Demokratisasi adalah? Simak Ulasan Berikut!

demokratisasi adalah

Demokratisasi adalah transisi ke arah rezim politik yang lebih demokrasi. Pada kasus politik suatu negara, kita pasti akan banyak mengenal beberapa istilah yang harus diketahui. Dapat dikatakan juga jika, demokratisasi adalah sebuah proses transisi ke sebuah rezim politik yang lebih demokratis. Transisi ini dapat berasal dari rezim otoriter beralih ke demokrasi, dari politik otoriter beralih ke semi-demokrasi, atau mungkin dari semi-otoriter beralih ke demokrasi.

Demokrasi

Demokrasi

Demokrasi adalah sistem pemerintahan dari rakyat, untuk rakyat, untuk rakyat, dan oleh rakyat, yang mana setiap individu dapat mengambil sebuah keputusan yang akan mempengaruhi kehidupan dalam bernegara.

Pengertian lebih rinci tentang demokrasi, ternyata demokrasi ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata “Demos” dan “Kratos”. Demos artinya rakyat, dan kratos yang berarti pemerintahan. Hal ini berarti, demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang memberi hak, dan juga kebebasan kepada warga negaranya untuk berpendapat, dan ikut serta dalam pengambilan keputusan pada pemerintahan.

Ciri-ciri demokrasi adalah sebagai berikut :

  • Memiliki perwakilan rakyat
  • Keputusan berlandaskan pada aspirasi dan kepentingan rakyat
  • Menerapkan ciri kontitusional
  • Menyelenggarakan pemilihan umum
  • Terdapat sistem kepartaian

Kapan Indonesia Mengalami Demokratisasi?

Kapan Indonesia Mengalami Demokratisasi?

Setelah kita mengetahui makna dari demokratisasi, lantas kapan indonesia mengalami demokratisasi? Ternyata, di Indonesia proses demokratisasi adalah dimulai saat terjadinya perpindahan kekuasaan dari  Presiden Soeharto kepada Wakil Presiden B. J. Habibie, 21 Mei 1998. Disebut “transisi” karena pada fase inilah Indonesia mengalami peralihan sistem politik dari otoritarian menuju demokrasi, transisi dari supremasi militer kepada supremasi sipil, transisi dari sentralisasi ke desentralisasi, dan seterusnya, yang artinta ialah Indonesia telah beranjak meninggalkan sistem diktator dan sedang menuju perubahan sebagai negara yang demokratis.

Tumbangnya Orde Baru telah membuka peluang terjadinya proses demokratisasi dan reformasi politik di Indonesia. Pengalaman pada masa Orde Baru juga telah membuat Indonesia menyadari bahwa demokrasi sangatlah penting untuk menumbuhkan kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu, seluruh rakyat Indonesia pasca-1998 berharap pada proses demokratisasi atas kepemimpinan Presiden Habibie dan Kabinet Reformasi Pembangunan dapat berjalan dengan baik.

Presiden Habibie yang dilantik kemudian dijuluki El Pilota del Cambio (dalam Bahasa Indonesia yang artinya “Sang Pilot Perubahan – sebuah julukan bagi Raja Juan Carlos yang memimpin reformasi politik di Spanyol pasca-Francisco Franco). Beliau memikul tanggungjawab yang begitu  besar untuk memulai langkah-langkahnya dan meletakan fondasi-fondasi utama bagi sistem demokrasi di Indonesia. Hal-hal yang mencakup tanggungjawab beliau tentang demokratisasi adalah seperti mempersiapkan pemilu (pemilihan umum) yang demokratis, dan membuat peraturan-peraturan, serta termasuk juga membebaskan para tahanan politik Orde Baru. Di era transisi demokrasi ini, terbentuk beberapa undang-undang baru, misalkan seperti Undang-Undang Pemilu, Undang-Undang tentang Partai Politik, dan juga Undang-Undang tentang Kedudukan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sebagai Lembaga Tertinggi Negara juga mengalami perubahan.

Contoh Demokratisasi Adalah

Contoh Demokratisasi Adalah

Sekarang kita telah paham jika demokratisasi adalah transisi kea rah yang lebih demokratis, namun kita akan lebih memahami jika kita mengetahui contohnya. Contoh demokratisasi adalah sebagai berikut :

Negara Indonesia adalah negara demokrasi, yang menganut pemahaman tentang kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. Adanya hal ini membuat rakyat bisa berpartisipasi dalam kegiatan politik yang ada di dalam suatu negara. Kalau kita sudah cakap hukum, tentu saja kita sering melakukan perilaku ini. Contohnya seperti, masyarakat yang mengikuti demokrasi secara langsung, yaitu melalui pilkada atau pemilu. Contoh lainnya, demokratisasi  dalam kehidupan sehari-hari, seperti menyampaikan pendapatnya dalam pemilihan calon ketua kelas, dengan cara mendengarkan nasehat orang tua, mengerjakan tanggung jawab, turut berpartisipasi dalam acara yang mereka selenggarakan dalam lingkungan, bersikap jujur dan terbuka, ikut upacara bendera dan lain sebagainya.

Itulah beberapa pembahasan tentang demokratisasi yang perlu kita ketahui, mulai dari pengertian demokratisasi, samapi contohnya. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.