Harga Burung Puyuh Afkir Saat Ini

Harga Burung Puyuh Afkir

Siapa yang tak tahu burung puyuh? Unggas yang satu ini memang memiliki banyak sekali kegunaan bagi kehidupan kita. Tahukah kalian harga burung puyuh afkir per ekor sangatlah terjangkau? Sehingga memungkinkan kita untuk melakukan budidaya ternak kepada unggas yang satu ini.

Selain mempunyai segudang manfaat bagi manusia, hewan yang satu ini juga tergolong cukup mudah untuk kita ternak. Sehingga mungkin kalian bisa melihat peluang bisnis dari kegiatan ini, dan kali ini Mimin akan mengulas tentang burung puyuh afkir.

Apa Itu Burung Puyuh Afkir?

Apa Itu Burung Puyuh Afkir?

Sebelum membahas lebih lanjut, lebih baik kita berkenalan terlebih dahulu dengan apa itu burung puyuh afkir? Sejatinya aftir adalah masa hidup pada burung puyuh ketika hewan yang satu ini sudah melewati masa suburnya. Jadi burung puyuh aftir adalah burung puyuh betina yang sudah tidak produktif lagi dalam menghasilkan telurnya.

Hewan ini biasanya memasuki masa tidak suburnya saat berusia 1 sampai 1,5 tahun, dan setelah dari itu produksi telurnya tidak akan sebagus dan sebanyak sebelumnya. Hal ini dikarenakan organ dalam serta organ produksinya sudah tidak berfungsi secara optimal lagi dan mengalami kemunduran. Masa subur dari unggas ini yaitu di kisaran umur 8 sampai 9 bulan.

Biasanya para peternak akan menjual burung puyuh yang sudah memasuki masa aftir. Unggas yang sudah tidak subur ini hanya akan memperberat biaya perternakan, apabila peternak memaksakan untuk memelihara dapat membuatnya merugi, karena biaya pakannya tidak sesuai dengan penjualan telurnya.

Oleh karena itu, biasanya para peternak akan menjual burung yang sudah tidak subur lagi untuk mencari modal mereka membeli bibit burung yang baru. Hal ini dilakukan untuk memutarkan keuangan mereka.

Pada umumnya yang dijual dari burung puyuh afkir adalah dagingnya. Baik dari betina yang sudah tidak produktiv lagi, maupun burung jantan yang sudah tidak terpilih sebagai pejantan lagi. Biasanya harga burung puyuh afkir per ekor dibandrol dengan harga yang cukup murah, yaitu sekitar Rp. 8.000 saja.

Walaupun harga burung puyuh afkir per ekor murah, namun kandungan yang ada di dalam daging hewan ini sangat baik untuk tubuh kita. Dagingnya mengandung nilai gizi protein yang tinggi yaitu 21.1% dan kadar lemak yang rendah 7.70%. Oleh karena itu permintaan akan daging puyuh cukup tinggi.

Apa Saja Makanan Burung Puyuh?

Apa Saja Makanan Burung Puyuh?

Jika kalian mulai tertarik membudidaya hewan yang satu ini, tentu saja kalian harus mengetahui pakan yang bagus. Lalu, apa saja makanan burung puyuh? Berikut Mimin berikan daftarnya di bawah ini.

  1. Dedak Padi

Dedak padi adalah suatu limbah olahan padi sebelum menjadi beras. Walaupun terlihat seperti pakan biasa, namun dedak padi ini mengandung tinggi protein yang berguna sebagai sumber protein bagi hewan ini.

  1. Pelet Khusus

Selain menggunakan pakan alami, kalian juga bisa memberikan pelet khusus kepada burung puyuh. Kandungan gizi yang ada di dalam pelet juga tidak kalah hebat dengan yang ada di pakan alami.

  1. Jagung

Sama dengan jenis burung pada umumnya, burung puyuh juga bagus jika kalian beri pakan jagung. Karena kandungan karbohidrat yang tinggi di dalam jagung dapat memberikan energi yang cukup untuk unggas yang satu ini.

Pada Tahun Berapakah Burung Puyuh Mulai dikenal dan diternakkan di Indonesia?

Pada Tahun Berapakah Burung Puyuh Mulai dikenal dan diternakkan di Indonesia?

Setelah Mimin menjelaskan tentang burung ini dan harga burung puyuh afkir per ekor yang murah. Apakah kalian penasaran pada tahun berapakah burung puyuh mulai dikenal dan diternakkan di Indonesia? Di Indonesia, unggas yang satu ini mulai dikenal luas serta diternakkan pada tahun 1979. Di masa sekarang hewan ini sudah dikenal sebagai salah satu jenis unggas yang sudah berkembang luas serta banyak diternakan dan produksi telur dan dagingnya dapat dimanfaatkan sebagai sumber protein hewani.

Itu dia pembahasan singkat Mimin mengenai unggas yang satu ini. Sejatinya penjualan daging hewan ini bagi peternak hanya merupakan pendapatan sampingan, sehingga sampai saat ini permintaan konsumen terhadap daging puyuh belum dapat terpenuhi secara maksimal. Jadi, dengan harga burung puyuh afkir per ekor yang sangat terjangkau, Mimin rasa ini adalah peluang bisnis bagus yang bisa kalian coba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.