Jelaskan Pengertian Konvensi dan Contohnya!

Jelaskan Pengertian Konvensi

Tentu kita semua sudah tidak asing dengan hukum, bukan? Hukum di Indonesia terdapat beberapa macam, salah satunya adalah hukum konvensi. Dapatkah Anda jelaskan pengertian konvensi? Kita perlu mengenali hukum terlebih dahulu sebelum kita memahami konvensi.

Hukum merupakan peraturan yang berbentuk norma dan sanksi yang diciptakan dengan tujuan untuk mengatur tingkah laku manusia, menjaga keadilan dan ketertiban, dan mencegah terjadinya kekacauan. Hukum bertugas untuk menjamin adanya kepastian hukum dalam masyarakat. Sanksi dapat diberikan apabila ada seseorang yang melanggar. Mengetahui jelaskan pengertian konvensi penting bagi warga negara yang hidup di negara hukum, seperti Indonesia. Kita yang secara tidak langsung menerapkan aturan hukum tentu harus memahami lebih jauh.

Selanjutnya, kita akan membahas lebih jauh tentang jelaskan pengertian konvensi. Menurut bentuknya hukum dibagi menjadi 2, yaitu hukum tertulis dan hukum tidak tertulis tau yang juga dapat disebut dengan konvensi.

Apa yang dimaksud Dengan Konvensi?

Apa yang dimaksud Dengan Konvensi?

Dalam kehidupan bermasyarakat, peraturan dibuat atas kesepakatan bersama dengan tujuan tertentu, terutama menjaga ketertiban dan mencegah kekacauan yang dapat terjadi. Apa yang dimaksud dengan konvensi?

Konvensi merupakan segala peraturan tidak tertulis yang telah disepakati oleh masyarakat secara turun-menurut dari dulu. Konvensi berkaitan dengan norma, nilai-nilai, dan aturan yang diyakini sejak lama hingga berkembang menjadi sebuah aturan. Demikian yang dapat saya jelaskan pengertian konvensi. Beberapa contoh dari konvensi ini adalah sebagai berikut:

Konvensi Jenewa

Yaitu hak dasar tahanan perang yang terdiri dari warga sipil dan personil militer untuk mendirikan tempat perlindungan bagi yang terluk dan warga sipil di zona perang. Konvensi ini terdiri dari 4 perjanjian dengan 3 protokol tambahan yang menetapkan aturan standar hukum internasional tentang perlakuan kemanusiaan terhadap korban perang.

Konvensi Ketatanegaraan

Merupakan kebiasaan yang tumbuh dalam praktik penyelenggaraan negara, seperti upacara bendera setiap tanggal 17 Agustus, pidato dari presiden setiap tanggal 16 Agustus, dan program 100 hari kerja

Apa Ciri Ciri Dari Konvensi?

Apa Ciri Ciri Dari Konvensi?

Konvensi merupakan aturan tak tertulis, meskipun pada akhirnya dalam perkembangannya hukum ini memiliki bentuk tertulis. Tentu konvensi berbeda dengan hukum lainnya. Lantas, apa ciri ciri dari konvensi?

  • Isi dan praktik tidak bertentangan dengan UUD 1945
  • Timbul karena kebiasaan yang berulang
  • Konvensi dapat dijadikan pelengkap UUD 1945, karena berkembang mengikuti zaman
  • Pemerintah tidak dapat mengadili pelanggaran hukum tak tertulis ini
  • Masyarakat tetap mematuhi meski tak ada bentuk fisik dari hukum ini

Apa Saja Sifat Sifat Konvensi?

Apa Saja Sifat Sifat Konvensi?

Konvensi yang kita kenal memiliki beberapa sifat-sifat yang harus kita ketahui. Sebagai warga negara yang baik, kita layak untuk mengetahuinya. Apa saja sifat sifat konvensi? Sebagai hukum tak tertulis tentu, hukum ini bersifat tak seperti UUD 1945 yang tertulis dan dapat dibaca oleh semua orang, hukum konvensi dapat berjalan sejajar dengan UUD 1945 dan dapat dijadikan aturan pelengkap serta diterima oleh masyarakat.

Selain konvensi, terdapat hukum tertulis yang memiliki sifat tidak dapat berubah. Hukum ini memaparkan tugas pokok dari badan pemerintahan dari suatu negara. Sifatnya adalah singkat atau hanya memuat garis besarnya saja dan elastik atau dapat berkembang menyesuaikan dengan zaman.

Sebagai warga Indonesia yang baik dan berwawasan, hendaklah kita mentaati segala peraturan yang ada baik itu tertulis maupun tidak, dengan begini kita akan dapat terhindar dari kegiatan menyimpang.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.