Jelaskan Pengertian Teks Tanggapan! Baca Disini!

Jelaskan Pengertian Teks Tanggapan

Ternyata dalam menyampaikan tanggapan dalam sebuah teks ada tata-caranya loh! Kali ini Mimin akan jelaskan pengertian teks tanggapan. Sesuai dengan namanya, teks tanggapan adalah jenis teks dalam Bahasa Indonesia yang berisikan pendapat, pujian, kritik, maupun sanggahan terhadap suatu hal.

Secara umum, teks tanggapan ini berisikan pandangan seseorang terhadap sesuatu menurutnya. Teks ini biasanya kita gunakan untuk menanggapi suatu karya, baik itu film, pertunjukan, lagu, lukisa, dan lain sebagainya

Apa Ciri Utama Teks Tanggapan?

Apa Ciri Utama Teks Tanggapan?

Setelah Mimin jelaskan pengertian teks tanggapan, sekarang kita akan membahas ciri utama teks tanggapan. Kira-kira apa ciri utama teks tanggapan? Berikut Mimin berikan penjelasannya!

1.) Objektif

Tentu saja teks ini harus memiliki isi yang bersifat objektif, sesuai dengan fakta dan kejadian yang sebenarnya terjadi.

2.)  Struktur

Sama seperti teks kebanyakan, teks tanggapan juga memiliki struktur yang terdiri dari Evaluasi, Deskripsi, dan Penegasan Kembali.

3.) Kaidah Kebahasaan

Biasanya teks ini harus tersampaikan dengan penulisan kebahasaan yang baik, sopan, jelas, dan logis. Teks ini memang agak berbeda dengan teks-teks pada umumnya. Teks tanggapan merupakan opini pribadi diri kalian masing-masing. Namun tetap, dalam pembuatannya kalian harus mengikuti struktur yang sudah ada, yaitu:

  • Evaluasi
    Evaluasi terdapat di bagian awal teks yang berisikan pandangan umum sang penulis akan suatu hal yang ingin ia tanggapi. Beberapa ahli mengatakan bahwa evaluasi merupakan salah satu kunci dalam penulisan teks tanggapan, karena dinilai melalui evaluasi yang baik para pembaca dapat mengetahui inti tanggapan yang ingin diungkapkan oleh sang penulis.
  • Deskripsi
    Deskripsi merupakan bagian isi dari teks tanggapan. Bagian ini berisikan informasi tentang tanggapan, dan inti pembahasan dari sang penulis. Di sini penulis memberikan opininya yang disertai dengan fakta dan bukti penunjangnya.
  • Penegasan Ulang
    Bagian terakhirnya adalah penegasan ulang atau yang disebut juga dengan penutup. Bagian ini berisikan kesimpulan dari tanggapan sang penulis, dan juga penulis bisa menambahkan saran dan masukannya terhadap hal yang ia tanggapi.

Apa yang Dimaksud dengan Teks Tanggapan dan Santun?

Apa yang Dimaksud dengan Teks Tanggapan dan Santun?

Santun sendiri adalah berlaku maupun berkata dengan tingkah laku yang sopan, halus, baik, dan tidak menyakiti. Maka sesuai dengan apa yang sudah Mimin jelaskan pengertian teks tanggapan beserta ciri-ciri dan strukturnya, jadi apa yang dimaksud dengan teks tanggapan dan santun? Adalah teks tanggapan yang tertulis dengan baik sesuai dengan ciri-ciri dan strukturnya, dan tertulis dengan bahasa yang baik, serta tersampaikan dengan tingkah laku yang sopan dan santun.

Apa yang Dimaksud dengan Teks Tanggapan dan Berikan Contohnya?

Apa yang Dimaksud dengan Teks Tanggapan dan Berikan Contohnya?

Kita sendiri pastinya mempunyai pendapat serta tanggapan yang berbeda-beda akan suatu hal. Dalam menyampaikan tanggapan tersebut, kita bisa menyampaikannya dengan teks tanggapan. Lalu, apa yang dimaksud dengan teks tanggapan dan berikan contohnya? Para ahli jelaskan pengertian teks tanggapan adalah teks yang kita tulis untuk menanggapi suatu hal yang kita terima sesuai dengan fakta yang ada. Berikut ini adalah contohnya!

Senyum, Salam, dan Sapa

SMP Maju Jaya mempunyai tradisi yang cukup  dan bagus setiap pagi di pintu gerbang sekolah. Semua guru menyambut kehadiran para siswa dengan penuh kebahagiaan. Senyum para guru terpampang ketika menyambut mereka, kemudian para siswa pun mengucapkan salam dan mencium tangan para guru di sana.

Tradisi melakukan aktivitas senyum, salam, dan sapa merupakan kegiatan yang sangat baik dan memberikan dampak positif bagi para siswa. Selain membuat datang di sekolah tepat waktu, mereka juga merasakan keceriaan sebelum mengikuti proses pembelajaran di kelas. Situasi ini pun menciptakan suasana yang akrab antara siswa dan guru.

Jadi, sekolah lain dapat mencontoh kegiatan pagi di SMP Maju Jaya yang cukup kreatif dan menarik. Karena kegiatan senyum, salam, dan saya ini dapat melatih integritas para siswa menjadi pribadi yang berakhlak mulia.

Penutup

Semoga apa yang sudah Mimin jelaskan pengertian teks tanggapan, contoh, ciri-ciri, hingga penyampaiannya secara sopan dapat membantu kalian semua. Perlu Mimin ingatkan, kita semua berhak untuk menanggapi suatu karya, akan tetapi kita perlu melakukannya dengan cara yang benar dan sopan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.