Inilah Cara Menyembuhkan Amandel dengan Buah!

Cara Menyembuhkan Amandel dengan Buah

Hai Teman – Teman, gimana kabar kalian semua? Apa kalian sedang mengalami sakit radang amandel? dan ingin mengobati dengan cara menyembuhkan amandel dengan buah? Amandel yang meradang tentu sangat menyakitkan dan membuat kalian merasa tidak nyaman. Biasanya sakit radang amandel ini harus dokter tangani. Tetapi, ternyata ada cara menyembuhkan amandel dengan buah yang secara alami.

Beberapa buah terpercaya bisa menyembuhkan amandel yang meradang, karena mengandung banyak kandungan zat dan nutrisi yang baik untuk meminimalisir peradangan. Buah ini juga dapat menenangkan tenggorokan, bisa meningkatkan daya tahan tubuh, dan dapat membantu untuk membunuh virus atau bakteri penyebab peradangan.

Buah yang Bisa Menyembuhkan Amandel

Ada beberapa buah yang bisa membantu kalian untuk menyembuhkan amandel. Berikut adalah buah yang bisa menyembuhkan amandel:

1.) Jeruk Nipis

Jeruk nipis ini mempunyai sifat antivirus, antibakteri dan anti-inflamasi sehingga dapat kita percaya untuk meringankan infeksi dan juga peradangan amandel. Juga, kandungan vitamin C yang tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita untuk melawan infeksi bakteri. Cara untuk memakai jeruk nipis ini kita buat menjadi jeruk hangat dan ini bisa kita lakukan dua kali sehari. 

Berikut adalah cara memanfaatkan jeruk nipis untuk menyembuhkan amandel:

  • Siapkan satu gelas air hangat
  • Tambahkan perasan 1 buah air jeruk nipis atau buah lemon
  • Tambahkan sedikit garam dan dua sendok teh madu untuk menambah rasa manis. 

2.) Jambu Biji

Jambu biji ini selain baik untuk kita konsumsi ternyata bisa membantu untuk menyembuhkan radang amandel. Karena buah ini sudah ternobatkan sebagai buah yang paling tinggi mengandung vitamin C. Vitamin C ini akan meningkatkan daya tahan tubuh kita yang pada akhirnya membantu mempercepat penyembuhan radang amandel.

Berikut adalah cara memanfaatkan buah jambu biji untuk menyembuhkan amandel:

  • Siapkan satu buah jambu biji matang yang sudah kita cuci
  • Kupas kulitnya dan potong – potong kecil buah jambu bijinya
  • Blender buah jambu biji yang telah kita kupas dan tambahkan air secukupnya kalian bisa menambahkan susu untuk menambah manis. 
  • Kalian bisa menambahkan dua potong es batu dengan sedikit gula atau madu
  • Blender sampai halus

3.) Buah ara (tin)

Buah ara atau biasa terkenal sebagai buah tin bisa membantu menyembuhkan peradangan amandel. Sebab buah ini memiliki kandungan lendir mucilage yang cukup tinggi sehingga bisa mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat peradangan.

Berikut adalah cara memanfaatkan buah ara untuk menyembuhkan amandel:

  • Rebus 3 buah ara yang kering atau masih segar dengan air bersih
  • Masak, ambil, dan haluskan buah ara yang sudah kita masak
  • Setelah itu tambahkan satu sendok madu asli untuk menambah rasa manis. 

4.) Buah Nanas

Tidak seperti buah pada umumnya, buah nanas memang tidak bisa menyembuhkan peradangan amandel secara langsung. Namun dapat meringankan rasa sakit yang penyebabnya oleh peradangan.

Selain itu, buah nanas juga mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Misalkan seperti enzim bromelain yang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi dan peradangan. Serta vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah cara menyembuhkan amandel dengan buah yang gampang kalian dapatkan di pasar atau di minimarket yang ada di dekat kalian.

Minuman Apa yang Bisa Menyembuhkan Amandel?

Minuman Apa yang Bisa Menyembuhkan Amandel?

Setelah kalian tahu mengenai tentang apa itu amandel dan juga cara menyembuhkan amandel dengan buah apa?. kali ini saya akan membahas tentang minuman apa yang bisa menyembuhkan amandel? ternyata banyak juga minuman yang dapat menyembuhkan amandel lho, berikut ini contohnya:

  • Air Garam
    Cara alami yang paling sederhana untuk mengobati radang amandel adalah dengan cara berkumur dengan air garam hangat. Air hangat ini memiliki efek melegakan sakit tenggorokan sedangkan garam bertindak sebagai antiseptik alami yang dapat membantu mengurangi peradangan dengan membunuh virus dan juga bakteri.
  • Teh Hangat dicampur Madu
    Madu ini mempunyai senyawa antibakteri kuat yang bermanfaat untuk melawan infeksi pada peradangan amandel. Sementara minuman hangat seperti teh bisa mengurangi rasa nyeri yang penyebabnya oleh amandel yang membengkak. Teh jahe dan juga teh adas adalah dua contoh teh dengan kandungan senyawa anti radang tertinggi yang dapat memberikan manfaat ini. Kombinasi teh hangat lalu kita campur dengan madu dapat menjadi obat alami yang membuat tenggorokan kalian terasa lebih nyaman dan juga dapat menghalau infeksi.
  • Air Perasan Lemon dan Madu
    Manfaat lemon untuk kesehatan memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Lemon ini memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan juga anti inflamasi sehingga ampuh melawan infeksi dan juga peradangan pada amandel. Dan juga, kandungan vitamin C di dalamnya mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan infeksi. 

Bagaimana Cara Cepat Menyembuhkan Amandel?

Bagaimana Cara Cepat Menyembuhkan Amandel?

Setelah mengetahui apa saja minuman yang baik untuk amandel, kali ini kita akan membahas tentang pertanyaan bagaimana cara cepat menyembuhkan amandel? yang harus kalian lakukan saat sedang mengalami radang amandel adalah:

  1. Minum obat
  2. Banyak istirahat
  3. Minum cukup air putih
  4. Konsumsi asupan yang menenangkan tenggorokan
  5. Kumur dengan larutan garam
  6. Gunakan obat penghilang rasa sakit
  7. Operasi amandel

Amandel Harus Makan Apa?

Amandel Harus Makan Apa?

Ada beberapa orang yang sedang bingung dengan amandel harus makan apa? berikut adalah makanan yang harus dikonsumsi oleh orang yang sedang mengalami amandel. 

  • Yogurt dan sayuran
    Makanan saat amandel bengkak kebanyakan bertekstur lembut untuk mempermudah proses menelan. Tak perlu khawatir akan makanan yang lembut, sebab kalian dapat mengkreasikan olahan makanan menggunakan yoghurt, smoothie, dan puding.
    Selain lembut dan mudah untuk ditelan, makanan untuk penderita radang amandel ini juga bisa meningkatkan sistem imun. 
  • Es Krim
    Meskipun efek saat memakan es krim hanya sementara, namun makanan dingin seperti es krim dipercaya efektif dalam meredakan nyeri dan pembengkakan pada amandel. Sesekali dalam masa perawatan amandel, kalian atau anak yang mengalami radang amandel boleh mengkonsumsi es krim atau minuman dingin untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan dan amandel yang sedang membengkak.
  • Lozenges
    Permen pelega tenggorokan atau lozenges mengandung akar licorice atau mentol yang mempunyai sifat anti radang. Artinya, mengkonsumsi lozenges bisa membantu mengurangi rasa sakit di tenggorokan dan pembengkakan yang disebabkan oleh radang amandel.
    Namun, makanan untuk radang tenggorokan ini sebaiknya tidak sarankan untuk anak-anak yang masih kesulitan menelan makanan keras.
  • Teh dan madu
    Kombinasi teh hangat dan madu ini dapat menjadi senjata ampuh melawan penyakit radang amandel. Ini dikarenakan jenis teh tertentu, seperti teh dengan jahe, yang memiliki kandungan anti radang yang berpotensi meredakan peradangan pada amandel.
    Sangat bermanfaat, madu juga mengandung senyawa antibakteri yang berfungsi untuk melawan infeksi pada area yang sedang terkena amandel tersebut.

Itu adalah makanan yang harus dikonsumsi oleh seseorang yang mengalami amandel.

Jadi itulah cara menyembuhkan amandel dengan buah yang mudah kita dapatkan di sekitar kita, bisa didapatkan di pasar atau minimarket terdekat di tempat kalian. Segini dulu. Sampai jumpa!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.