Jelaskan Pengertian Tanda Tempo! Baca Disini!

Jelaskan Pengertian Tanda Tempo

Untuk menciptakan musik yang indah kita perlukan beberapa unsur yang salah satunya adalah tempo. Di sini Mimin akan mencoba jelaskan pengertian tanda tempo. Tempo sendiri merupakan unsur dari kegiatan bermusik yang berkaitan dengan kecepatan birama lagu.

Dalam memainkan alat musik, tentu saja pemain harus bisa membaca tanda tempo. Hal ini membuat kemampuan untuk bisa membaca tanda tempo menjadi sesuatu penting yang harus bisa para pemain musik kuasai.

Tempo Adalah Apa?

Tempo Adalah Apa?

Secara umum, tempo akan menentukan cepat atau lambatnya suatu lagu atau musik kita mainkan. Maka dalam musik, tempo adalah simbol yang kita pakai untuk acuan cepat atau lambatnya sebuah musik.

Secara spesifik, seorang ahli bernama Allen Winold jelaskan pengertian tanda tempo adalah kecepatan ketukan atau beat yang terdapat dalam suatu musik setiap menitnya. Di lain sisi, menurut Kamus Musik karangan Pono Banoe jelaskan pengertian tanda tempo adalah kecepatan dan waktu dalam ukuran langkah tertentu pada musik.

Dari jelaskan pengertian tanda tempo di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa tanda tempo akan sangat berpengaruh kepada suasana lagu.

Seperti yang kita ketahui, lagu yang memiliki tempo cepat akan kita nyanyikan dengan riang dan semangat. Sedangkan lagu yang mempunyai tempo yang lambat kita gunakan untuk menyanyikan lagu syahdu, sedih, dan romantis.

Untuk memahami tanda tempo, selanjutnya kita akan membahas tentang ciri-cirinya. Keberadaan tanda tempo dapat kita ketahui berdasarkan dari ciri-cirinya. Berikut adalah ciri-ciri dari tanda tempo, yaitu:

1.) Tempo selalu ditulis dalam komposisi

Karena tempo merupakan hal yang penting di dalam musik, oleh karena itulah tanda tempo tertulis dalam komposisi lagu yang terletak di atas bagian dari teks. Untuk penulisannya dapat kita tuliskan menggunakan not balok maupun angka.

2.) Disusun menggunakan metronom

Menentukan atau mengukur sebuah tempo pun tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Biasanya sebuah tempo akan diukur menggunakan alat ukur khusu yang bernama metronom. Oleh karenanya, hasil ukur sebuah tempo ditulis dengan MM yang merupakan akronim dari metronome maelzel..

3.) Menggunakan penyebutan yang berbeda

Ternyata tanda tempo ini memiliki cara penyebutan yang berbeda. Ada tiga cara dalam penyebutan tanda tempo ini, yaitu dengan cara italia, BPM atau beat per minute, dan dengan cara modern.

Apa saja Tanda Tempo Cepat?

Apa saja Tanda Tempo Cepat?

Membahas tanda tempo tidaklah lengkap jika tidak membahas tentang jenis-jenis tanda tempo. Nyatanya tanda tempo sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yaitu tanda tempo lambat, sedang, dan cepat. Penasaran dengan tanda tempo cepat? Berikut adalah tingkatannya, diantaranya:

  1. Allegretto, memiliki tempo yang agak cepat dan riang, nilai kecepatannya ada di kisaran 108 MM sampai 116 MM
  2. Allegro, memiliki tempo yang cepat, riang, dan hidup, nilai kecepatannya berkisar 132 MM sampai 138 MM.
  3. Vivace, memiliki tempo yang berarti hidup dan riang, nilai kecepatannya berkisar 160 MM sampai 176 MM.
  4. Presto, memiliki tempo yang cepat, dan nilai kecepatannya berkisar 184 MM sampai 200 MM.
  5. Prestissimo, berarti memiliki tempo yang secepat-cepatnya, nilai kecepatannya lebih dari 200 MM.

Tanda Tempo Allegretto Artinya Apa dan Contoh Lagunya?

Tanda Tempo Allegretto Artinya Apa dan Contoh Lagunya?

Apakah kalian tahu tanda tempo Allegretto artinya apa? Allegretto sendiri merupakan salah satu tingkatan pada tanda tempo cepat yang memiliki arti agak cepat dan riang.

Tanda ini memiliki kecepatan tempo 108 sampai 116 MM. Contoh lagu yang menggunakan tanda ini adalah Ampar-Ampar Pisang, dan Yamko Rambe Yamko.

Penutup

Itu dia pembahasan tentang tanda tempo, mulai dari jelaskan pengertian tanda tempo hingga tanda tempo Allegretto. Mimin ingatkan sekali lagi, tanda tempo merupakan unsur yang penting dalam bermusik.

Jadi, untuk kalian yang ingin belajar bermusik, pastikan kalian bisa memahami tanda tempo inti terlebih dahulu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.