Inilah Cara Belajar Agar Cepat Paham Dan Ingat!

5. Cara belajar agar cepat paham dan ingat

Belajar merupakan kegiatan rutinitas yang dilakukan bagi siswa-siswi sekolah. Namun minat pada belajar bagi setiap siswa-siswi berbeda,  ada yang sangat menyukai belajar dan ada yang tidak.  selain minat,  kemampuan belajar serta memahami materi yang dipelajari i pun berbeda. Maka dari itu ada beberapa cara belajar agar cepat paham dan ingat.

Berikut ini adalah beberapa cara belajar agar cepat paham dan ingat :

  1. Fokuslah kepada  suatu hal yang dipelajari.
  2. Jangan  melakukan hal lain ketika belajar  seperti main  handphone ataupun   melakukan yang lainnya.  Tetaplah fokus dalam belajar.
  3.   belajar  itu tidak perlu lama namun harus rutin. Sebaiknya dalam satu waktu belajar  hanya mempelajari  satu atau sedikit materi saja karena jika mempelajari banyak materi akan memecah konsentrasi sehingga Pelajaran yang dipelajari tidak mudah untuk dipahami.
  4. Lakukanlah  belajar cepat dan efektif.  Maksudnya,  belajar  dilakukan dengan waktu singkat dan sesuai kemampuan kita.  Jika  terasa lelah maka beristirahatlah jangan memaksakan diri karena jika lelah otak  akan sulit untuk berkonsentrasi dan sulit memahami materi.
  5. Cara belajar agar cepat paham dan ingat selanjutnya yaitu  dengan belajar  di tempat yang tenang  dan tidak berisik. Jika belajar pada tempat yang berisik maka akan  memecahkan   konsentrasi pada saat belajar sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk memahami suatu materi.
  6.  Rangkumlah  hal-hal penting yang telah kalian pelajari. Jika kalian tipikal orang yang sulit untuk mengingat maka sebaiknya catatlah hal-hal penting dan rangkum  supaya  dapat mengingat kembali.
  7. Baca kembali materi yang telah kalian pelajari karena  hal ini membantu untuk benar-benar memahami maksud dari materi.  Selain itu dapat menjelaskan kembali sehingga  bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai materi tersebut.

Kenapa Belajar Tidak Cepat Paham dan Ingat?

Kenapa Belajar Tidak Masuk Otak?

Ketika  sudah melakukan belajar. namun , kenapa  belajar tidak masuk otak? Seperti yang ada di atas, mungkin ada beberapa faktor yang mempengaruhi mengapa  hal yang kita telah pelajari tidak mudah untuk diingat dan masuk ke otak.  Beberapa  faktor yang  mempengaruhi belajar  yaitu  :  kurangnya konsentrasi,  belajar ketika dalam kondisi lelah,  belajar  di tempat keramaian sehingga sulit untuk fokus,  melakukan hal  lain ketika belajar misalnya bermain gadget sambil belajar, dan kurangnya minat belajar juga dapat mempengaruhi kemampuan untuk memahami apa yang kita pelajari.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Belajar?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Belajar?

Selain melakukan cara belajar agar cepat paham dan ingat, kita perlu paham kapan waktu yang tepat untuk belajar?. Waktu  yang tepat untuk belajar bagi otak kita yaitu pada pagi pukul 7 hingga 9 karena di jam ini otak masih segar dan baik untuk memulai aktivitas belajar.  Selanjutnya  pada pukul pukul 9 hingga11 pagi karena otak mulai memproduksi hormon kortisol ang membuat lebih  fokus pada pemikiran yang  kita pelajari . Ketika sudah pukul 11 hingga 2 siang  otak akan kurang konsentrasi. Selain itu darah  dan oksigen yang mengalir ke otak sedikit berkurang karena sistem pencernaan  masih bekerja.  Maka  dari itu sebaiknya  istirahat dan melakukan sesuatu. Pada  pukul  3 hingga 6 sebaiknya untuk mengulang materi yang telah kita pelajari ketika pagi tadi.

Untuk jam malam mulai dari jam 6 Hingga jam 10 sebaiknya melakukan refreshing seperti menonton TV atau pun kumpul dengan keluarga.  Setelah refreshing,  sebaiknya segera untuk tidur agar otak beristirahat  dan siap belajar kembali di keesokan hari.

Berapa Lama Waktu Belajar yang Efektif?

Berapa Lama Waktu Belajar yang Efektif?

Setelah mengetahui  kapan waktu efektif untuk belajar, maka dari itu dapat kita simpulkan,  berapa lama waktu belajar yang efektif? Lama  waktu yang efektif untuk belajar biasanya 30 hingga 60 menit.  Jika lebih dari itu sebaiknya kita selingi istirahat agar tidak terasa  lelah. Karena perasaan lelah akan membuat belajar tidak maksimal dan susah fokus terhadap suatu hal yang kita pelajari.

Setelah membaca artikel ini,  cobalah  kalian untuk melakukan tips  dalam artikel ini.  Supaya belajar lebih efektif dan lebih  mudah untuk masuk ke  otak

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.