Jelaskan Hubungan Struktural dan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah!

Jelaskan Hubungan Struktural dan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah

Bagaimana hubungan struktural antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah? Sebelum saya Jelaskan Hubungan Struktural dan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah pastikan anda sudah mengenal bagaimana perbedaan antara pemerintah pusat dan daerah dan sudah memahami apa perbedaan antara hubungan structural dan hubungan fungsional itu sendiri. Jika anda disuruh Jelaskan Hubungan Struktural dan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah perhatikan apa itu hubungan structural dan fungsional.

Hubungan Struktural Adalah

Hubungan Struktural Adalah 

hubungan berdasarkan tingkatan di dalam suatu pemerintahan, dimana Pemerintah pusat menjadi penyelenggara segala urusan pemerintahan di tingkat nasional, sementara pemerintah daerah sebagai penyelenggara segala urusan pemerintahan di daerah. Sedangkan Hubungan Fungsional adalah hubungan yang didasarkan pada fungsi masing-masing pemerintahan yang saling mempengaruhi serta saling bergantung satu sama lain. Maka dari itu dalam hal ini Hubungan struktural adalah  dimana Pemerintah pusat merupakan penyelenggara urusan pemerintahan di tingkat nasional dan pemerintah daerah merupakan penyelenggara urusan pemerintah di daerah masing- masing bersama DPRD menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dalam system dan prinsip NKRI.

Jelaskan Hubungan Struktural dan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah?

Jadi pada hakikatnya hubungan structural dan fungsional pemerintah pusat dan daerah mengacu pada saat proses otonomi daerah. Otonomi daerah adalah suatu wujud dari adanya kedaulatan rakyat serta pemerintahan yang berpola Indonesia-sentris. Pemerintahan serta segala bentuk kedaulatan tidak selalu harus dipegang atau dilaksanakan oleh pemerintah pusat. Maka dari itu dengan menerapkan otonomi daerah ini pemerintah daerah diberikan kewenangan untuk mengelola sendiri daerahnya, yang mana didalamnya termasuk dari segi ekonomi, namun tetap dalam kendali dan pengawasan dari pemerintahan pusat itu sendiri.

Bagaimana hubungan struktural antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah?

Bagaimana hubungan struktural antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah?

Dalam otonomi daerah terdapat hubungan di antara keduanya. Contoh hubungan struktural pemerintah pusat dan daerah. Berikut penjelasan dari kedua hubungan tersebut.

  • Yang pertama adalah Hubungan struktural pemerintah pusat dan daerah

Dimana disini memiliki 2 cara yang dapat menjelaskan hubungan struktural antara pemerintah pusat dan daerah yaitu proses sentralisasi dan desentralisasi.

  1. sentralisasi = segala urusan, wewenang, tugas, dan fungsi penyelenggaran pemerintahan terletak pada pemerintah pusat yang dilakukan secara dekonsentrasi atau pelimpahan kewenangan pemerintah pusat kepada badan-badan lainnya lagi.
  2. desentralisasi = segala urusan, wewenang serta tugas pemerintahan pusat diberikan kepada pemerintah daerah. Disini pelimpahan wewenang dilakukan dengan memilih dan menyerahkan urusan kepada daerah otonom itu sendiri.

 

  • Hubungan fungsional pemerintah pusat dan daerah

Pada dasarnya, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah mempunyai kewenangan yang saling berhubungan satu sama lain. Hubungan tersebut terletak pada tujuan atau visi misi mereka. Baik pemerintah daerah dan pusat bertujuan memberi serta melindungi ruang kebebasan pada daerah dalam mengelola rumah tangganya secara otonom berdasarkan kemampuan dan kondisi daerah. Sedangkan tujuannya sendiri untuk melayani seluruh masyarakat secara merata dan adil dalam seluruh aspek kehidupan

Contoh hubungan struktural pemerintah pusat dan daerah

Simpulan dari  beberapa Contoh hubungan struktural pemerintah pusat dan daerah yaitu Dalam menerapkan otonomi daerah, pemerintah pusat dan daerah terikat pada hubungan struktural dan fungsional yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Apabila anda disuruh Jelaskan Hubungan Struktural dan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah anda harus bisa menjelaskan nya dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, mohon maaf jika masih terdapat kekurangan, terimakasih dan sampai jumpa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.