Jelaskan Pengertian Gagasan Utama dan Contohnya!

Jelaskan Pengertian Gagasan Utama

Gagasan utama biasanya disebut juga dengan ide pokok. Ide pokok inilah yang menjadi dasar untuk mengembangkan suatu paragraf. Gagasan utama biasanya berupa sebuah kalimat dalam paragraf yang terletak pada kalimat utama, yaitu terkadang di awal paragraf (deduktif), di akhir paragraph (induktif), dan juga campuran. Lantas, apa pengertian dari gagasan utama yang lebih detail? Akan di jelaskan pengertian gagasan utama pada ulasan berikut.

Apa Pengertian dari Gagasan Utama?

Apa Pengertian dari Gagasan Utama?

Dalam suatu teks pasti terdiri atas beberapa paragraf, dan tentunya paragraf tersebut dibangun berdasarkan gagasan utama, biasa disebut juga dengan ide pokok. Lalu, apa pengertian dari gagasan utama? Berikut ini akan di jelaskan pengertian gagasan utama dibawah ini.

Gagasan utama atau ide pokok adalah gagasan yang menjadi sebuah dasar untuk mengembangkan sebuah paragraf. Gagasan pokok ini mengambarkan keseluruhan dari suatu paragraf dan sangat penting adanya. Fungsinya yaitu digunakan agar kita bisa memahami pokok pikiran  yang disampaikan oleh penulis.

Beberapa fungsi gagasan utama yang perlu diketahui, yaitu :

  • Menentukan pokok permasalah pada sebuah bacaan
  • Mengetahui tentang informasi yang disampaikan oleh penulis
  • Memudahkan pembaca dalam memahami maksud dari suatu bacaan yang ada pada setiap paragraph
  • Kesimpulan dari semua kalimat yang dibentuk dalam paragraf
  • Sebagai Batasan penulis dalam mengembangkan paragraf

Apa Ciri Ciri dari Gagasan Utama?

Apa Ciri Ciri dari Gagasan Utama?

Setelah kita mengetahui tentang pengertian dari gagasan utama, maka kita juga perlu mengetahui tentang ciri-ciri dari gagasan utama ini. Lalu, apa ciri ciri dari gagasan utama? Berikut ini beberapa ciri-ciri dari gagasan utama atau ide pokok.

  • Terdiri dari satu kalimat utuh yang berdiri sendiri
  • Dibentuk tanpa ada kata transisi atau kata sambung
  • Tersusun atas topik permasalahan utama yang diperjelas lebih lanjut
  • Memiliki kalimat yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lain
  • Gagasan utama atau ide pokok ini jika berada di akhir paragraf, biasanya ditandai dengan kata “oleh karena itu”, “kesimpulannya”,”oleh sebab itu”, dan “dengan demikian”.

Di mana Letak Gagasan Utama?

Di mana Letak Gagasan Utama?

Selain yang telah di jelaskan pengertian gagasan utama dan juga ciri-cirinya pada ulasan diatas, maka selanjutnya kita juga perlu mengetahui letak dari gagasan utama. Lalu, di mana letak gagasan utama?

Letak gagasan utama pada suatu paragraf biasanya berada pada awal atau pada akhir paragraf. Gagasan utama yang letaknya diawal paragraf disebut dengan paragraf deduktif, sedangkan yang letaknya di akhir paragraph disebut dengan paragraph induktif. Namun terkadang, gagasan utama juga terletak di awal dan akhir loh. Nama dari gagasan utama yang terletak diawal dan akhir disebut dengan paragraf campuran.

  1. Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif ini merupakan paragraf yang gagasan utama atau ide pokoknya terletak di awal paragraf dan diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas untuk mendukung gagasan utama. Gagasan utama itu berupa pernyataan umum yang dikemas dalam kalimat topik. Kalimat topik itu yang kemudian diikuti oleh kalimat-kalimat pengembang untuk memperjelas informasi yang ada.

  1. Paragraf Induktif

Paragraf induktif merupakan paragraf yang gagasan utamanya berada dibagian akhir. Ciri-ciri dari paragraf induktif, yaitu :

  • Diawali dengan penyebutan peristiwa-peristiwa khusus yang berfungsi sebagai penjelas dan merupakan pendukung gagasan utama.
  • Lalu menarik simpulan sesui dengan peristiwa-peristiwa khusus itu.
  1. Paragraf Campuran

Paragraf campuran adalah paragraf yang gagasan utamanya terdapat di awal dan akhir. Walaupun terdapat dua kali pemunculan kalimat topik, bukan berarti gagasan utamanya ada dua. Namun hal itu hanya sebagai merupakan bentuk pengulangan gagasan utama sekaligus untuk memperjelas informasi yang ingin disampaikan. Paragraf dengan pola seperti ini diawali dengan pernyataan yang bersifat umum. Kemudian, dilanjutkan dengan pernyataan yang sifatnya khusus sebagai penjelas, dan diakhiri dengan pernyataan umum sebagai pengulangan gagasan utama. Biasanya, gagasan utama pada akhir paragraf tersebut disampaikan dengan kalimat topik yang sedikit berbeda dengan kalimat topik pertama.

Itulah beberapa ulasan mengenai gagasan utama, telah di jelaskan pengertian gagasan utama, beserta ciri-ciri dan letak dari gagasan utama. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.