Inilah Cara Membuat Steak Daging Sapi Ala Rumahan!

Cara Membuat Steak Daging Sapi Ala Rumahan

Steak adalah salah satu hidangan Barat yang dapat dengan mudah kita temukan di mana saja di dunia. Steak kita panggang atau masak di atas panggangan untuk rasa yang sangat enak dan harum. Cara membuat steak daging sapi ala rumahan sering kita pilih sebagai variasi menu makanan keluarga.

Steak iris tebal ini tidak membutuhkan banyak  bumbu tambahan, karena  daging steak yang kita gunakan harus segar atau tanpa lemak dengan tekstur  dan kadar air yang tinggi. Cara membuat steak daging sapi ala rumahan menggunakan bumbu seperti mentega, merica, garam dan penyedap rasa. 

Steak kita sajikan  dengan berbagai saus steak seperti barbekyu, saus jamur, saus lada hitam, dan saus keju. Umumnya juga kita tambahkan sayuran matang seperti jagung, buncis, wortel dan brokoli, serta tambahan karbohidrat seperti kentang. Cara membuat steak daging sapi ala rumahan sangat mudah dan dapat menjadi pilihan kuliner Anda di rumah

Cara Membuat Steak Daging Sapi Ala Rumahan

Cara Membuat Steak Daging Sapi Ala Rumahan

Masakan ini sangat banyak orang gemari karena rasanya yang lezat dan aromanya yang begitu menggugah selera. Semua kalangan dapat menikmati kuliner ini. Bahan yang Anda butuhkan adalah:

  • 200 gram daging sapi has atau tenderloin
  • 1 sdt lada hitam, tumbuk kasar  
  • 1 sdt kecap manis  
  • 1 sdm saus tomat  
  • 1 sdm kecap inggris 
  • 1 sdm saus tomat  
  • 1 sdm kecap inggris 
  • 1 sdm minyak zaitun   
  • 1/4 sdt kaldu sapi bubuk 
  • 1 siung bawang putih
  • 3 sdm minyak wijen  
  • 1/4 sdt garam  
  • Saus
  • 25 gram paprika merah, potong kotak 
  • 1 sdm minyak zaitun 
  • 25 gram kol, potong kotak 25 gram baby buncis, potong ujungnya 

Cara membuat steak daging sapi ala rumahan adalah sebagai berikut:

  1. Letakkan daging di atas talenan. Pukul-pukul dengan dengan pelunak daging. 
  2. Taruh dalam mangkuk dan lumuri daging dengan merica, saus tomat, kecap manis, minyak zaitun, bawang putih, kecap asin, garam dan kaldu bubuk. Remas untuk menyerap bumbu. Biarkan selama 5 menit. 
  3. Panaskan wajan anti lengket yang sudah diolesi minyak wijen. Tambahkan daging dan bumbu. Putar dan masak hingga kedua sisi matang. tangga berjalan. 
  4. Tumis sayuran: Tambahkan minyak zaitun,  kol,  buncis, cabai merah dan garam hingga layu setengahnya.
  5. Sajikan steak lada hitam dengan saus dan lauk pauk.

Bumbu Steak

Bumbu Steak

Bumbu ini adalah sebagai bahan pelengkap kuliner ini. Tanpa bumbu-bumbu tentu maskan ini tidak akan menjadi lezat dan digemari oleh banyak orang. Bumbu steak umumnya menggunakan bumbu yang mudah ditemukan di sekitar Anda, yaitu bumbu yang sering digunakan untuk memasak pada umumnya.

Resep Daging Sapi

Resep Daging Sapi

Daging sapi tak hanya dapat diolah menjadi steak saja, namun juga olahan lain, yang tidak kalah nikmatnya untuk menjadi pilihan menu keluarga Anda. Resep daging sapi yang dapat Anda pilih diantaranya adalah:

  1. Semur
  2. Rawon
  3. Gulai
  4. Rolade daging sapi
  5. Kebab

Cara Membuat Brown Sauce

Cara Membuat Brown Sauce

Saus ini merupakan saus yang biasa digunakan untuk pelengkap steak. Terbuat dari kaldu tulang sapi yang dipanggang. Cita rasanya gurih dan sangat sedap. Cara membuat brown sauce ini adalah sebagai berikut:

  1. Panaskan minyak dan goreng hingga tulang berubah warna menjadi kecoklatan. Anda juga bisa memanggang dalam oven
  2. Tambahkan bawang bombay, bawang putih, daun bawang, dan seledri. Aduk dan masak sampai tulangnya harum
  3. Tuang air panas, aduk hingga mendidih dan masak. Kecilkan api dan lanjutkan memasak sampai saus menjadi setengahnya. Keluarkan dan buat tegang. Didihkan saringan  dengan api kecil.
  4. Tambahkan  merica, saus tomat, gula aren dan garam secukupnya. Aduk rata lalu tambahkan tepung. Masak dengan api kecil hingga semua bumbu meresap dan saus kental. Angkat dan gunakan untuk saus steak.

Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.