-rempah pilihan, serta yang lebih hebatnya lagi bumbu ini tidak mengandung bahan pewarna buatan dan MSG. Komposisi yang terdapat di dalamnya adalah kluwek, cabe, laos, daun jeruk, dan sereh.
  • Sajiku Bumbu Rawon
    Bumbu instan yang selanjutnya adalah Sajiku Bumbu Rawon. Bumbu yang satu ini terbuat dari rempah-rempah pilihan, jadi bisa Mimin jamin pasti rasanya enak dan lezat. Cara pemakaiannya juga tergolong sangat mudah, yaitu hanya perlu merebus daging hingga matang dan empuk. Jika daging sudah matang, kalian tinggal masukan bumbu ini dan masak dengan api sedang, selagi diaduk-aduk agar bumbu merata dan meresap.

Cara Rebus Daging dan Cara Membuat Rawon

Cara Rebus Daging dan Cara Membuat Rawon

Untuk merebus daging hingga mencapai tingkat yang empuk memanglah memerlukan beberapa trik dan kalian tidak bisa asal merebusnya. Tentu saja Mimin sendiri memiliki trik khusus untuk cara rebus daging agar cepat matang dan empuk.

Pertama-tama kalian bisa merebus daging dengan tiga lembar daun jeruk selama 15 menit, hal ini bertujuan agar daging lebih beraroma. Selanjutnya, kalian bisa merebus daging dengan air baru, lalu tambahkan sedikit cuka agar daging cepat matang dan empuk.

Setelah kalian mengetahui cara merebus daging yang cepat dan empuk, selanjutnya kita akan memasuki cara masak rawon daging sapi bumbu jadi, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Rebus daging hingga setengah matang, lalu potong-potong sesuai selera.
  2. Rebus kembali potongan daging lalu campurkan dengan bumbu instan.
  3. Selanjutnya tumis bumbu halus, daun jeruk, lengkuas, dan serai hingga harum
  4. Lalu, masukan rebusan potongan daging ke dalam tumisan tadi, dan aduk hingga meresap dan merata.
  5. Masukan tumisan daging yang sudah meresap ke dalam kuah kaldu, dan masak dengan api kecil.
  6. Rawon sudah siap disajikan dengan nasi hangat.

Sambal Rawon

Sambal Rawon

Menyantap rawon pastinya kurang lengkap jika tidak ada sambalnya. Sejatinya ada banyak sekali ragam jenis sambal rawon yang bisa kalian gunakan sebagai teman masakan ini, salah satunya adalah sambal terasi.

Kalian dapat membeli sambal terasi instan atau bahkan membuatnya sendiri dengan tingkat kepedasan yang sesuai dengan selera kalian. Mimin jamin memakan rawon dengan sambal dapat menambah tingkat kelezatannya menjadi berkali-kali lipat.

Penutup

Sesungguhnya penggunaan bumbu instan memang sangat membantu dan menghemat waktu kita. Semoga artikel ini dapat membantu kalian mengetahui cara masak rawon daging sapi bumbu jadi. Selamat memasak!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.