Inilah Tips Cara Mengetahui Telur Busuk atau Tidak!

Cara Mengetahui Telur Busuk atau Tidak

Telur adalah salah satu bahan makanan yang sangat mudah ditemukan dan dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Wajar jadinya jika beberapa orang selalu memperhatikan persediaan telur dirumah. Namun, perlu kita ketahui jika telur pun memiliki masa simpan. Jadi, saat terllau lama disimpan maka telur akan membusuk dan tidak layak untuk dimakan. Pada artikel ini, akan dibahas tentang cara mengetahui telur busuk atau tidak.

Bagaimana Cara Mengetahui Telur yang Baik?

Bagaimana cara mengetahui telur yang baik?

Ada beberapa cara mengetahui telur busuk atau tidak. Cara ini perlu kita ketahui agar kita tidak mengkonsumsi telur yang busuk dan sudah tidak layak untuk dimakan. Telur yang sudah tidak layak untuk dimakan akan menyebabkan diare, kram perut, demam, bahkan muntah jika dikonsumsi. Oleh sebab itu, penting untuk kita paham tentang bagaimana cara mengetahui telur yang baik? Ini tipsnya!

  • Cek tanggal kedaluwarsanya

Salah satu cara mengetahui telur masih baik atau sudah busuk adalah dengan mengecek tanggal kedaluarsanya. Secara umum, batas kedaluwarsa yang dijual di toko dengan kemasan yaitu tidak lebih dari 30 hari setelah pengepakan. Kualitas telur dapat terjaga jika disimpan dalam lemari pendingin, karena pertumbuhan bakteri akan dicegah.

  • Rendam dengan air

Ini adalah metode yang dapat dilakukan dalam mengecek kualitas telur tanpa harus memecahkannya. Jika, telur tenggelam artinya masih segar, namun jika posisinya miring ke atas atau mengampung maka tandanya umur telur tersebut sudah tua dan kualitasnya telah menurun. Hal ini dikarenakan seiring dengan bertambahnya usia telur, maka kantong udara kecil didalamnya tumbuh lebih besar saat air dilepas dan digantikan oleh udara. Jadi, saat kantong udara menjadi cukup besar, maka telur akan mengapung.

  • Lihat dengan teliti

Kita bisa memeriksa kondisinya dengan indra pengelihatan. Saat telur masih didalam cangkang, maka periksalah apakah cangkang tersebut retak, berlendir, atau berbubuk. Lendir dan juga keretakan dapat mengindikasikan bakteri, dan bubuk dapat mengindikasikan jamur. Selain itu, kita juga bisa mengamatinya dengan memecahkannya. Jika telihat encer dan warnanya berubah, seperti muncul warna agak pink, biru, hijau ataupun hitam, artinya itu sudah tidak segar.

  • Kocok

Coba mengocok telur masih dalam kondisu utuh, dan dekatkan ditelinga. Kalau ada suara tertentu, artinya kuning telur sudah encer dan tua. Dan sebaliknya.

  • Mencium aroma telur

Telur yang tidak layak konsumsi (busuk) tentunya akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Kita dapat memecahkan telur ke dalam mangkuk sebelum mengolahnya untuk mengecek apakah telur tersebut masih baik dan layak dikonsumsi.

Apakah Telur Busuk Mengambang?

Apakah telur busuk mengambang?

Setelah paham beberapa tips tentang cara mengetahui telur busuk atau tidak pada pembahasan diatas, maka kita telah mengetahui beberapa cara untuk membedakan telur yang baik dan yang busuk (tidak layak dikonsumsi). Lantas, apakah telur busuk mengambang? Telah dibahas sebelumnya, bahwa kita dapat mengetahui telur yang busuk dari merendamnya dengan air.

Telur yang masih segar akan tenggelam ke dasar air dengan posisi mendatar. Telur yang sudah berumur lumayan lama (sekitar 1-2 minggu) akan mengambang dengan posisi vertikal, ini masih aman dikonsumsi. Sedangkan telur busuk akan mengambang diatas air. Tentunya telur ini sudah tidak layak dikonsumsi.

Bagaimana Ciri ciri Telur yang Tidak Layak Makan?

Bagaimana ciri ciri telur yang tidak layak makan?

Ada beberapa ciri-ciri yang dapat kita simpulkan berdasarkan cara mengetahui telur busuk atau tidak. Bagaimana ciri ciri telur yang tidak layak makan? Inilah ciri-cirinya.

  • Mengapung saat direndam dalam air
  • Kantung udara telur sudah gelap
  • Ada yang bergerak saat dikocok
  • Retak atau ada endapan tepung
  • Kuning telur melebar

Itulah beberapa pembahasan dan tips tentang cara mengetahui telur busuk atau tidak hingga ciri-cirinya. Semoga artikel ini menambah wawasan kita. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.