Jelaskan Pengertian Metode Ilmiah! Mari Kita Bahas!

Jelaskan Pengertian Metode Ilmiah

Bagi kalian yang pernah menulis karya ilmiah pastinya sudah tak asing dengan metode ilmiah. Kali ini Mimin akan mencoba jelaskan pengertian metode ilmiah dan berbagai macam jenisnya beserta dengan contohnya.

Pada ilmu fisika, cara ini biasa ilmuan pakai untuk memastikan mendapatkan suatu kesimpulan yang bukti-bukti dukung yang ada dan tersusun secara sistematis. Jika dalam suatu karya ilmiah tidak terdapat cara ini, maka eksperimen-eksperimen yang ilmuan lakukan akan meragukan dan tidak dapat ilmuan tetapkan rumus atau hukum yang jelas.

Apa yg Dimaksud dengan Metode Ilmiah?

Apa yg Dimaksud dengan Metode Ilmiah?

Berbicara mengenai sebuah riset atau penelitian pasti tak bisa terlepas dari karya ilmiah. Karya ini bertujuan untuk memecahkan suatu permasalahan dengan memaparkan hasil penelitian yang sudah kita lakukan, dan mempublikasikannya. Maka dari itu, penulisannya tidak boleh sembarangan dan harus menyertai metode ilmiah di dalamnya.

Lalu, apa yang dimaksud dengan metode ilmiah? Secara umum, jelaskan pengertian metode ilmiah adalah cara yang kita pakai untuk mendapatkan data-data penelitian yang nantinya akan kita analisis untuk keperluan dalam penelitian.

Setelah itu, solusi dari permasalahannya dapat kita tentukan. Cara ini kita tulis dengan menggunakan langkah-langkah penulisan yang sudah kita tentukan, sehingga para pembaca dapat dengan mudah memahami penelitian yang kalian lakukan.

Berdasarkan jelaskan pengertian metode ilmiah di atas, data-data yang kita peroleh untuk eksperimen haruslah merupakan data yang valid, reliabel, dan objektif. Setidaknya ada tiga dimensi penting yang harus kalian ketahui, di antaranya:

  1. Pendekatan penelitian yang kita gunakan sebagai desain penelitian.
  2. Pendekatan untuk mengumpulkan data-data bahan eksperimen.
  3. Proses analisis data-data.

Definisi penelitian secara etimologi berarti mencari fakta baru yang kemudian kita kembangkan menjadi sebuah teori, dengan tujuan untuk memperluas atau memperdalam ilmu tertentu.

Itulah mengapa sebuah penelitian harus kita lakukan dengan benar dan sesuai aspek, sehingga hasil dari penelitian tersebut dapat kita pertanggungjawabkan. Terdapat tiga aspek yang harus kita masukkan dalam penulisan metode ilmiah, antara lain:

  1. Raional, artinya kegiatan penelitian yang kita lakukan haruslah yang masuk akal.
  2. Empiris, yakni langkah-langkah eksperimen yang kita lakukan harus bisa kita amati dan rasakan oleh indra manusia, sehingga memungkinkan orang lain juga bisa melakukan serta mengamati apa yang kita lakukan oleh sang peneliti.
  3. Sistematis, yaitu penelitian yang kita lakukan harus sesuai dengan panduan langkah-langkah yang sudah kita tentukan.

Jelaskan Arti Metode Ilmiah dan Sebutkan Langkah Langkahnya?

Jelaskan Arti Metode Ilmiah dan Sebutkan Langkah Langkahnya?

Nyatanya memang metode ilmiah merupakan aspek penting yang harus ada di dalam penulisan suatu karya ilmiah. Selanjutnya, Mimin akan jelaskan arti metode ilmiah dan sebutkan langkah-langkahnya?

Berdasarkan apa yang sudah Mimin jelaskan pengertian metode ilmiah sebelumnya, kita dapat mengetahui bahwa cara ini bertujuan untuk memperkuat eksperimen yang kita lakukan memang benar hasilnya dan sah.

Dalam penulisannya juga cara ini tidak boleh kita tulis secara sembarangan dan harus mengikuti langkah-langkah yang sudah kita tentukan. Langkah-langkah wajib untuk kita lakukan secara berurutan, dan teratur.

Sebab, jika tidak ada langkah-langkah ini, maka penelitian pun sukar untuk kita laksanakan dengan baik. Berikut adalah langkah-langkah penulisan metode ilmiah, yaitu:

  1. Merumuskan Masalah
    Hal pertama yang harus kita lakukan adalah merumuskan masalah, yakni merumuskan segala sesuatu yang ingin kita pecahkan dan menarik untuk kita uji kebenarannya. Kita dapat merumuskan masalah tersebut dengan berbagai bentuk pertanyaan dengan apa, bagaimana, kapan, mengapa, dan lain sebagainya. Semakin spesifik suatu perumusan masalah, maka semakin memudahkan kalian untuk melakukan penelitian.
  1. Merumuskan Hipotesis
    Langkah selanjutnya adalah merumuskan hipotesis. Hipotesis sendiri adalah dugaan jawaban terkait rumusan masalah yang sudah kita tulis sebelumnya. Hipotesis ini akan kalian lakukan eksperimen dan analisis data-datanya untuk membuktikan kebenaran dari hipotesis yang sudah kalian buat. Sederhananya, hipotesis merupakan sebuah dugaan jawaban atas masalah yang ingin kalian teliti.
  1. Merancang Penelitian
    Setelah merumuskan hipotesis, selanjutnya kalian diminta untuk merancang penelitian. Hal ini kita lakukan untuk mempermudah dan landasan penelitian yang akan kalian lakukan. Mulai dari penyiapan alat dan bahan, cara menentukan data yang kita kumpulkan, serta bagaimana pengumpulan data tersebut kita lakukan.
  1. Melakukan Eksperimen
    Langkah berikutnya adalah melakukan percobaan atau eksperimen. Di sini kalian akan menguji hipotesis yang sudah kalian buat tadi benar atau tidak kebenarannya. Pelaksanaan sebuah eksperimen dapat kita lakukan dengan cara survei, observasi, ataupun dalam laboratorium. Setelah melakukan eksperimen, kalian akan mendapatkan data-data yang selanjutnya bisa kalian analisis.
  1. Mengolah dan Menganalisis Data
    Selanjutnya kalian akan diminta untuk mengolah serta menganalisis data-data hasil percobaan yang sudah kalian lakukan sebelumnya. Data yang kita peroleh dapat berupa data kualitiatif atau data kuantitatif. Pada umumnya, kalian bisa menulis data-data hasil percobaan kalian dengan cara memasukannya ke dalam bentuk diagram, tabel, maupun grafik agar memudahkan proses analisis. Pada saat melakukan analisis, kalian dapat menggunakan dasar teori yang menjadi rujukan agar analisis kalian semakin mendalam.
  1. Membuat Kesimpulan
    Langkah berikutnya adalah membuat kesimpulan. Di sini kalian akan menyimpulkan hasil percobaan yang sudah kalian lakukan, dan menyatakan hipotesis yang kalian buat kita terima atau tidak. Hipotesis kalian bagus apabila hasil data yang kita peroleh sesuai dengan pernyataan hipotesis, sedangkan jika tidak kita terima maka hipotesis kalian tidak sesuai dengan hasil data percobaan.
  1. Melaporkan Hasil Percobaan
    Langkah yang terakhir adalah melaporkan hasil percobaan, karena sejatinya karya ilmiah yang kalian lakukan bertujuan untuk kita publikasikan kepada orang lain. Tujuan dari publikasi ini adalah agar orang lain dapat mengetahui hasil dari penelitian yang kalian lakukan sebelumnya.

Apa itu Metode Ilmiah dan Contohnya?

Apa itu Metode Ilmiah dan Contohnya?

Setelah mengetahui jelaskan pengertian metode ilmiah beserta langkah-langkahnya yang sudah Mimin berikan tadi, selanjutnya kita akan membahas apa itu metode ilmiah dan contohnya? Sekarang kita tahu bahwa metode ilmiah adalah hal penting yang harus ada dalam penulisan karya ilmiah. Agar kita tidak bingung lagi, Mimin akan berikan salah satu contohnya.

1.) Observasi Awal

  • Pengaruh tingkah laku manusia terhadap pertumbuhan tumbuhan

2.) Rumusan Masalah

  • Apakah tingkah laku manusia berpengaruh terhadap pertumbuhan tumbuhan ?
  • Apakah perbedaan antara tumbuhan yang mendapatkan perawatan dengan baik dengan yang tidak dirawat oleh manusia?

III. Perumusan Hipotesis

  • Kemungkinan tumbuhan akan tumbuh dengan subur oleh perawatan yang dilakukan dengan baik oleh manusia

IV. Eksperimen

1.) Tujuan

  • Untuk mengetahui pengaruh tingkah laku manusia terhadap pertumbuhan tumbuhan.

2.) Alat dan bahan untuk melakukan eksperimen antara lain :

  • dua buah pot dengan ukuran yang sama
  • dua buah tanaman yang sama jenis dan ukurannya
  • Pupuk
  • Air
  • Tanah
  • Alat tulis

3.) Cara Kerja:

  • Pot 1 diisi tanah, dan diberi pupuk, lalu tanaman disiram.
  • Pot 2 diisi tanah, tidak diberi pupuk, tanaman kemudian disiram.
  • Perlakukan tanaman pada pot 1 dengan baik dan cara menyiramnya secara teratur, sedangkan tanaman pada pot 2 biarkan tanpa adanya perawatan apapun.
  • Amati dan bandingkan kedua tanaman yang ada dalam masing-masing pot.

4.) Analisis Hasil

  • Tanaman pada pot 1 tumbuh dengan subur baik dan mengalami pertumbuhan yang baik juga.
  • Tanaman pada pot 2 tampak layu dan tidak tumbuh dengan baik.

5.) Kesimpulan

  • Berdasarkan eksperimen dan hasil yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan jika perawatan manusia sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman.

Penutup

Cukup sekian pembahasan Mimin kali ini, semoga artikel ini dapat membantu kalian semua untuk dapat memahami bagaimana cara penulisan metode ilmiah yang baik dan benar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.