Jelaskan Kaitan Antara Korupsi Dan Bubarnya Voc!

Jelaskan Kaitan Antara Korupsi Dan Bubarnya Voc

Jika disuruh Jelaskan Kaitan Antara Korupsi Dan Bubarnya Voc maka alurnya cukup Panjang, maka dari itu mari kita telusuri lebih lanjut apa yang itu VOC , saya yakin anda mengenal VOC dalam buku-buku sejarah, namun mari kita kupas tuntas seluk beluk dari VOC itu sendiri.

Perusahaan yang berada di Hindia Timur Belanda atau sebutan Indonesia zaman duhulu, secara resmi menetapkan namnya menjadi VOC, Persatuan Perusahaan Hindia Timur didirikan 20 Maret Tahun 1602. VOC adalah persekutuan dagang asal Belanda yang memiliki monopoli untuk aktivitas perdagangan di Asia.

Apa itu VOC?

Apa itu VOC?

VOC adalah singkatan dari Vereenigde Oost-Indische Compagnie atau perusahan negara Belanda Hindia Timur. VOC awalnya dibentuk oleh pemerintah pada awal abad ke-17. Perusahan dagang ini terbentuk untuk melindungi kompleksitas perdagangan Belanda hingga membantu urusan perang dalam melawan spanyol pada saat itu Perusahaan Kongsi Dagang atau Perusahaan Hindia Timur Belanda ini juga merupakan persekutuan dagang asal Belanda yang akhirnya memonopoli kegiatan serta aktivitas perdagangan di Asia.

Sejarah terbentuk dan didirikannya VOC ini awalnya dimulai dari masa penjajahan Belanda yang terjadi di Indonesia kemudian terbagi dalam dua periode yang mana periode pertama tahun 1602 – 1799. Periode kedua pada tahun 1800 – 1942. Pada awalnya, Belanda datang ke Indonesia untuk berniaga. Akan tetapi pada 1602 Belanda mulai mendirikan VOC dengan tujuan mereka untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya. Mulainya dari kota Batavia hingga akhirnya mereka melebarkan sayapnya ke penjuru hindia timur. Pemerintah Belanda juga memberikan hak-hak istimewa. Adapun hak istimewa ini berupa hak monopoli, perdagangan, hak mencetak uang, serta hak untuk membuat perjanjian dengan pihak-pihak lain. Sehingga VOC ini sendiri akhirnya terkesan memonopoli seluruh aktifitas bangsa indonesia.

Seiring berjalannya waktu, keuntungan yang mereka peroleh menjadi semakin kecil, kemudian banyak hal-hal kotor terjadi kemudian uang kasnya juga semakin mengecil sementara perbelanjaan VOC sendiri semakin banyak. Hal ini yang juga kemudian membuat keadaan VOC semakin menurun berangsur dengan peristiwa-peristiwa lainnya yang mana akhirnya VOC harus membubarkan diri pada tanggal 31 Desember 1799. Saya akan Jelaskan Kaitan Antara Korupsi Dan Bubarnya Voc setelah beberapa tujuan dibentuknya VOC.

Apa Alasan dibentuknya VOC

Apa Alasan dibentuknya VOC

Apa alasan dibentuknya VOC yaitu salah satunya adalah untuk mengatasi persaingan antara pedagang Belanda dengan Portugis dan beberapa lainnya sebagai berikut.

  1. Mengatasi Persaingan dengan Pedagang Negara Eropa Lain

Tujuan terbentuknya VOC adalah untuk mengatasi persaingan dengan pedagang dari negara Eropa lain, terutama para pedagang Inggris, Spanyol, dan Portugal. Dengan begitu, VOC dan pedagang-pedagang Belanda jadi lebih mendominasi pasar dagang.

  1. Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah

Terbentuknya VOC juga untuk menguasai dan memonopoli perdagangan rempah-rempah. Indonesia kaya akan rempah-rempah. Belanda ber-inisiatif untuk memonopoli alur perdagangan rempah-rempah untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Rempah-rempah pada saat itu juga cukup berharga nilainya di mata dunia.

  1. Menguasai Kerajaan-kerajaan di Indonesia

VOC juga ingin menguasai kerajaan-kerajaan di nusantara. Hal ini juga pastinya agar VOC mendapatkan kedudukan tinggi melebihi kerajaan-kerajaan di nusantara dan untuk mengambil alih tentara sehingga menjadi bantuan dalam perang Belanda.

  1. Membantu Dana ke Pemerintah Belanda

Tujuan terbentuknya VOC yang berikutnya adalah untuk membantu dana bagi pemerintah Belanda, yang sedang berjuang melawan Spanyol pada saat itu yang unggul. Adanya VOC pun penting sebagai penyumbang dana agar Belanda mampu menyelesaikan konflik dengan Spanyol.

  1. Menguasai Pelabuhan-Pelabuhan di Indonesia

Tujuan terbentuknya VOC yang terakhir adalah menguasai pelabuhan-pelabuhan strategis yang ada di Indonesia. Seperti yang kita tahu Pelabuhan merupakan asset penting dan berharga pada zamannya karena menjadi lintas perdagangan.

Jelaskan Kaitan Antara Korupsi Dan Bubarnya VOC

Jelaskan Kaitan Antara Korupsi Dan Bubarnya Voc

Jelaskan kaitan antara korupsi dan bubarnya VOC pada tahun 1799. Adapun kedudukan VOC ini sendiri tidak bertahan selamanya sebab karena oleh beberapa faktor yaitu yang pertama  keberadaan organisasi ini jauh dari pemerintah atau perintah dari atasan di negaranya. Maka organisasi ini kurang pengawasan dari raja belanda sehingga terjadi banyak hal-hal yang tidak sesuai seperti penyalahgunaan hak, korupsi yang melanda dan sebagainya. Kemudian juga VOC ini sendiri terkesan boros dan tidak mahir dalam mengatur alur kelaur dan masuk nya uang kas. Mereka terlalu gegabah untuk mengeluarkan uangnya besar-besaran dalam melawan spanyol dan kurangnya perhitungan.

Kemudian pada saat itu juga Belanda tidak bisa melawan Spanyol, negara spanyol emiliki kekuatan lebih dalam memonopoli sehingga VOC pun mau tidak mau terpukul mundur oleh keadaan dan penyebab utama nya karena banyaknya pegawai VOC yang melakukan korupsi. Penyebab pegawai VOC korupsi ialah karna kurangnya pengawasan. Mereka pun pada saat itu merasa kekurangan dalam hal materil sehingga akhirnya menyalahgunakan kas organisasi. Adapun Penyebab pegawai VOC korupsi lainnya karena mereka pada saat itu terpecah.

VOC ini juga mengalami konflik internal saking luasnya jangakaun VOC. Para pegawai nya pun tersebar luas di mana-mana dan tidak dapat terkendali. Jadi Jelaskan kaitan antara korupsi dan bubarnya VOC pada tahun 1799 sudah terjawab yah. Semoga penjelasan dari Jelaskan Kaitan Antara Korupsi Dan Bubarnya Voc ini dapat bermanfaat oleh anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.