Ini Cara Membuat Tahu Walik Kriuk Tanpa Daging!

Cara Membuat Tahu Walik Kriuk Tanpa Daging

Tahu terbuat dari ekstrak protein kacang kedelai. Makanan ini banyak digemari karena murah dan mengandung banyak gizi. Tahu dapat diolah menjadi berbagai macam masakan yang tentu akan menggugah selera Anda. Artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat tahu walik kriuk tanpa daging.

Tahu dibuat dengan kondensasi susu kedelai. Ada tiga jenis tahu yang biasa dikonsumsi: tahu keras, tahu lunak, dan tahu sutra. Ketiga jenis tahu ini memiliki nilai gizi yang hampir sama, namun  kandungan kalorinya berbeda-beda tergantung pada kepadatan tahu tersebut. Mengetahui cara membuat tahu walik kriuk tanpa daging dapat menjadi referensi menu makan keluarga Anda.

Cara Membuat Tahu Walik Kriuk Tanpa Daging

Tahu kaya akan protein dan asam amino esensial yang dibutuhkan  tubuh. Tahu juga mengandung lemak, karbohidrat dan berbagai jenis vitamin dan mineral. Studi menunjukkan bahwa kacang-kacangan, termasuk kedelai, dapat mengurangi risiko penyakit jantung. 

Isoflavon yang terkandung dalam kedelai  mengurangi peradangan pembuluh darah dan meningkatkan elastisitas. Isoflavon juga diketahui dapat melindungi jantung dengan menurunkan indeks massa tubuh (IMT), lingkar pinggang, dan meningkatkan kolesterol baik. Selain isoflavon, saponin yang terdapat pada kedelai juga diketahui dapat mendukung kesehatan jantung.

Selain itu, juga dapat menurunkan resiko kanker payudara, prostat, dan kanker pada sistem pencernaan, diabetes, meningkatkan kesehatan otak dan tulang, serta menambah elastisitas kulit.

Olahan tahu dapat memanjakan lidah tanpa henti. Tahu tidak hanya enak dan harganya terjangkau, tahu juga bisa dibuat menjadi berbagai masakan. Menu yang melengkapi makanan berat dan ringan. Bagi Anda pecinta tahu, Anda dapat mempelajari berbagai macam olahan tahu dengan berbagai bahan lainnya, seperti dengan campuran sayuran, ayam atau telur, seperti cara membuat tahu walik kriuk tanpa daging. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dapat Anda gunakan untuk membuat olahan tersebut, yaitu:

  • 4 siung bawang putih
  • ½ sdt garam
  • 150 gr tepung tapioka
  • 3 tangkai daun bawang
  • ¼ sdt merica bubuk
  • ⅓ kaldu ayam
  • Air

Cara membuat tahu walik kriuk tanpa daging adalah sebagai berikut:

  1. Kupas dan haluskan bawang putih
  2. Potong daun bawang menjadi kecil-kecil
  3. Rendam tahu dengan garam lalu goreng
  4. Belah tahu dan tambahkan isian, lalu baliklah tahu
  5. Untuk isian, campur bawang yang sudah halus dengan tepung tapioka, kaldu bubuk, garam, merica bubuk, dan daun bawang. Lalu, tambahkan air secukupnya

Resep Tahu Walik Ayam

Resep Tahu Walik Ayam

Camilan tahu yang berasal dari Banyuwangi atau suguhan tahu terbalik  ini sangat menarik untuk disiapkan. Isian tahu  ini diperlakukan berbeda untuk mendapatkan tekstur permukaan yang renyah. 

Resep tahu walik ayam dapat dibuat dengan cara iris tahu yang sudah dikupas, keluarkan isinya dan balikkan agar kulitnya benar-benar berada di dalam. Selanjutnya, tambahkan adonan yang merupakan campuran tepung kanji atau tepung sagu dan  ayam, ke dalam tahu.

Cara Membuat Tahu Walik Kriuk Sederhana

Cara Membuat Tahu Walik Kriuk Sederhana

Tahu yang luarnya garing dan dalamnya lembut, tak heran jika dicintai oleh semua orang. Biasanya disajikan dalam berbagai bahan, tapi isian ayam sangat populer di kalangan banyak orang.

Anda hanya membutuhkan bahan-bahan yang biasa Anda miliki di rumah, seperti tahu, tepung, dan berbagai bumbu. Tidak memakan banyak waktu dan dapat dibuat dalam waktu kurang dari 30 menit. 

Cara membuat tahu walik kriuk sederhana tentu saja, cara pertama adalah menyiapkan semua bahannya. Bahan-bahan untuk snack ini adalah 25  tahu  atau tahu, 100 ml air, 100 gr tepung tapioka, 250 gr dada ayam, 50 gr tepung terigu, 2 butir bawang putih yang  dihaluskan, 1 sdt garam, 1 sdt tepung ayam  dan 1 sdt merica bubuk.

Jika ingin membuat tahu isi ayam, campur daging tanpa tulang sedikit demi sedikit. Tambahkan sedikit air untuk memudahkan pencampuran. Setelah halus, tuangkan ke dalam wadah yang  digunakan untuk mengaduk adonan. Tambahkan lainnya lalu aduk hingga merata.

Resep Tahu Walik Tanpa Isi

Resep Tahu Walik Tanpa Isi

Sebagian orang dapat juga membuat masakan ini tanpa menggunakan isian. Namun, tetap saja tak merubah cita rasa nikmat dari kuliner ini. Resep tahu walik tanpa isi dapat dibuat dengan cara yang tidak jauh berbeda dengan tahu walik yang memakai isian, hanya saja olahan ini tidak menambahkan isian di dalamnya. Sekian. Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.