Jelaskan Pengertian Kebangkitan Nasional

Jelaskan Pengertian Kebangkitan Nasional

Bagaimana jika anda diminta untuk Jelaskan Pengertian Kebangkitan Nasional, apa yang telah kalian ketahui akan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada saat kebangkitan nasional itu sendiri. Apa pengertian dari kebangkitan nasional adalah?

Seperti yang kita ketahui bahwasannya negara indonesia memiliki segudang sejarah yang mengharukan dikarenakan negara-negara asia memang banyak yang dijajah oleh bangsa-bangsa eropa, termasuk indonesia itu sendiri.

Namun bangsa kita tidak pernah menyerah atas Tindakan dan segala upaya bangsa eropa dalam merampas kebangasaan kita, walaupun berates-ratus tahun indonesia harus tunduk pada kolonial belanda dan 3,5 tahun dijajah habis-habisan oleh negara jepang bangsa indonesia pada akhirnya dapat berjuang melawan kolonial demi mempertahankan kedaulatan bangsa.

Apa Pengertian dari Kebangkitan Nasional Adalah?

Apa Pengertian dari Kebangkitan Nasional Adalah?

Apa pengertian dari kebangkitan nasional adalah? Nah Adapun Jelaskan Pengertian Kebangkitan Nasional yaitu Kebangkitan nasional merupakan masa dimana bangkitnya suatu rasa dan semangat persatuan, nasionalisme, serta kesadaran untuk memperjuangkan bangsanya.

Sebagai warga negara indonesia sudah sepatutnya kita mengenal pahlawan-pahlawan bangsa serta mengingat pengorbanan yang mereka lakukan demi merdeka nya bangsa.

Bayangkan saja jika negara kita belum merdeka, masih dijajah oleh bangsa lain, apakah kita dapat hidup enak seperti sekarang, maka dari itu adanya peringatan khusus untuk hari kebangkitan nasional yang diperingati pada tanggal 20 Mei dan juga masih banyak hari-hari peringatan pahlawan lainnya dalam upaya untuk mengenang dan menghormati jasa seluruh masyarakat indonesia.

Pada jaman nenek moyang dan pahlawan indonesia baik yang kita ketahui kisahnya maupun tidak. Seperti kata pepatah “bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakkan dan mengenal sejarah nya”

Kita tidak boleh melupakan sejarah bangs akita sendiri karena dengan mempelajari sejarah kita dapat pelajaran yang berharga untuk menghadapi keadaan di masa ini serta agar kita tidak mengulangi kesalahan di masa lalu.

Nah Adapun Faktor apa saja yang mempengaruhi kebangkitan nasional? Pastinya dalam peristiwa kebangkitan nasional itu sendiri terdapat faktor-faktor pendorong, mari kita simak sebagai berikut.

Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Kebangkitan Nasional?

Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Kebangkitan Nasional?

Faktor pendorong

  • Adanya penderitaan rakyat yang berkepanjangan akibat penjajahan.
  • Adanya kenangan kejayaan masa lalu seperti zaman Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.
  • Lahirnya kaum-kaum intelektual atau terpelajar yang menjadi pemimpin pergerakan.
  • Adanya diskriminasi rasial.

Kemudian juga kebangkitan nasional dahulu dipengaruhi oleh beberapa hal lain diantaranya :

  • keinginan seluruh rakyat melepaskan diri dari eksploitasi bangsa asing
  • kemenangan jepang atas tentara sekutu
  • ingin mengulang sejarah kejayaan indonesia di masa lampau
  • pergerakan nasional yang terjadi di negara lain
  • timbulnya golongan golongan terkemuka atau terpelajar

Pada saat Munculnya gerakan budi utomo serta peristiwa sumpah pemuda, kedua peristiwa tersebut menjadi langkah awal era kebangkitan nasional pada bangsa indonesia, yang mana para golongan terpelajar saat itu merasa bahwa rakyat indonesia telah cukup menderita dan perlu adanya perubahan agar tidak terus terusan di tekan oleh bangsa asing.

Kemudian adanya gerakan tersebut membuat seluruh elemen bangsa melakukan Tindakan dan perlawanan besar dari segala arah baik melalui organisasi dan juga melalui pertempuran langsung sehingga membuat bangsa asing akhirnya kewalahan dan melepaskan diri dari wilayah indonesia serta negara kita akhirnya pun berhak menentukan sendiri nasib kedepannya hingga sampai saat ini.

Bagaimana tugas kita saat ini sebagai generasi penerus bangsa, bagaimana kita bisa menjaga semangat kebangkitan nasional agar bangsa kita semakin maju kedepannya dan tidak terpecah belah menjadi negara yang lemah dan. hal ini dapat kita lakukan dengan cara berikut:

  • Menanamkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme yang tinggi sejak kecil
  • Mencintai produk lokal
  • Memelihara lingkungan sekitarnya
  • menanamkan sikap patrotisme
  • Berani bersaing dengan bangsa asing
  • menjaga keutuhan negara dengan Pancasila dan berani berkorban untuk bangsa dan negara

Kita sudah membahas terkait Jelaskan Pengertian Kebangkitan Nasional juga faktor-faktor pendorong atas kebangkitan nasional itu sendiri, berikut pula terdapat faktor eksternal lainnya yang membuat semakin kuatnya kebangkitan nasional di negara indonesia itu sendiri. Apa saja faktor ekstern yg memengaruhi kebangkitan nasional?

Beberapa faktor eksternal yang memengaruhi kebangkitan nasional di Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Adanya Revolusi Prancis pada 1789.
  • kemenangan Jepang atas Rusia pada tahun 1905.
  • perjuangan rakyat Amerika atas negara lnggris.
  • kemenangan Jepang atas negara Sekutu.
  • kemenangan Sekutu atas negara Jepang.

Itulah faktor-faktor eksternal lainnya yang harus kalian ketahui karena faktor-faktor tersebut juga merupakan sejarah nasional. Apa saja faktor ekstern yg memengaruhi kebangkitan nasional? Sudah dapat kita kupas. Nah apakah kalian ingin tahu lebih dalam terkait kemenangan Sekutu atas negara Jepang?

Kemenangan sekutu atas negara jepang sangat berkaitan dengan adanya peristiwa kebangkitan nasional. Maka dari itu setelah saya sudah Jelaskan Pengertian Kebangkitan Nasional mari kita ketahui juga peristiwa dibelakangnya.

15 Agustus 1945

15 Agustus 1945

Sekutu dalam hal ini adalah amerika merayakan kemenangan atas Jepang pada tanggal 15 Agustus 1945, meskipun pemerintahan Jepang di bawah Jenderal Koiso Kuniaki tidak secara resmi menyerah dengan dokumen yang ditandatangani sampai 2 September. Kedua tanggal tersebut dikenal sebagai VJ Day.

Adapun kita bisa melihat dari adanya tanda dari kekalahan bangsa Jepang dalam Perang Pasifik mulai terlihat pada tahun 1944. Pada saat itu Amerika Serikat dapat mendesak angkatan laut negara Jepang pada kawasan samudera Pasifik. Kondisi tersebut membuat sang Jendral Kiniaki Kaiso memberikan janji kemerdekaan kepada rakyat Indonesia pada bulan September 1944.

Rakyat Indonesia diperbolehkan untuk mengibarkan bendera merah putih di samping bendera Jepang. Selain itu, rakyat Indonesia juga diperbolehkan untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya setelah lagu kebangsaan Jepang. Tindakan tersebut dilakukan oleh Jepang agar rakyat Indonesia bersedia membantu mempertahankan posisi militer Jepang atas serangan Sekutu.

Pada saat itu Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima pada 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada 9 Agustus 1945. Ledakan tersebut menyebabkan kota Hiroshima dan Nagasaki yang tadinya merupakan kota industri militer menjadi habis terbakar, sehingga Jepang mampu lagi untuk melakukan perang,

pada masanya Jepang secara resmi menyerah tanpa syarat pada 15 Agustus 1945. Kekalahan Jepang juga akhirnya diumumkan secara langsung melalui siaran radio nasional. Adapun Berikut faktor penyebab kekalahan Jepang dalam Perang Pasifik : Teknologi persenjataan Jepang kalah modern dibandingkan dengan Amerika Serikat.

Amerika Serikat mampu menyadap komunikasi militer Jepang dalam pertempuran pasifik. Jepang mengalami pemberontakan dari masyarakat di wilayah pendudukannya. Kekalahan Jepang dalam Perang Pasifik menyebabkan Indonesia mengalami situasi kekosongan kekuasaan. Situasi tersebut dimanfaatkan oleh rakyat Indonesia untuk mengambil alih kekuasaan dari Jepang dan melaksanakan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Itulah penjelasan lengkap terkait kebangkitan nasional yang bisa anda dapatkan, saya harap artikel ini dapat membantu anda dan membuat anda memahami serta mengenang Kembali pengorbanan para pahlawan bangsa kita bangsa indonesia. Terimakasih sudah mampir pada artikel ini, sampai jumpa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.