Coba Jelaskan yang Dimaksud dengan Gagasan Pendukung?

Jelaskan yang Dimaksud dengan Gagasan Pendukung

Gagasan adalah segala sesuatu yang berupa ide ataupun hasil pemikiran yang terdapat dalam suatu paragraf. Paragraf adalah kumpulan dari kalimat-kalimat Pernahkah Anda membaca sebuah gagasan? Bagaimana jika Anda diminta untuk jelaskan yang dimaksud dengan gagasan pendukung? Baiklah, mari kita bahas satu per satu!

Setiap paragraf yang pernah Anda baca tentu mempunyai sebuah gagasan. Gagasan juga disajikan dalam bentuk kalimat. Penting bagi kita untuk memahami sebuah gagasan agar kita tak perlu meminta orang lain jelaskan yang dimaksud dengan gagasan pendukung jika kita sudah memahaminya. Gagasan terbagi menjadi 2 jenis yaitu, gagasan pokok dan pendukung.

Apa yang Dimaksud Dengan Gagasan Pokok dan Pendukung?

Apa yang dimaksud dengan gagasan pokok dan pendukung?

Kedua gagasan tersebut wajib ada dalam sebuah paragraf. Jika salah satunya tidak ada, maka tidak akan terbentuk paragraf yang utuh dan tentu akan sulit dipahami. Apa yang dimaksud dengan gagasan pokok dan pendukung?

  1. Gagasan Pokok

Gagasan pokok merupakan hasil pemikiran utama dalam suatu paragraf, dimana didalamnya akan memuat kalimat utama. Gagasan pokok penting keberadaannya agar pembaca tetap terfokus dalam inti dari suatu bacaan. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  • Mendominasi dalam suatu paragraf
  • Terinci pada kalimat utama yang didukung dengan kalimat penjelas
  • Jika berdiri sendiri, maka kalimat akan tetap memiliki arti yang jelas
  • Jika berada di akhir paragraf biasanya ditandai dengan kata “jadi” atau “oleh sebab itu”

Gagasan pokok terbagi menjadi 3 jenis yaitu, induktif, deduktif, dan campuran. Gagasan induktif adalah gagasan yang berada di awal paragraf. Sedangkan gagasan yang berada di tengah adalah deduktif, dan gagasan campuran adalah gagasan pokok yang terletak di awal dan akhir paragraf.

  1. Gagasan Pendukung

Nah, pemirsa tiba saatnya kita untuk membahas tentang segala hal tentang jelaskan yang dimaksud dengan gagasan pendukung. Jadi, gagasan pendukung gagasan yang terdiri atas kalimat penjelas. Cirinya adalah sebagai berikut:

  • Berada dalam kalimat yang dapat menjelaskan gagasan pokok
  • Bentuk kalimat dapat berupa contoh, kronologi, data ataupun uraian lain
  • Bersifat rinci dan khusus, sehingga kalimat tersebut tidak bisa menggambarkan keseluruhan isi dari paragraf

Sekarang, bisakah Anda jelaskan yang dimaksud dengan gagasan pendukung kepada orang lain yang belum memahaminya? Tentu Anda bisa!

Cara Mencari Gagasan Pendukung

Cara mencari gagasan pendukung

Dalam setiap paragraf yang Anda tentulah memiliki gagasan pendukung. Karena gagasan ini sangat mendukung gagasan pokok dalam suatu paragraf. Lalu, bagaimana cara mencari gagasan pendukung?

Contoh Gagasan Pendukung

 Contoh gagasan pendukung

Ketahanan tanah adalah salah satu faktor penentu besar atau kecinya erosi. Semakin tinggi nilai indeks erodibilitas tanah (K),  maka semakin rendah ketahanan tanah sehingga semakin mudah terjadi erosi pada tanah.

Lahan hutan, pertanian monokultur dan lahan pertanian tumpang sari pada kemiringan yang sama memiliki tingkat erosi yang berbeda. Hal ini diantaranya diakibatkan oleh vegetasi pada masing-masing lahan tersebut memiliki karakter yang berbeda. Tak hanya vegetasi, sifat fisiknya tanah faktor lain yang menentukan besarnya erosi, yaitu kelerengan, permeabilitas, struktur, dan tekstur tanah.

Pemirsa, sebagai contoh gagasan pendukung yang terkandung dalam paragraf diatas adalah terletak pada penjelasan lebih jauh mengetahui ketahanan tanah. Lalu, semakin didukung dengan pengambilan contoh lahan hutan dan juga faktor-faktor penyebab terjadinya erosi.

Gagasan pokok dan pendukung adalah ilmu dasar yang kita pelajari saat kita duduk di bangku Sekolah Dasar. Namun, hal itu wajar saja jika terlupakan oleh beberapa orang dan artikel ini semoga membantu Anda mengingatnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.