Inilah Bumbu Sate Kambing Setelah Dibakar!

Bumbu Sate Kambing Setelah Dibakar

Sate atau satai adalah makanan yang dipanggang dengan arang dari daging cincang halus yang  ditusuk  dengan  tulang daun kelapa atau bambu. Ada beberapa jenis daging yang bisa dijadikan bahan  sate, salah satunya adalah daging kambing. Sate disajikan dengan berbagai macam bumbu. Pemberian bumbu sate kambing setelah dibakar sangat nikmat.

Sate diketahui berasal dari Jawa dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia dan dianggap sebagai salah satu masakan daerah Indonesia. Makanan ini juga terkenal di negara-negara Asia Tenggara lainnya. Sate kambing adalah satai yang dibuat dari daring kambing, umumnya dapat dihidangkan dengan nasi atau lontong dan bumbu sate kambing setelah dibakar.

Di Indonesia, sate tersedia dari pedagang sate keliling, pedagang kaki lima hingga santapan, dan sering disajikan di  pesta formal maupun informal. Tidak hanya bumbu sate kambing setelah dibakar, namun juga sebelum dibakar. Resep sate bervariasi tergantung pada variasi dan resep  daerah. Hampir semua jenis daging bisa dijadikan sate. Indonesia, negara asal  sate,  memiliki beragam resep sate.

Tanpa bumbu sate kambing setelah dibakar satai dinilai kurang nikmat, karena bumbu ini adalah sebagai pelengkap. Makanan ini adalah salah satu makanan disukai oleh banyak orang, termasuk saya, hehe.

Bumbu Sate Kambing Kecap

Bumbu Sate Kambing Kecap

Banyak orang ragu memasak satai karena repot dan sering berbau amis. Padahal,  dengan cara olah yang tepat, bau yang menyengat bisa berkurang dan tekstur daging bisa jauh lebih enak. Bumbu yang digunakan biasanya bumbu kecap atau kacang. Bahan-bahan untuk membuat bumbu sate kambing kecap selain enak, juga mudah ditemukan.

Bahan dari bumbu tersebut antara lain bawang merah, cabai rawit, kecap, ketumbar dan merica. Bumbu ini mempunyai cita rasa manis dan pedas yang dapat menambah kenikmatan dari kuliner ini.

Sate Kambing Bumbu Kacang

Sate Kambing Bumbu Kacang

Selain bumbu kecap sebagai pelengkapnya, kuliner ini juga biasa menggunakan bumbu kacang. Pemirsa, bumbu kacang inilah yang menjadi favorit saya, hehe. Sate kambing bumbu kacang berbahan utama kacang tanah yang telah digoreng dan dihaluskan bersamaan dengan gula merah, kemiri, dan garam, serta bawang goreng. Lalu bumbu kacang dituangi dengan air panas agar menjadi kental dan tambahkan kecap.

Bumbu Sate Kambing Sebelum Dibakar

Bumbu Sate Kambing Sebelum Dibakar

Pemirsa, seperti yang telah sedikit disinggung sebelumnya, bahwa kuliner ini tidak hanya menggunakan bumbu saat setelah dibakar saja, namun juga saat sebelum dibakar. Bumbu sate kambing sebelum dibakar terbuat dari bawang putih, sedikit gula pasir, dan ketumbar yang ditumbuk halus.

Daging kambing yang digunakan juga mempengaruhi tekstur sate kambing. Saat di sate, biasanya daging mengeluarkan aroma khas kambing.  Untuk menghilangkan bau kambing, bumbu sate sebanyak-banyaknya sebelum dimasak. Selain itu, bahan-bahan alami  membantu melembutkan daging kambing dan menghilangkan rasa.

Salah satu penyebab bau  daging kambing  adalah lemak daging. Oleh karena itu, pisahkan lemak dari daging  sebelum menyimpan atau mengolah daging di satata kambing. Ini akan mencegah daging menempel pada lemak dan memberikan bau yang  tidak sedap.

Cuci daging dengan baik. Campur air dingin dan garam halal, lalu bilas daging kambing dengan air. Cara ini juga  bisa melunakkan daging, sehingga enak dibuat sate kambing. Dan campurkan bumbu yang mempunyai aroma yang kuat.

Pemirsa, demikianlah artikel tentang bumbu sate yang dapat Anda jadikan pilihan kuliner. Semoga membantu, ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.