Jelaskan Pengertian Kolonialisme! Berikut Pembahasannya!

jelaskan pengertian kolonialisme

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini dan sering mendengarnya. Istilah ini sering dikaitkan dengan sejarah. Pada artikel kali ini akan di jelaskan pengertian kolonialisme.

Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Kolonialisme?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kolonialisme? Pertanyaan ini akan muncul saat kita masih kebingungan dengan makna dari istilah yang satu ini. Walaupun istilah ini sering kita dengar, namun sebagian orang masih bingung dengan maknanya.

Sebagai masyarakat Indonesia, kita harus bisa mengerti dan memahami istilah yang satu ini. Berikut ini akan di jelaskan pengertian kolonialisme.

Kolonialisme asal katanya “colonus”, yang artinya menguasai. Jadi, istilah ini dapat dimaknai dengan suatu cara atau upaya yang dilakukan suatu negara guna menguasai wilayah tertentu yang ada diluar negaranya.

Kolonialisme merupakan paham tentang penguasaan oleh bangsa atau negara terhadap wilayah lain dengan maksud ingin memperluas wilayah. Hal seperti ini muncul sebab keinginan untuk menjadi negara yang terkuat, keinginan untuk mencari sumber daya alam, dan juga keinginan untuk menyebarkan agama dan ideologi.

Istilah ini biasanya juga disebut dengan penjajahan, yang mana para penjajah biasanya memaksakan budaya, bahasa, bahkan agama kepada wilayah yang dijajah.

Pengertian dari Kolonialisme dan Imperialisme Apa?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kolonialisme?

Ternyata selain kolonialisme ada istilah lain yang mirip yaitu imperialism. Lalu, Pengertian dari kolonialisme dan imperialisme apa? Kita telah di jelaskan pengertian kolonialisme. Tentunya kita telah paham dengan istilah yang satu ini. Lantas, bagaimana dengan imperialisme? Apakah memiliki pengertian yang sama?

Imperator” adalah asal kata dari imperialisme , yang artinya memerintah. jadi, imperialisme dapat diartikan dengan sistem dalam dunia politik yang memiliki tujuan menguasai negara lain untuk mendapatkan kekuasaan dan juga keuntungan. Imperialisme dibagi menjadi 2 jenis, yaitu imperialisme kuno dan imperialisme modern.

Imperialisme kuno terjadi sebelum revolusi industry, dan ini memiliki 3 tujuan, yaitu gold (kekayaan), glory (kejayaan), dan gospel (menyebarkan agama Alkitab). contoh negara yang menjalankan imperialisme kuno adalah Portugis dan Spanyol. Sedangkan, imperialisme modern terjadi serelah revolusi industry, dan Inggris sebagai pelopornya.

Tujuan dari imperialisme modern ini, yaitu mendapatkan daerah penghasil bahan baku industri, mendapatkan daerah pemasaran hasil industri, dan mendapatkan daerah untuk invertasi jangka panjang.

Kedua istilah ini tentunya memiliki kesamaan, yaitu membuat bangsa penguasa (penjajah) makmur, dan membuat negara yang dijajah menderita. Selain kesamaan, keduanya juga memiliki perbedaan, yaitu kolonialisme memiliki tujuan untuk menguras habis sumber daya alam dari negara yang dijajah untuk diangkut ke negara penjajah. Sedangkan, imperialisme memiliki tujuan untuk menanamkan pengaruh di semua bidang kehidupan negara yang berkaitan.

Tujuan Kolonialisme

Pengertian dari kolonialisme dan imperialisme apa?

Dari ulasan diatas yang di jelaskan pengertian kolonialisme dan imperialisme, maka akan dijabarkan pula tujuan dari dilakukannya sistem tersebut. Kita telah mengetahui tujuan kolonialisme adalah menguasi suatu wilayah tertentu. Lebih jelasnya, kolonialisme ini bertujuan untuk memonopoli kekuasaan ekonomi, mulai dari perdagangan, tenaga kerja, sumber daya di wilayah yang dijajah.

Wilayah ini merupakan wilayah yang menjadi kawasan kekuasaan, dan tentunya memiliki banyak bahan mentah untuk melengkapi kebutuhan negara yang menjalani kolonialisme ini. Tujuan lainnya, yaitu menghabiskan sumber daya alam dan juga kekayaan alam dari negara yang dijajah untuk dibawa ke negara asalnya.

Demikian pembahasan mengenai kolonialisme, telah di jelaskan pengertian kolonialisme, imperialisme, serta tujuan dari sistem penjajahan ini. semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan kita sebagai warga negara Indonesia. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.