Jelaskan Pengertian Gambar Cerita? Ini Jawabannya!

Penjelasan Lengkap Gambar Cerita

Sewaktu kecil kita masih kecil, ibu kita kerap kali mendongengkan kita cerita melalui buku gambar cerita. Nah, kali ini Mimin akan jelaskan pengertian gambar cerita secara lengkap.

Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan sebuah adegan atau peristiwa yang pada umumnya merupakan cerita fiksi. Bentuk objek dari gambar cerita bisa berbagai macam jenisnya, mulai dari manusia, tumbuhan, hewan, dan lain sebagainya.

Secara sederhananya, gambar cerita menampilkan cerita dari suatu peristiwa dengan narasi singkat yang disertai dengan ilustrasi gambarnya.

Apa saja Ciri-ciri Gambar Cerita?

Apa saja Ciri-ciri Gambar Cerita?

Sebelumnya Mimin sudah jelaskan pengertian gambar cerita, selanjutnya kita akan membahas ciri-ciri dari gambar cerita ini. Kira-kira Apa saja ciri-ciri gambar cerita? Simak ulasannya dibawah ini!

1.) Menggunakan Kalimat Sederhana

Gambar cerita biasanya menggunakan kalimat sederhana dan umum yang mudah dipahami.

2.) Narasi Singkat

Seperti yang sudah mimin jelaskan pengertian gambar cerita tadi, gambar cerita tidak seperti cerpen maupun novel. Jadi kita hanya memerlukan narasi yang singkat saja.

3.) Adanya Dialog

Dalam gambar cerita wajib adanya dialog antar tokoh-tokoh dalam cerita tersebut, hal ini membuat para pembaca lebih memahami jalan ceritanya.

4.) Balon Kata

Balon Kata merupakan hal yang penting dalam cerita, balon kata ini memudahkan para pembaca secara visual untuk membaca dialog antar tokohnya.

5.) Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik

Dalam pembuatan gambar cerita, kalian wajib memperhatikan kedua unsur ini, yaitu seperti alur, tokoh, latar, sudut pandang, serta amanat yang ingin kalian sampaikan ke pembaca.

Apa saja Jenis Jenis Gambar Cerita?

Apa saja Jenis Jenis Gambar Cerita?

Gambar cerita biasanya disukai oleh anak-anak rentan usia tiga sampai lima tahun. Namun seiring perkembangan zaman, gambar cerita mulai banyak jenisnya dengan alur cerita yang sangat menarik.

Sehingga banyak memikat minat remaja hingga orang dewasa untuk membaca gambar cerita. Penasaran Apa saja jenis jenis gambar cerita? Mimin berikan daftarnya sebagai berikut:

1.) Komik

Siapa yang tidak pernah membaca komik? Komik merupakan salah satu jenis gambar cerita yang paling populer. Komik biasanya disenangi oleh anak-anak karena memiliki cerita yang mudah dipahami dan penuh dengan fiksi.

2.) Kartun

Pastinya pernah denger kartunkan? Kartun juga merupakan jenis gambar cerita yang paling diminati orang banyak. Kartun sendiri biasanya berisikan dongeng antara manusia, hewan, dan juga tumbuh-tumbuhan. Di era sekarang kartun sudah mengalami perkembangan pesat, bahkan saat ini bentuk kartun sudah masuk ke dalam 4D.

3.) Karikatur

Gambar cerita jenis ini menggambarkan suatu tokoh dengan cara yang dilebih-lebihkan, dibuat unik. Karikatur biasanya memiliki alur cerita yang lucu, karikatur dibuat dengan maksud untuk menyindir atau mengkritik dalam bentuk gambar cerita.

4.) Ilustrasi Karya Sastra

Jenis ini agak berbeda dengan yang lainnya, karena tujuan dari ilustrasi karya sastra adalah hanya untuk mempertegas atau memperjelas cerita yang ingin disampaikan. Biasanya ilustrasi ini hanya muncul beberapa di novel atau cerpen.

Sebutkan Apa saja Fungsi dari Gambar Cerita?

 

Setelah Mimin jelaskan pengertian gambar cerita dan jenis-jenisnya, apakah kalian bisa Sebutkan apa saja fungsi dari gambar cerita? Tentu saja gambar cerita memiliki beragam fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan jenis dan maksudnya. Namun secara umum, fungsi utama dari gambar cerita adalah, sebagai berikut:

1.) Memberi kesan yang berbeda kepada pembaca.

2.) Memudahkan memahami cerita.

3.) Membangkitkan emosi pembaca.

4.) Memiliki seni visual bagi pembaca.

Penutup 

Demikianlah Mimin sudah jelaskan pengertian gambar cerita, jenisnya, hingga ke fungsi-fungsinya. Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua memahami lebih dalam tentang gambar bercerita. Mari tingkatkan minat baca Indonesia!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.