Jelaskan Pengertian Gagasan Utama! Ini Jelasnya!

Jelaskan Pengertian Gagasan Utama

Tentu saja kita sering mendengar istilah yang satu ini, terutama dalam bidang penulisan. Pada artikel ini, akan di jelaskan pengertian gagasan utama secara detail.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), gagasan utama artinya sebagai rancangan yang tersusun di dalam pikiran, atau perasaan yang benar-benar menyelimuti pikiran. Sedangkan menurut Wikipedia, adalah suatu hasil dari sebuah pemikiran. 

Jadi, gagasan utama atau biasanya adalah gagasan pokok ini merupakan pokok atau inti dari sebuah pembahasan yang biasanya berupa kalimat dalam sebuah paragraf. Selain itu, ini juga dapat kita katakan sebagai dasar kalimat dari sebuah penjelas atau pengembang dalam sebuah paragraf. 

Apa Pengertian dari Gagasan Utama?

Apa Pengertian dari Gagasan Utama?

Telah Mimin jelaskan pengertian gagasan utama pada pembahasan di atas. Namun, kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang ini. Lantas, apa pengertian dari gagasan utama? 

Selain berarti sebagai pengembang paragraf, gagasan pokok pada sebuah paragraf mengandung informasi tentang keinginan penulis terhadap topik pembahasan yang sudah ada.

Gagasan pokok ini berperan penting dalam sebuah paragraf, hal itu karena setiap kalimat dalam paragraf harus berhubungan dan mengacu terhadap gagasan pokoknya, baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Adapun fungsi gagasan pokok secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan sebuah pokok permasalahan yang terdapat dalam sebuah bacaan. Biasanya pokok permasalahan ini tergambarkan secara abstrak pada kalimat utama.
  2. Mengetahui informasi yang ingin penulis sampaikan
  3. Memudahkan pembaca dalam memahami dan mengerti maksud dari setiap paragraf
  4. Semua kalimat terbentuk menjadi kesimpulan yang berbentuk paragraf
  5. Sebagai bentuk satuan pikiran perasaan sehingga dapat membentuk serangkaian kalimat yang tersusun secara logis
  6. Penulis akan lebih mudah mengendalikan variabel, hal itu karean sudah terlebih dahulu menentukan gagasan pokoknya yang nanti akan kita gunakan sebagai kalimat pengembangan yang menjelaskan dan juga menerangkan gagasan utama. 

Cara Menemukan Gagasan Pokok

Jelaskan Pengertian Gagasan Utama

Berikut ini merupakan cara yang harus kita lakukan dalam menemukan gagasan pokok dalam sebuah paragraf yang perlu kita ketahui agar kita semakin terlatih dalam menemukan gagasan pokok ini. 

  1. Membaca judul paragraf dengan cermat dan teliti
  2. Mengetahui jenis paragraf tersebut
  3. Membedakan kalimat utama dengan kalimat penjelas
  4. Menemukan kalimat utama yang berisi gagasan pokok
  5. Kalimat utama tersebut bisa berada di awal ataupun juga di akhir paragraf
  6. Kalimat utama memiliki  ciri-ciri yaitu berbentuk pernyataan umum dan terperinci oleh kalimat yang lain
  7. Dalam kalimat utama tidak memiliki kata acuan, misalnya seperti tersebut itu, atau -nya
  8. Biasanya dalam kalimat utama terkandung kata kunci, Contohnya yang terpenting, merupakan, adalah, sebagai, dengan, pada prinsipnya, dengan demikian, jadi, intinya, dan sebagainya
  9. Dan kata kunci yang terdapat pada kalimat penjelas, contohnya akibatnya, misalnya, sebagai contoh, selain itu, hal itu, artinya, dan lainnya. 

Apa Ciri Ciri dari Gagasan Utama?

Apa Ciri Ciri dari Gagasan Utama?

Kita telah mengetahui tentang pengertian gagasan pokok yang telah di jelaskan pengertian gagasan utama pada pembahasan di atas. Selain itu, kita juga perlu mengetahui tentang ciri-ciri dari gagasan pokok ini. Lantas, apa ciri ciri dari gagasan utama? Inilah ciri-cirinya yang perlu kita ketahui.

  1. Sifatnya lebih umum. Ini berarti dalam teks bacaan, sebuah gagasan pokok kita lihat dari kalimat yang menggambarkan keseluruhan teks dan juga informasi yang sangat luas.
  2. Kalimatnya hanya fokus pada pokok paragraf dan juga isinya
  3. Terdapat topik permasalahan
  4. Bisa kita jabarkan dengan lebih detail. Kalimat yang menjelaskan sebuah gagasan pokok adalah sebagai gagasan pendukung.
  5. Biasanya terletak di awal paragraf dan kita kenal dengan sebutan paragraf deduktif. Namun, jika terletak di akhir, maka namanya adalah induktif. Ternyata ada juga yang terletak diawal dan di akhir, namanya paragraf campuran. Kenapa paragraf campuran gagasan pokoknya ada di awal dan di akhir? Ternyata kalimat terakhirnya berisi pengulangan kalimat pertama, dan pengulangan ini fungsinya untuk mempertegas ide pokok karena penulis merasa hal tersebut penting. 
  6. Berdiri sendiri, artinya yaitu jika dalam suatu paragraf terdapat satu kalimat utama, maka kalimat tersebut bisa menjadi kalimat tunggal dan dapat kita mengerti, walaupun kalimat yang lainnya tidak ada. Itu karena, gagasan pokok memiliki makna yang kuat dan juga termasuk kalimat lengkap dan tidak saling terkait. Berbeda halnya dengan gagasan pendukung, ini membutuhkan kalimat lainnya dan saling berhubungan.
  7. Biasanya tertandai dengan kata “dengan demikian”, “oleh karena itu”, “sebab itu”, “kesimpulannya”, “inilah yang penting”, “ingat hal ini”, “yang saya maksudkan adalah”.

Di Mana Letak Gagasan Utama?

Di Mana Letak Gagasan Utama?

Setelah kita mengeti tentang gagasan utama mulai dari pengertiannya, fungsinya, cara menemukannya, dan juga ciri-cirinya yang telah di jelaskan pengertian gagasan utama pada pembahasan di atas, kita juga harus melengkapi pengetahuan kita dengan memahami letak sebuah gagasan utama. Lantas, di mana letak gagasan utama? 

Letak sebuah gagasan pokok ternyata terkategorikan menjadi beberapa jenis paragraf. Berikut ini jenis-jenis paragraf berdasarkan letak gagasan utamanya.

1.) Paragraf Deduktif

Gagasan pokok yang terletak di awal paragraf dan kalimat penjelas ikuti sebagai pendukung gagasan ini namanya adalah paragraf deduktif. Gagasan pokok ini berupa gagasan umum yang terkandung dalam kalimat topik. Kemudian, kalimat topik itulah yang kalimat-kalimat pengembang ikuti yang gunanya sebagai penjelas sebuah informasi yang ada. Berikut ini merupakan ciri-ciri dari paragraf deduktif :

  • Gagasan pokoknya berada di awal kalimat
  • Kalimat pertama merupakan pernyataan umum, kemudian kalimat selanjutnya sifatnya khusus
  • Akhir kalimat dari paragraf deduktif di akhiri dengan penjelas

2.) Paragraf Induktif

Paragraf yang gagasan pokok atau kalimat topiknya berada di bagian akhir disebut dengan paragraf induktif. Jenis paragraf ini adalah kebalikan dari paragraf deduktif. Jadi, topik pada jenis paragraf ini berada di belakang kalimat. Ciri-ciri dari paragraf induktif adalah sebagai berikut :

  • Diawali dengan penyebutan peristiwa khusus yang fungsinya sebagai penjelas dan pendukung gagasan utama.
  • Menarik kesimpulan yang didasarkan pada peristiwa-peristiwa khusus
  • Menggunakan konjungsi yang berfungsi sebagai kata penghubung
  • Konjungsi awal kalimat dan diikuti tanda baca koma. 

3.) Paragraf Campuran (Deduktif-Induktif)

Paragraf jenis ini merupakan kombinasi dari dua metode paragraf, sehingga gagasan pokoknya terletak pada bagian awal dan juga akhir pada sebuah paragraf. Hal ini gunanya untuk mempertegas gagasan utama di awal kalimat dalam paragraf tersebut. 

4.) Paragraf Ineratif

Ini merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak di tengah-tengah paragraf. Diawali dengan kalimat-kalimat penjelas sebagai pengantar merupakan ciri dari paragraf jenis ini. Kemudian, diikuti dengan gagasan pokok dan ditambah lagi dengan kalimat-kalimat penjelas yang gunanya untuk mempertegas atau memperkuat informasi pada sebuah paragraf. 

5.) Ide Pokok Menyebar

Ini merupakan sebuah pola paragraf yang tidak memiliki kalimat utama. Pikiran utamanya menyebar pada setiap  paragraf atau bahkan bersifat tersirat pada kalimat-kalimatnya.

Penutup

Demikianlah beberapa pembahasan mengenai pengertian, fungsi, ciri-ciri dari gagasan pokok yang telah Mimin jelaskan pengertian gagasan utama pada pembahasan di atas. Semoga ini dapat menjadi penambah wawasan yang kita miliki. Terima Kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.