Coba Jelaskan Faktor Penyebab Terjadinya Permasalahan Gender

Jelaskan Faktor Penyebab Terjadinya Permasalahan Gender

Permasalahan gender merupakan suatu masalah sosial yang sudah sering menjadi buah bibir pada masyarakat indonesia yang tidak ada henti-hentinya untuk diperbincangkan. Hal tersebut dianggap hal yang tidak adil bagi perempuan dan juga laki-laki baik dalam kehidupan berumah tangga, keluarga, sosial, masyarakat, bernegara, dan sebagainya. Disini aku akan membantu jelaskan faktor penyebab terjadinya permasalahan gender kepada kalian semua. Oleh sebab itu, kalian harus membacanya sampai akhir agar kalian semakin paham tentang salah satu problem yang satu ini.

Sebelum kita membahas lebih dalam tentang persoalan ini, yuk kita ulas sejarah dan asal muasal persoalan tersebut.  Munculnya perdebatan ini terjadi pada abad ke 19 yang dimana pada saat itu penghasilan seorang lelaki lebih tinggi dibandingkan wanita.

Dari situlah tumbuh ketidakadilan lainnya yang berdampak terhadap hak dan kewajiban. Konflik ini akan sangat sensitif karena masih banyak masyarakat indonesia yang beranggapan bahwa tahta perempuan hanya berada di bawah.

Contohnya, masyarakat yang tidak melek tentang diskriminasi ini beranggapan jika laki-laki akan selalu berada di atas baik dalam segi keluarga dan juga sosial. Kalian pasti sering mendengar tentang kalimat “Setinggi apapun pendidikan perempuan akan tetap berada di dapur, mengurus anak dan memasak.” pasalnya tugas rumah tangga tersebut adalah  tugas kedua pasangan suami istri bukan dibebankan hanya pada salah satu pihak saja.

Oke kita tidak perlu terlalu lama berada di penjelasan, yuk kita langsung ke intinya.

Apa Saja Permasalahan Dalam Keberagaman Gender?

Apa Saja Permasalahan Dalam Keberagaman Gender?

Di dalam kehidupan sehari-hari kita bisa melihat contoh dari masalah tersebut loh! Lalu, Apa Saja Permasalahan Dalam Keberagaman Gender? Aku yakin banget, pasti dari teman-teman sudah sering mendengar konflik ini, yaitu diantaranya:

1. Tingkat pendidikan pada perempuan yang relatif masih rendah.

hal tersebut terjadi karena masih banyak masyarakat indonesia yang menganut sistem patriarki. Kedudukan lelaki selalu berada pertama, dan tidak terlalu penting untuk mengenyam pendidikan tinggi.

2. Pelecehan yang terjadi oleh perempuan.

kejadian ini sudah sering terjadi bahkan di tempat umum. Banyak wanita yang mengalami kekerasan seksual verbal dan sebagainya.

3. Adanya KDRT.

Persoalan KDRT dialami pada mereka yang sudah menikah. Para suami melakukan kekerasan seperti memukul, menendang, menampar, dan sebagainya.

Apa Saja Faktor Penyebab Permasalahan Gender Di Indonesia?

Apa Saja Faktor Penyebab Permasalahan Gender Di Indonesia?

Dari kejadian yang sudah kita bahas pada poin sebelumnya tentu terdapat faktor-faktor yang menyebabkan hal itu bisa terjadi. Lalu, Apa Saja Faktor Penyebab Permasalahan Gender Di Indonesia?

Oke pada kesempatan kali ini aku akan membantu jelaskan faktor penyebab terjadinya permasalahan gender diantaranya:

1. Keyakinan adanya stereotip.

Apa itu stereotip? stereotip  adalah suatu perasaan atau keyakinan yang dimana menganggap perempuan adalah makhluk lemah, tidak kuat dan terlalu emosional. Sehingga menganggap sebelah mata tentang wanita.

2. Lapangan pekerjaan yang minim untuk para wanita.

Biasanya, banyak pekerjaan yang juga melihat kualifikasi dari gender. Karena beranggapan jika tenaga lelaki lebih bisa dimanfaatkan. Faktor inilah yang membuat wanita mengalami kemiskinan dalam ekonomi.

3. Posisi kaum puan yang selalu menjadi nomor dua.

Seperti halnya pada dunia kerja, posisi kaum puan yang di kebelakangin juga bisa terjadi di dalam lingkup keluarga dan berbagai aspek lainnya.

4. Budaya atau adat patriarki yang masih melekat kuat di berbagai daerah. Biasanya budaya ini masih kental di daerah yang belum paham betul dengan kesetaraan gender

Nah, 4 point di atas merupakan beberapa nilai dari soal jelaskan faktor penyebab terjadinya permasalahan gender

Mengapa Konsep Gender Harus Dipermasalahkan?

Mengapa Konsep Gender Harus Dipermasalahkan?

Setelah kita membahas tentang urusan dari jelaskan faktor penyebab terjadinya permasalahan gender. Setelah itu aku ingin mengajak kalian semua untuk membahas Mengapa Konsep Gender Harus Dipermasalahkan?

Karena tujuannya adalah untuk melahirkan pola pemikiran baru jika puan bisa mendapatkan hak yang setara. Sehingga, perbedaan dan diskriminasi peran bisa dihilangkan dan dapat melahirkan kesejahteraan untuk semuanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.