Jelaskan Cara Menjaga Kelestarian Hutan, Yuk Simak!

Jelaskan Cara Menjaga Kelestarian Hutan

Hutan menjadi salah satu paru-paru dunia untuk ekosistem kehidupan. Manusia menjadikan tempat yang luas tersebut, sebagai pemenuhan untuk kebutuhan sehari-hari. Kebanyakan orang hanya mengetahui tempat yang ditanami banyak pohon besar-besar, dinamakan hutan. Padahal tempat luas tersebut memiliki fungsi dan kegunaan berbeda-beda. Untuk pembahasan tentang jelaskan cara menjaga kelestarian hutan, akan saya rangkum satu persatu agar anda dapat memahami maksud dari artikel di bawah ini.

Pelestarian alam merupakan kegiatan penting untuk dilakukan, agar tidak terjadi peristiwa kepunahan sumber daya alam. Di Indonesia sendiri, memiliki bermacam-macam jenis hutan, seperti hutan konservasi, lindung, dan macam jenis lainnya.

Jelaskan cara menjaga kelestarian hutan telah diatur oleh pemerintah di dalam peraturan undang-undang kehutanan. Tempat luas tersebut memiliki bahasa latin, yakni sylva, sylvi dan sylvo. Untuk pengertian umum, hutan adalah tempat yang luas ditumbuhi oleh pepohonan yang lebat dan sebagai habitat makhluk hidup di dalamnya, seperti hewan dan tumbuhan.

Di dalamnya terdapat sumber mineral untuk mencukupi kebutuhan semua makhluk hidup yang masih murni akan keasliannya. Di tempat tersebut banyak ditumbuhi pohon yang memiliki unsur biotik dan non biotik yang saling bergantungan satu sama lain. Intinya saling mutualisme.

Tidak hanya di Indonesia saja, tempat luas tersebut dapat ditemukan di semua wilayah negara. Tergantung dengan jenis hutan yang berbeda-beda, sesuai kondisi alam. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang jelaskan cara menjaga kelestarian hutan beserta hal penting yang terdapat di dalamnya. Simak ulasan di bawah ini.

Kelestarian Hutan AdalahKelestarian Hutan Adalah

Kelestarian hutan adalah upaya untuk menjaga keaslian di dalam tempat luas tersebut, dari segala tingkah laku manusia yang dapat memusnahkan seisinya untuk kepentingan pribadi, seperti renovasi pertambangan, agar habitat asli tidak terancam punah.

Untuk melestarikannya, cukup dengan melakukan penghijauan setiap tahun dan mengurangi penggunaan kertas setiap harinya. Pengertian tentang hutan bermacam-macam, salah satunya dari ahli kehutanan, yakni suatu komunitas biologi yang terdiri dari berbagai jenis pohon dan merupakan tanaman yang keras.

Hutan memiliki beberapa manfaat, antara lain :

  • Hutan menghasilkan oksigen untuk makhluk hidup.

Selain menghasilkan oksigen, dapat juga menyerap karbondioksida. Jadi, kita aman untuk bernapas setiap hari, karena adanya pepohonan. Untuk pohon dewasa, dapat menghasilkan oksigen untuk dua sampai 10 orang per hari.

  • Dapat menjaga bumi dari pemanasan global.

Artinya, pepohonan dapat menjaga udara di bumi agar tetap segar dan bersih. Jika kita terlalu banyak menghirup CO2, akan menjadi racun ditubuh kita. Sebaliknya, pepohonan menyerap CO2 untuk membantu proses fotosintesis.

  • Hutan dapat membuat hujan sendiri.

Tempat luas tersebut dapat membuat curah hujan dengan menciptakan iklim sendiri. Misalnya, hutan Amazon memiliki kondisi atmosfer untuk menurunkan hujan di daerah Amerika Utara.

  • Digunakan sebagai penahan angin.

Selain menjadi habitat makhluk hidup, hutan dapat memblokir angin, terutama angin kencang. Tujuan tersebut untuk melindungi tanaman yang mudah terkena angin, sebagai penyangga tanaman lainnya.

  • Melindungi dari bahaya banjir.

Bagian pohon yang dapat menahan banjir, yakni akar pohon. Terutama dataran rendah harus memiliki pohon disekitarnya, untuk menyerap air hujan yang deras. Pohon juga dapat melindungi dari kerusakan tanah dan memperlambat air yang turun ke area penduduk.

  • Menjaga kualitas tanah agar tidak rusak.

Tanah sendiri dapat rusak, akibat dari polutan limbah pabrik. Dengan cara, akar pohon akan menyerap racun atau polutan tersebut dan di proses di dalam batang, kemudian akan dikeluarkan lagi, tapi dalam kondisi sudah tidak berbahaya.

  • Sebagai sumber pengobatan untuk makhluk hidup.

Adanya pepohonan yang lebat, pastinya di dalam hutan terdapat tanaman untuk dijadikan pengobatan alami, seperti tanaman kakao dapat mengobati luka pada kulit. Selain pengobatan, pepohonan dapat dijadikan sebagai penghilang stress berlebihan.

Fungsi Hutan

Fungsi Hutan

Sebelum memasuki pembahasan mengenai fungsi hutan. Terlebih dahulu untuk mengetahui prinsip kelestarian hutan. Prinsip dari pelestarian dan pengelolaan hutan terdiri dari 3 fungsi, antara lain :

  1. Fungsi produksi
  2. Fungsi ekologi
  3. Fungsi sosial

Yang pertama, yakni fungsi produksi. Dari fungsi ini dapat dipresentasikan dari kemampuan hasil kelola hutan, yang dapat mempertahankan sistem ekonomi masyarakat.

Yang kedua, fungsi ekologi. Fungsi yang digunakan untuk mengukur kualitas sistem konservasi hutan sebagai pelindung dan penyangga kehidupan.

Yang ketiga, fungsi sosial. Fungsi sosial adalah interaksi pengelolaan hutan dalam perbaikan kondisi sosial, ekonomi dan budaya masyarakat, terutama di daerah sekitar area perhutanan.

Itulah prinsip dari pelestarian dan pengelolaan alam yang dapat kita pelajari. Selanjutnya, pembahasan mengenai fungsi hutan, antara lain :

  • Dapat menciptakan lapangan kerja.

Untuk fungsi ini, tempat luas tersebut menjadi mata pencaharian semua orang. Dengan mempekerjakan sebagai anggota konservasi hutan, dapat membantu finansial masyarakat. Selain itu, dapat menghasilkan kayu untuk kebutuhan industri maupun rumahan.

  • Dapat memenuhi kebutuhan manusia untuk kehidupan sehari-hari.

Kebutuhan manusia yang dimaksud yakni pepohonan dapat dijadikan sebagai bahan dasar kertas, bahan dasar pembuatan rumah, alat rumah tangga (mebel), hingga pakaian.

  • Dapat mencegah terjadinya tanah longsor dan erosi tanah.

Bagian pohon yang dapat melakukan pencegahan tanah longsor, yakni akar. Akar pohon akan mencengkram kuat, ketika tanah akan mengalami suatu erosi akibat dari derasnya air hujan. Akarnya juga berfungsi sebagai pengikat butiran mineral di dalam tanah.

  • Sebagai penyimpan air di dalam tanah.

Fungsi ini ditujukan untuk daerah yang sering kali turun hujan deras, kemudian air akan terserap ke dalam tanah sebagai fungsi perairan atau irigasi, sanitasi dan kepentingan umum lainnya. Selain itu, dapat digunakan sebagai penyejuk suasana.

Nah, penjelasan diatas merupakan beberapa fungsi dari hutan untuk kehidupan makhluk hidup. Untuk itu, kita sebagai manusia harus berupaya untuk melestarikannya, agar tidak terjadi penggundulan hutan.

Cara Melestarikan Alam

Cara Melestarikan Alam

Pembahasan tentang jelaskan cara menjaga kelestarian hutan ini, dapat dipelajari sebagai bekal ilmu untuk melestarikan tempat luas dan pusat habitat tersebut, agar tidak mengalami penggundulan dan kepunahan sumber daya alam.

Bagaimanapun kita sebagai makhluk hidup, akan terus membutuhkan hasil hutan untuk kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, berikut cara melestarikan alam untuk semua makhluk hidup, antara lain :

  • Melakukan kegiatan seminar tentang pelestarian kehutanan.

Dengan adanya kegiatan seminar, diharapkan masyarakat akan sadar diri betapa pentingnya ekosistem kehidupan yang satu itu.

  • Mencegah akan terjadinya kebakaran hutan, baik secara alami maupun tingkah manusia.

Adanya kebakaran hutan akan membawa dampak yang buruk untuk seluruh makhluk hidup, seperti hewan akan kehilangan habitatnya dan terpaksa pindah ke area penduduk.

  • Mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan.

Dengan adanya pengurangan penggunaan kertas, hutan akan menjadi tetap terjaga kelestariannya.

  • Melakukan kegiatan reboisasi atau penghijauan.

Reboisasi menjadi langkah terbaik untuk mencegah terjadinya penggundulan hutan. Dengan adanya reboisasi, paru-paru dunia tersebut akan menghijau kembali dan menjadi penyangga kehidupan.

Sekian artikel mengenai jelaskan cara menjaga kelestarian hutan yang dapat saya sampaikan. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.