Coba Sebutkan Pengertian dari Perkembangbiakan Secara Vegetatif!

Sebutkan Pengertian dari Perkembangbiakan Secara Vegetatif

Setiap makhluk hidup tentu menginginkan mempunyai keturunan, baik manusia, hewan hingga tumbuhan. Tumbuhan berkembangbiak secara generatif dan vegetatif. Dapatkah teman-teman sebutkan pengertian dari perkembangbiakan secara vegetatif dan jelaskan apa yang dimaksud dengan perkembang biakan secara vegetatif

Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Perkembang Biakan Secara Vegetatif? 

Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Perkembang Biakan Secara Vegetatif? 

Salah satu cara dalam menghasilkan keturunan yang dimiliki oleh tumbuhan adalah secara vegetatif. Secara vegetatif memiliki arti proses yang dilakukan oleh tumbuhan yang dapat terjadi secara alami maupun buatan, yang dimana tidak terdapat penyerbukan antara putik dan serbuk sari. 

Sehingga secara singkat sebutkan pengertian dari perkembangbiakan secara vegetatif adalah perkembangbiakan yang dilakukan secara aseksual dalam mendapatkan keturunan. 

Tahukan teman-teman bahwa proses vegetatif ini memiliki beberapa ciri-ciri berupa :

  • Hanya membutuhkan satu induk 
  • Individu baru atau keturunan yang dihasilkan berasal bagian tubuh dari induk, hal ini membuatnya sifat yang dihasilkan sama dengan induk
  • Secara umum, masyarakat lebih mengenal proses perkembangbiakan secara vegetatif dibandingkan generatif
  • Dilakukan secara alami oleh tumbuhan itu sendiri atau melalui metode buatan manusia

Perkembangbiakan Vegetatif Apa saja

Perkembangbiakan Vegetatif Apa saja? 

Proses ini sendiri terbagi menjadi dua, yaitu alami dan buatan. Berikut perkembangbiakan vegetatif apa saja secara alami :

  • Spora
    Sebutkan pengertian dari perkembangbiakan secara vegetatif alami dengan cara spora adalah cara yang dilakukan menggunakan sel pada tumbuhan tersebut. Sel tersebutlah yang akan terbang, terbawa air atau lainnya lalu akan dijadikan alat untuk alat berkembangbiak. Biasanya tumbuhan yang menggunakan spora adalah tumbuhan paku dan lumut. 
  • Geragih atau stolon
    Geragih atau stolon biasanya dilakukan pada tumbuhan yang memiliki batang yang kecil, batang tersebut kemudian akan menjalar ke atas permukaan tanah dan akan menghasilkan buah pada ujung batangnya. Contohnya adalah stroberi, arbei, pegagan dan rumput teki. 
  • Tunas
    Pada cara ini biasanya terjadi pada pisang. Ketika pohon pisang sudah dewasa, maka disampingnya akan muncul tunas yang memiliki ukuran yang lebih kecil. Tunas tersebut akan terus tumbuh hingga dewasa walau induknya telah mati. Pada tanaman tebu, bambu dan aglaonema juga melakukan cara yang sama. 
  • Tunas Adventif
    Berbeda dengan tunas, tunas adventif memunculkan tunasnya di tepi dari daun atau akar. Setelah tunas muncul, lama kelamaan akan muncul akan dari tunas tersebut dan jika teman-teman taruh tunas tersebut pada atas permukaan dari tanah atau media tanam, maka tunas tersebut akan tumbuh. Jika tunas biasanya muncul pada pisang, tunas adventif ini biasa terdapat pada cocor bebek.
  • Umbi batang

    Tanaman yang menggunakan cara ini menyimpan cadangan makanan di dalam batang dan akarnya. Proses cara ini adalah batang akan ditanam di dalam tanah kemudian batang tersebut akan mengalami perubahan sehingga dapat digunakan untuk berkembangbiak. Batang yang telah ditanam akan bertambah besar seiring berjalannya waktu dan digunakan dalam menyimpan cadangan makanan. Setelah pertumbuhan batang telah optimum, maka dapat dipanen. Contohnya ada pada kentang, bengkoang, ubi jalar, gembolo dan gembili

  • Umbi lapis
    Tanaman yang batangnya sangat pendek dan lentur serta buahnya memiliki banyak lapisan biasanya menggunakan cara ini. Lapisan pada buah dinamakan siung, siung tersebut akan ditanam. Setelah beberapa waktu, siang tersebut akan menumbuhkan tunas. Ketika tunas telah tumbuh secara optimal dan menghasilkan buah, makan tanaman tersebut dapat dipanen. Namun perlu diketahui tanaman yang berjenis ini tidak menyukai tempat yang terlalu banyak air. Contohnya bawang merah, bawang putih, bawang bombay dan bungan bakung. 
  • Umbi akar
    Akar yang mengembang di dalam tanah akan menyerap unsur hara yang terdapat di tanah dan juga menyimpannya. Hal inilah yang membuat akarnya lebih besar dan panjang. Setelah itu akar tersebut akan menghasilkan individu baru dan buah yang dapat dipanen. Contoh tanaman berjenis ini adalah singkong, wortel dan lobak. 
  • Akar tunggang atau rhizoma
    Akar tunggang atau rizoma merupakan akar yang menggelembung di dalam tanah akan mengalami perubahan dan tumbuh dari akar menjadi batang dan daun. Akar tersebut yang merupakan cadangan makanannya layaknya umbi akar. Contohnya adalah kunyit, temulawak, lengkuas dan kencur. 

Bagaimana Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Buatan

Bagaimana Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Buatan

  • Mencangkok
    Mencangkok tentu tidak asing lagi bagi teman-teman terutama yang memiliki pohon di rumahnya. Cangkok dilakukan dengan cara mengupas ranting pohon yang sudah besar atau dewasa hingga kambium yang dimilikinya muncul. Setelah itu akan ditutup dengan humus dan tanah yang akan dilapisi dengan plastik lalu diikat. 
  • Menyambung
    Sesuai namanya, menyambung dilakukan dengan cara menyambungkan atau menggabungkan dua tanaman menjadi satu. Namun cara ini hanya berlaku pada tanaman tertentu yang berbatang keras dan berkambium. Teknik ini terdiri dari tiga jenis, yaitu sambung pucuk, Lateral Grafting dan Clef Grafting atau Bark Grafting. 
  • Merunduk
    Pada tanaman dengan batang yang menjulur, dekat dengan tanah dan lentur dapat melakukan teknik ini. Salah satu ranting akan dikubur di dalam tanah hingga tersisa bagian ujung dari ranting. Setelah itu tunas akan tumbuh dan membentuk individu yang baru. 
  • Stek
    Stek juga merupakan teknik yang tidak asing bagi teman-teman. Jika secara singkat sebutkan pengertian dari perkembangbiakan secara vegetatif buatan dengan cara stek adalah teknik yang dilakukan dengan cara memotong bagian tubuh dari tanaman lalu ditanam. Stek sendiri dibagi menjadi 2, yaitu stek batang dan daun. 
  • Kultur jaringan
    Teknik ini merupakan cara vegetatif buatan yang menggunakan teknologi yang maju. Dilakukan dengan cara mengambil sel induk, dapat diambil dari berbagai bagian tubuh. Setelah itu sel akan ditaruh di tempat yang steril dan dipelihara di dalam wadah yang khusus hingga terbentuk jaringan kalus. Kemudian kalus akan dipindahkan ke dalam media yang sarat  hormon penumbuh tanaman hingga menjadi planlet. Planlet sendiri merupakan hasil perubahan kalus yang dimana telah terlihat sama seperti tumbuhan pada umumnya, yang memiliki daun, batang dan akar yang jelas. Saat ditanam, planlet tersebut langsung dapat tumbuh menjadi tanaman yang subur. 

Perbedaan vegetatif alami dan buatan

  1. Alami tidak ada campur tangan manusia, sedangkan buatan ada campur tangan manusia
  2. Perkembangan pada cara alami bersifat alami sesuai tumbuhan tersebut sedangkan perkembangan pada cara buatan merupakan metode buatan manusia
  3. Hasil dari perkembangbiakan yang dilakukan secara alami menghasilkan hasil yang tidak dapat diprediksi atau belum tentu sesuai keinginan sedangkan hasil dari perkembangbiakan yang dilakukan secara buatan menghasilkan hasil yang dapat diprediksi atau sesuai keinginan

Teman-teman telah menyimak mengenai perkembangbiakan vegetatif hingga bagaimana contoh perkembangbiakan vegetatif buatan ataupun alami. Teman-teman juga sudah dapat menjawab sebutkan pengertian dari perkembangbiakan secara vegetatif

Kalian juga dapat mencoba hal-hal tersebut loh seperti di taman rumah, sekolah atau tempat-tempat lainnya menggunakan tanaman yang sederhana terlebih dahulu. Mungkin saja teman-teman ternyata memiliki peminatan terhadap hal ini dan bisa menghasilkan uang juga loh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.