Ini Cara Menulis Daftar Pustaka dari Skripsi

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Skripsi

Daftar pustaka merupakan suatu daftar yang berisi judul buku atau jurnal beserta nama penulis, tahun terbit, nama dan kota penerbit yang ditulis di bagian akhir suatu karangan atau buku. Penulisan daftar pustaka ini memerlukan format tertentu, karenanya penting untuk mengetahui cara menulis daftar pustaka dari skripsi untuk mengurangi kemungkinan kesalahan dalam pembuatannya.

Anda yang pernah atau sedang menjadi mahasiswa tentu tidak asing dengan skripsi, bukan? Skripsi merupakan istilah untuk menyebut tugas akhir bagi mahasiswa yang berdasar pada sebuah penelitian, dimana mahasiswa membutuhkan beberapa teori sebagai dasar penelitiannya dari beberapa sumber referensi termasuk dari skripsi yang nantinya akan dicantumkan dalam daftar pustaka.

Cara menulis daftar pustaka dari skripsi mempunyai format yang sedikit berbeda dengan sumber buku ataupun jurnal. Tak jarang, beberapa mahasiswa memilih untuk tidak memakai sumber dari skripsi karena kurangnya pemahaman formatnya.

Bolehkah Daftar Pustaka dari Skripsi?

Bolehkah daftar pustaka dari skripsi?

Berbagai sumber referensi dapat Anda pilih untuk mendukung penelitian Anda, termasuk dari skripsi. Jika beberapa dari Anda masih bertanya-tanya tentang bolehkah daftar pustaka dari skripsi? Maka berikut ini adalah jawabannya.

Skripsi memiliki luaran berupa laporan akhir yang memuat hasil dari suatu penelitian, maka dari itu skripsi pun juga dapat dijadikan sebagai daftar pustaka. Namun, harus diperhatikan juga tentang valid tidaknya skripsi tersebut jika Anda gunakan sebagai sumber referensi. Lalu, bagaimana cara menulis daftar pustaka dari skripsi?

Sebagai salah satu sumber rujukan yang dapat dipakai sebagai landasan teori, Anda dapat menulis daftar pustaka dengan mencantumkan nama penulis, tahun, jenis karya tulis ilmiah, nama universitas, kota. Penulisan nama harus diawali dengan nama belakang, lalu judul dan jenis karya tulis harus dicetak miring (italic). Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Primadani, P. 2008. Pemetaan Kualitas Tanah pada Beberapa Penggunaan Lahan di Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar.Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Itulah cara menulis daftar pustaka dari skripsi yang benar. Penting bagi para peneliti untuk mencantumkan sumber referensi yang jelas agar karya tulis yang dibuat tidak dianggap melakukan plagiasi.

Bagaimana Cara Mengutip Daftar Pustaka?

Bagaimana cara mengutip daftar pustaka?

Mengutip suatu teori sebagai pendukung landasan dalam sebuah penelitian merupakan hal yang wajar. Hal ini dilakukan juga untuk meningkatkan kredibilitas penelitian Anda. Lalu, bagaimana cara mengutip daftar pustaka?

Mengutip adalah kegiatan mengambil kutipan. Sedangkan kutipan adalah suatu pernyataan, pendapat, rumusan, atau penelitian penulis lain. Pengutipan boleh dilakukan asal tetap mengandung hasil pemikiran peneliti itu sendiri.

Terdapat dua jenis kutipan, yaitu langsung dan tidak langsung. Kutipan langsung adalah kutipan dengan menggunakan kalimat yang sama persis. Contohnya adalah sebagai berikut:

Suryaningrat (1983) menyebutkan, “Penyerahan kekuasaan kerajaan Pajajaran kepada Kerajaan Sumedang Larang berlangsung melalui penyerahan mahkota emas raja Kerajaan Sunda Pajajaran.”

Sedangkan kutipan tidak langsung adalah menggunakan sumber hanya sebagai ide, lalu menuliskannya kembali dengan kalimat sendiri, seperti:

Kekuasaan Kerajaan Pajajaran dilakukan melalui penyerahan mahkota raja Kerajaan Sunda Pajajaran kepada Kerajaan Sumedang Larang (Suryaningrat, 1983).

Bagaimana Cara Mengutip Kutipan yang Dikutip Orang Lain?

Bagaimana cara mengutip kutipan yang dikutip orang lain?

Kadang, sebagian penulis juga perlu mengambil kutipan dari sumber yang telah dikutip orang lain. Hal tersebut sah-sah saja untuk dilakukan. Bagaimana cara mengutip kutipan yang dikutip orang lain? Caranya dapat Anda lihat pada contoh berikut:

Adi (dalam Bud, 2006) menyatakan bahwa manajemen adalah proses melakukan perencanaan sumber daya agar tujuan dapat tercapai dengan baik.

Semoga membantu!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.