Daging Topside Adalah? Berikut Ulasannya!

Daging Topside Adalah

Daging topside adalah bagian yang memiliki lebih sedikit lemak, berada pada bagian belakang sapi, terutama bagian atas hampir mendekati bokong. Pada area, daging topside adalah  bagian yang diambil dari bagian round atau dikenal dengan nama gandik dalam penyebutannya. Pada area round atau disebut juga dengan gandik, merupakan area belakang sapi terutama area kaki hingga area paha belakangnya.

Ciri lainnya dari bagian daging topside adalah adanya adanya  kepadatan tekstur, seratnya lebih panjang, lemak tapi hanya sedikit, serta warnanya merah muda. Adapun bagian daging topside adalah masih dibagi menjadi beberapa bagian lagi. masih dibagi menjadi beberapa pengelompokan lain, yaitu rump atau punggung, lalu silverside atau gandik meliputi area paha dan kaki.

  • Rump, merupakan salah satu yang berasal dari area punggung belakang.
  • Rib, merupakan salah satu yang berasal dari sekitar tulang iga atau tulang rusuk.
  • Chuck, merupakan salah satu yang berasal dari atas paha
  • Tenderloin, merupakan yang berasal tengah. Area ini terdiri dari otot utama di sekitar bagian tulang belakangnya di antara bahu dan tulang panggul.
  • Sirloin merupakan yang berada di area bawah iga lokasinya.
  • Lamosir, merupakan yang berada di sekitar has dalam, has luar dan tanjung.
  • T-Bone, merupakan, sering di jumpai di restoran steak selain sirloin dan tenderloin. T-Bone terbentuk dari tulang yang berbentuk seperti huruf T.

Daging Topside Untuk Apa?

Daging Topside Untuk Apa?

Biasanya, daging topside untuk apa? Area ini, disebut juga sebagai silverside, potongan ini merupakan bagian terluar dari paha belakang. Teksturnya lebih padat dan tidak banyak mengandung lemak. Tekstur seperti ini biasanya cocok dijadikan empal goreng, dendeng kering, ataupun menu rendang.  Dikarenakan inilah yang menjadikannya kuat bila dimasak dengan waktu yang lama. dan cocok untuk masakan lainnya.

Kenapa bagus untuk masakan yang lama ? Hal ini disebabkan. Karena pada area tersebut cocok jika dimasak lama karena teksturnya yang lebih padat. Pemasakan yang lama, akan membuatnya menjadi semakin empuk dan melting saat dikonsumsi. Olahan rendang dan dendeng merupakan olahan masakan yang membutuhkan waktu lama untuk siap di santap. Dari proses perebusan daging dengan rempahnya dan proses pemipihan dan dijemur agar lebih mudah dimakan. Jadi ini merupakan area yang pas untuk dijadikan olahan yang berempah.

Daging Sapi Yang Empuk Bagian Apa?

Daging Sapi Yang Empuk Bagian Apa?

Sesuai yang di jelaskan tentang jenis pengelompokan area hewan ini. Maka, daging sapi yang empuk bagian apa ?

Ada beberapa nama yang sering kita dengar :

  • Sirloin

Ia merupakan salah satu potongan yang paling populer.

Salah satunya karena bagian inilah yang sering dijadikan potongan dalam steak. Ini merupakan area dari bagian has atau dalam  yang membentang dari tulang rusuk sampai ke tulang. Pinggul dan dari tulang punggung sampai ke panggul “perut”.

Sirloin sendiri umumnya dibagi menjadi tiga bagian, yaitu sirloin, top sirloin, dan bottom sirloin . Sirloin yaitu posisinya lebih dekat ke area kaki memiliki otot yang lebih keras. Sementara itu, sirloin bagian atas memiliki lemak yang sangat lezat saat disajikan sebagai hidangan steak untuk menu makan malam

  • Tenderloin

Ia merupakan yang paling empuk dan terletak pada area dalam pinggang atau biasa disebut dengan has dalam. Tenderloin paling ujung sering disebut sebagai filet mignon yang lezat sekali saat disajikan sebagai menu steak. Tenderloin sendiri dengan area memanjang dari bagian pinggang ke dalam. Ujungnya sendiri sebenarnya terletak di dalam short loin dan bagian tenderloin yang terdapat di dalam sirloin terkadang diberi nama butt tenderloin di areanya.

Daging Bagian Manakah Yang Paling Empuk Dan Enak Dikonsumsi?

Daging Bagian Manakah Yang Paling Empuk Dan Enak Dikonsumsi?

Apakah kalian tahu, daging bagian manakah yang paling empuk dan enak dikonsumsi ? Ya, seperti dijelaskan diatas yang menjadi bagian terlezat adalah, bagian has dalam “tenderloin” Dapat dimasak tanpa waktu yang lama karena teksturnya yang pas tidak keras dan berlemak .

Demikian artikel ini, terima kasih waktunya dan sampai jumpa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.