Jelaskan Pengertian Microsoft Word dan Fungsinya!

Jelaskan Pengertian Microsoft Word

Jelaskan pengertian Microsoft Word adalah bagian dari Microsoft Office sebagai perangkat lunak untuk mengolah dan mengedit kata. Aplikasi ini sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dalam kegiatan perkantoran, editor, sekolah, kuliah, pengusaha, umum, dan kegiatan lainnya.

Aplikasi tersebut berfungsi sebagai pengolahan kata, pengolahan dokumen, laporan, surat menyurat dan hal sebagainya. Microsoft Office memiliki perkembangan dari tahun ke tahun, antara lain : Ms Office 1998, Office 2033, Office 2007, Office 2010, dan Office 2013.

Perangkat lunak tersebut meliputi membuat, mengedit, memformat, menyalin dokumen. Dapat membuat beberapa dokumen untuk kepentingan sehari-hari, seperti membuat kartu undangan, tugas kerja, laporan kegiatan, surat menyurat, brosur, kartu nama, buku, jurnal, dan hal sebagainya.

Tidak asing lagi ditelinga kita, aplikasi ini terkenal di seluruh dunia dan dapat diaplikasikan mudah untuk dipahami bagi pengguna baru. Jelaskan pengertian Microsoft Word yakni dapat dikatakan sebagai perangkat lunak pengolah kata terbaik. Memiliki distribusi sistem operasi, antara lain : Microsoft Windows, Mac OS, IOS, dan Android.

Disini, saya akan membahas mengenai jelaskan pengertian Microsoft Word yang mudah kita pahami dan dibutuhkan untuk kegiatan aktivitas sehari-hari. Simak ulasan berikut ini.

Apakah Pengertian dari Microsoft Word?

Apakah Pengertian dari Microsoft Word?

Apakah pengertian dari Microsoft Word? Microsoft Word adalah perangkat lunak yang digunakan sebagai pengolah kata atau dokumen untuk kegiatan sehari-hari. Untuk fungsi umum, sebagai word processing yaitu membuat, mengedit dan memformat sebuah teks.

Aplikasi ini memiliki peran sebagai alat bantu para pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan yang terkait dengan dokumen yang digunakan. Untuk tool dan fitur terbaik, ada pada Ms Word 2013 lengkap dapat meng convert dari file word ke file PDF.

Keunggulan dari Ms Word, antara lain :

  • Dapat mengubah dokumen menjadi halaman web dengan cara yang mudah dan simple.
  • Dapat menerjemahkan langsung ke bahasa yang kita inginkan, hanya sekali klik saja.
  • Dapat dijadikan sebagai media berkreasi dalam menyusun dokumen. Keluarkan ide anda untuk membuat laporan buku yang menarik, dokumen yang dapat dilengkapi 3D, dan presentasi untuk kegiatan organisasi.
  • Dapat meneliti kesalahan teks ketika mengetik. Jadi, sekaligus menambah wawasan pemahaman membaca.
  • Menemukan sumber tulisan dengan mudah. Jadi, tidak perlu bolak balik tutup web. Dengan adanya hal tersebut, anda menjadi lebih fokus mengerjakan.
  • Tidak hanya untuk memeriksa ejaan saja, Ms Word dapat digunakan untuk menyempurnakan tulisan kita yang salah. Dengan menggunakan saran cerdas di panel gambaran umum editor.

Fitur Baru

Jelaskan Pengertian Microsoft Word

Setelah mengetahui keunggulan dari aplikasi tersebut. Berikut beberapa fitur-fitur baru di Microsoft Word, antara lain :

  • Equation toolbar
    Fitur tersebut dapat digunakan untuk membantu soal hitung-hitungan. Dapat ditemukan di bagian “Insert”, lalu pilih menu “Symbols”. Disana terdapat banyak rumus untuk digunakan, seperti fisika, kimia dan matematika.
  • Translate tool
    Fitur ini digunakan untuk menerjemahkan suatu dokumen yang berbahasa asing. Memiliki berbagai bahasa asing lainnya, sesuai yang anda butuhkan. Dapat ditemukan dibagian “Review”, lalu tekan menu “Translate”.
  • Replace
    Fitur yang satu ini membantu anda ketika mengganti teks yang salah saat mengetik. Jadi, tidak perlu lagi untuk mencari satu persatu, mana teks yang salah atau typo. Dapat ditemukan di menu “Replace”, lalu klik “Ok”.
  • Mode gelap
    Selama ini kita menggunakan fitur Ms Word mode terang. Untuk fitur baru, telah disediakan mode gelap, agar tidak terlalu silau untuk mata. Dengan mode gelap, dapat mengurangi ketegangan mata ketika anda membuat dokumen atau laporan yang membutuhkan waktu yang lama.
  • Co-author office files
    Kegunaan dari fitur ini, untuk penulisan bersama di sebuah dokumen secara berkelompok. Jadi, lebih memudahkan anda dalam pengerjaan dokumen.

Pengertian Microsoft Word Menurut Para Ahli

Pengertian Microsoft Word Menurut Para Ahli

Untuk pembahasan selanjutnya, yakni jelaskan pengertian Microsoft Word menurut para ahli, antara lain :

  • Pengertian Microsoft Word menurut para ahli dari Permana (2007). Ms Word adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah kata. Di dalamnya terdapat berbagai variasi fitur sebagai pelengkap pembuatan suatu dokumen. Dengan menggunakan aplikasi itu, dapat menghemat waktu lebih efisien dan efektif. Setelah pengetikan akan langsung tersave di draft, jadi kita bisa menggunakan sewaktu-waktu.
  • Menurut Agung (2010). Aplikasi tersebut dapat membantu pekerjaan manusia sehari-hari. Aplikasi ternama keluaran dari tahun 1983 hingga sekarang masih menduduki peringkat terbaik. Perangkat lunak ini memiliki bentuk yang simple dan sederhana, tetapi mempunyai hasil yang memuaskan para pengguna.
  • Menurut Prabawati. Ms Word adalah perangkat software yang digunakan untuk pengolah kata. Sampai saat ini, semua komputer dan elektronik menggunakan aplikasi tersebut. Kita bisa menuangkan ide kreatif untuk mengolah kata daripada harus menulis tangan. 
  • Menurut Mulyadi (2001). Aplikasi perangkat lunak itu dapat digunakan untuk pengetikan teks dokumen berhalam-halaman tanpa batas. Fitur di dalamnya pun mendukung untuk membantu proses pekerjaan anda. Hampir di seluruh komputer atau laptop, sudah terinstal aplikasi Ms Word. Jadi, anda tidak perlu mendownload ulang.
  • Menurut Budiharjo (2004). Perangkat lunak itu dapat digunakan untuk membuat, mengubah, mengedit, memformat teks untuk di bentuk sebagai sebuah dokumen. Hasil akhir akan berbentuk soft file atau hard file, sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, dapat membuat karangan cerita, surat, puisi, pantun, dan hal lainnya.

Apa saja Manfaat dari Microsoft Word?

Apa saja Manfaat dari Microsoft Word?

Apa saja manfaat dari Microsoft Word? Berikut beberapa kegunaan aplikasi tersebut, untuk membantu pekerjaan kegiatan sehari-hari, antara lain :

  • Sebagai media pengeditan dokumen
    Inilah kelebihan dari aplikasi tersebut, dapat mengedit dokumen sewaktu-waktu yang kita perlukan. Jadi dokumen yang telah kita save, akan otomatis tersimpan di bagian draft. Anda dapat memperbaiki dokumen yang salah dan dapat mengubah sebuah diagram, tabel, font, gambar, dan hal lainnya.
  • Sebagai media pembuatan konten untuk keperluan kantor
    Untuk bagian perkantoran, aplikasi perangkat lunak ini telah menyediakan fitur untuk memudahkan dalam membuatnya. Tidak perlu waktu lama untuk prosesnya, hanya memerlukan beberapa waktu saja dan hasilnya rapi.
  • Dapat sebagai media yang memiliki pengetikan lebih cepat.
    Pengetikan cepat atau tidaknya, tergantung dengan si pengguna. Jika pengguna dapat menggunakan 10 jari sekaligus, maka proses pengetikan akan lebih mudah. Sedangkan untuk pengguna baru menggunakan 11 jari, maka  pengetikan akan lebih lama. Selain pengetikan cepat, dapat untuk memeriksa ejaan yang salah, menyediakan sinonim kata, dan hal lainnya.
  • Dapat membuat dokumen dan menyimpannya lebih efektif dan efisien
    Dokumen dari aplikasi ini dapat disimpan dalam bentuk soft file. Oleh sebab itu, platform ini menjadi aplikasi yang sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Setelah membaca artikel mengenai jelaskan pengertian Microsoft Word, menurut para ahli dan fungsinya, akan menambah pengetahuan anda untuk kedepannya tentang aplikasi perangkat lunak ini. Sekian dari saya, hanya sepatah dua kata yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.