Inilah 2 Penyebab Telur Gulung Gagal Terus!

Penyebab Telur Gulung Gagal

Apakah kalian pernah membuat telur gulung? Ya, jajanan yang cukup marak satu ini memang terlihat mudah dibuat, namun nyatanya cukup sulit. Kira-kira apa penyebab telur gulung gagal? Sebenarnya ada banyak faktor mulai dari adonan yang kalian buat, hingga teknik menggulung kalian. Namun tenang saja, kali ini Mimin akan membeberkan cara membuat jajanan ini yang enak dan pastinya anti gagal.

Telur Gulung Anti Gagal

Telur Gulung Anti Gagal

Kali ini Mimin akan memberikan tips membuat telur gulung anti gagal. Seperti yang Mimin katakan sebelumnya, bahwa ada banyak sekali faktor penyebab telur gulung gagal. Memang dalam cara pembuatannya terlihat sangatlah mudah, yang perlu kita lakukan hanyalah menggoreng adonan telur sebentar, lalu menggulungnya.

Namun jangan salah, walaupun terlihat mudah, banyak faktor-faktor kecil yang dapat menjadi penyebab telur gulung gagal. Apa saja faktornya? Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Kocok telur hingga berbusa
    Mimin akan berikan satu rahasia kecil. Mungkin kalian tidak menyadari dengan kita mengocok telur hingga berbusa hal itu bisa membuat adonan menjadi lebih mengembang, dan tidak kaku saat digulung. Tentu saja hal itu memudahkan kita dalam membuat jajanan ini.

  • Masak dengan minyak panas dan api kecil
    Pastikan dalam memasaknya kalian gunakan minyak yang sudah panas, namun pada saat proses menggoreng kalian harus menggunakan api yang kecil. Hal ini membuat telur mengembang dengan sempurna dan mudah untuk digulung. Agar adonan tidak menempel di wajan, pastikan kalian menggunakan minyak yang cukup banyak.
  • Menuangkan telur
    Dalam menuangkan adonannya juga ada tekniknya loh. Kalian harus menuangnya dari atas dan cukup tinggi. Lalu, tuang adonan sedikit demi sedikit agar adonan menyebar luas dan mudah untuk digulung.
  • Teknik menggulung
    Ini adalah teknik yang penting yang harus kalian kuasai. Dalam menggulungnya kalian bisa mulai dengan posisi miring atau horizontal agar memudahkan kalian dan mendapatkan hasil yang bagus. Hal yang pentingnya adalah kalian harus menggulung adonannya dengan cepat, yaitu sekitar 5 – 10 dekit. Karena jika kalian menggulungnya terlalu lama, gulungan bisa saja pecah dan gagal.

Resep Telur Gulung

Resep Telur Gulung

Setelah kalian memahami penyebab telur gulung gagal, sekarang Mimin akan berikan resep telur gulung yang pastinya gurih dan enak. Penasaran bagaimana caranya? Cermati prosesnya berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 3 telur
  • 100 ml air
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Tusukan sate

 Cara membuat:

  1. Campur telur, air ,garam, kocok hingga merata dan berbusa.
  2. Panaskan minyak yang agak banyak, lalu tunggu hingga minyak hingga benar-benar panas.
  3. Tuang adonan dari atas dengan jarak yang cukup tinggi dan tuangkan dengan sedikit demi sedikit.
  4. Goreng adonan sebentar saja hingga warnanya berubah menjadi coklat keemasan.
  5. Kemudian gulung-gulung dengan cepat adonan bila dirasa sudah matang, padatkan di pinggiran wajan agar tidak menyerap minyak juga.
  6. Tiriskan dan telur gulung sudah siap kalian santap.

Resep Telur Gulung Tepung

Resep Telur Gulung Tepung

Dewasa ini telur gulung sudah berkembang pesat dan memiliki berbagai macam variannya. Ada yang mencampurnya dengan bihun, sosis, otak-otak, sagu, susu, tepung, dan masih banyak lagi. Setiap varian tentunya memiliki cita rasa yang uniknya masing-masing. Disini Mimin akan memberikan resep salah satu variannya, yaitu resep telur gulung tepung

Bahan-bahan:

  • Tusukan sate
  • 3 butir telur
  • 1 sdt tepung sagu yang sudah dilarutkan dengan sekitar 40-50 ml air
  • Garam
  • Lada
  • Penyedap
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Campur telur, garam, lada, penyedap, dan larutan sagu, lalu aduk hingga rata dan berbusa.
  2. Panaskan minyak, lalu kecilkan apinya.
  3. Ambil 1 sendok sayur adonan telur, tuang sedikit tinggi memutar di atas minyak,
  4. Goreng hingga berwarna kuning keemasan, lalu gulung dengan tusuk sate.
  5. Angkat, lalu tiriskan.
  6. Telur gulung tepung siap kalian sajikan dengan saus.

Penutup

Itu dia penyebab telur gulung gagal dan beberapa resepnya. Walaupun pada awalnya membuat jajanan ini dirasa sulit, tapi Mimin yakin kalian dapat menguasai tekniknya setelah 2 – 3 kali percobaan. Selamat memasak!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.