Jelaskan Cara Menjaga Kelestarian Hutan Beserta Fungsinya!

Jelaskan Cara Menjaga Kelestarian Hutan

Hutan adalah area yang ditumbuhi pepohonan dan tempat habitat tempat tinggal hewan, sekaligus menjadi tempat sumber daya alam untuk kebutuhan manusia. Hutan menghasilkan banyak SDA, seperti penghasil kayu, bahan makanan, dapat digunakan untuk area tempat tinggal, dan sebagainya. Pembahasan jelaskan cara menjaga kelestarian hutan dengan berbagai cara yang diupayakan pemerintah dan masyarakat agar hutan tetap murni keasliannya.

Di Dalam hutan terdapat beberapa komponen, baik dari biotik atau abiotik seperti tanaman, hewan, organisme, iklim, suhu, air, udara, tanah sebagai penyongkong kehidupan hutan itu sendiri.

Jelaskan cara menjaga kelestarian hutan dapat melalui sikap, jangan menebang pohon sembarangan dan jangan membuang sampah sembarangan. Jika kita tidak memperdulikan larangan tersebut, maka, hutan di masa depan akan habis karena ulah manusia.

Di Indonesia, memiliki jenis hutan seperti hutan hujan tropis, hutan bakau, hutan sabana, hutan musim, hutan homogen, dan pastinya masih banyak lagi. Disini saya akan menjelaskan mengenai artikel, pembahasan : jelaskan cara menjaga kelestarian hutan, beserta fungsi hutan dan cara melestarikannya. Simak ulasan di bawah ini.

Kelestarian Hutan Adalah

Kelestarian Hutan Adalah

Kelestarian hutan adalah cara untuk melestarikan pepohonan serta di dalamnya termasuk hewan, organisme dan lainnya, agar tetap terjaga keasliannya dan terlindungi dari ancaman kepunahan.

Kepunahan hutan yang dimaksud dapat berasal dari tingkah para penebang liar atau terjadi karena peristiwa alam yakni kebakaran hutan. Oleh karena itu, setiap tahunnya pemerintah mengadakan penghijauan kembali (Reboisasi), guna untuk tetap menjaga keutuhan hutan yang ada di Indonesia.

Indonesia masuk ke dalam jajaran pemilik hutan terluas, daripada negara lainnya. Kemungkinan total hutan Indonesia mencapai 4,5 hektar. Jelaskan cara menjaga kelestarian hutan yakni dengan menanam pohon kembali, diadakan penebangan secara terpilih, penghijauan, dan mencegah penebangan sembarang yang bertujuan untuk lahan penambangan.

Fungsi Hutan

Fungsi Hutan

Setelah membahas kelestarian hutan, selanjutnya pembahasan tentang fungsi hutan, apa saja ya? Fungsi hutan sendiri dapat memenuhi kebutuhan manusia, mengapa kita menggunakan fungsi tersebut dan sekaligus ingin menghancurkannya? Itu tidak masuk akal, benar bukan.

Kita sebagai makhluk hidup harus tetap melestarikannya. Berikut fungsi hutan untuk ekosistem kehidupan :

  • Dapat mencegah terjadinya longsor dan banjir

Akar pepohonan akan menyerap hujan yang turun ke bumi, dengan hal tersebut akan mengurangi resiko banjir. Sebaliknya, jika hutan gundul akan memicu tanah longsor. Oleh karena itu, kita harus tetap melakukan program reboisasi.

  • Sebagai pelindung flora dan fauna

Tumbuhan dan hewan memiliki peran penting dalam kehidupan kita. Maka dari itu, selain menjaga hutannya, kita harus menjaga kelestarian di dalamnya juga.

  • Sebagai sumber oksigen untuk seluruh makhluk hidup

Mengapa sebagai sumber oksigen? Karena tumbuhan dapat menghasilkan oksigen, sekaligus menyerap karbondioksida.

  • Dapat menjaga keseimbangan air di dalam tanah
  • Dapat mengatur persediaan air
  • Sebagai pemegang penting untuk semua kehidupan makhluk hidup
  • Menjadi sumber keanekaragaman hayati

Cara Melestarikan Alam

Cara Melestarikan Alam

Sikap dan cara melestarikan alam hayati beserta sekitarnya dapat berdampak positif untuk kehidupan kita sehari-hari, agar tidak terjadi hal yang buruk. Berikut cara melestarikan lingkungan alam :

  • Dilarang membuang sampah sembarangan, terutama area sungai

Jika kita tetap membuang sampah sembarangan, akan menyebabkan pencemaran lingkungan dan banjir.

  • Melakukan kegiatan penghijauan (Reboisasi)

Hutan sebagai penyangga kehidupan makhluk hidup, mulai dari fungsi akar sampai dedaunan.

  • Menghemat penggunaan energi dan air
  • Mengurangi penggunaan kertas
  • Berupaya untuk tidak menggunakan bahan kimia

Nah , itulah artikel mengenai jelaskan cara menjaga kelestarian hutan yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.