Dimana sih Tempat Tumbuh Apel di Indonesia?

Tempat Tumbuh Apel

Hai Teman – Teman, gimana kabar kalian? Buah apel merupakan jenis buah – buahan yang cocok untuk di rumah. Buah apel biasanya mempunyai warna kulit merah jika sudah matang dan siap untuk kita makan, ada juga warna kulit buah apel yang berwarna hijau atau kuning. Daging buah apel mempunyai tekstur keras dan kulitnya agak lembek. Buah apel memiliki beberapa biji di dalam buahnya. Tempat tumbuh apel di permukaan yang tinggi seperti di kota malang, batu, dan trawas.

Kota tersebut adalah tempat tumbuh apel yang dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 700 – 1200 m dpl. Berdasarkan penelitian, buah apel bisa mengurangi resiko penyakit kanker usus besar, kanker prostat, dan paru-paru.

Serat apel juga dapat mencegah penyakit jantung serta bisa mengontrol berat badan dan kadar kolesterol dengan cara seratnya yang mencegah reabsorpsi. Buah apel mempunyai kalori yang rendah dan mengandung beberapa vitamin dan mineral di dalam buah apel.  

Dimana Tempat Tumbuhnya Buah Apel?

Dimana Tempat Tumbuhnya Buah Apel?

Setelah membahas tempat tumbuh apel. Kali ini kita akan membahas pertanyaan Dimana tempat tumbuhnya buah apel? Untuk Di Indonesia yang beriklim tropis, ada beberapa varietas apel memiliki adaptasi yang baik di dataran tinggi atau pegunungan yang memiliki suhu dingin.

Awalnya sentra apel di indonesia terletak di Malang Raya, terletak di elevasi 700 – 1.200 meter diatas permukaan laut  dengan suhu udara sekitar 16 – 27 derajat celcius. Saat ini, suhu udara di Malang Raya telah meningkat secara signifikan sehingga menggeser kesesuaian lahan apel ke elevasi sekitar 1.000 – 1.500 meter diatas permukaan laut.

Selain di tempat yang bersuhu dingin, tempat penanaman apel sebaiknya juga di tempat beriklim kering atau memiliki hujan tahunan 1.000 – 2.500 mm dengan penyinaran matahari sebanyak 50 – 60 % setiap hari, dan juga kelembaban udara sekitar 75–85 %. Jika hujan tinggi dan juga turun bersamaan dengan musim pembungaan maka akan menggagalkan bunga menjadi buah.

Meskipun apel dapat tumbuh di beberapa jenis tanah seperti Regosol (Entisol), Andosol (Andisol), dan juga Latosol (Inceptisol), karakter tanah yang ideal ini adalah tanah dengan tekstur sedang, konsistensi yang gembur, dan juga kedalaman efektif lebih dari 50 cm, memiliki drainase baik, dan  juga pH tanah 5,5 – 7.

Kapan Musim Berbuah Apel?

Kapan Musim Berbuah Apel?

Bagi kalian yang ingin makan buah apel tetapi menunggu musim buah apel, sebaiknya kalian tidak perlu khawatir menunggu lagi. Pasalnya, musim buah apel itu mirip musim buah jambu air yang hampir setiap waktu dapat berbuah.

Meskipun buah apel hampir selalu ada di setiap waktu, perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa bulan tertentu. Yang mana stok buah apel jadi lebih banyak dari biasanya, yakni pada bulan April, Mei, dan juga Juni.

Jadi, ada musim tertentu di mana stok buah apel di pasaran sangat banyak sekali dan juga ada kalanya stok apel tidak terlalu banyak.

Apakah Apel Subtropis atau Tropis?

Apakah Apel Subtropis atau Tropis?

Apa kalian tau apakah apel subtropis atau tropis? Buah apel adalah buah subtropis karena buah apel adalah buah yang bisa bertahan di udara di bawah 22°.

Penutup

Jadi itulah penjelasan tentang tempat tumbuh apel yang baik dan harus di atas permukaan laut minimal 700 m dpl. Dan itu adalah penjelasan tentang buah apel yang bisa kita pelajari. Semoga bermanfaat bagi kalian semua. Sampai jumpa!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.