Jelaskan Penyebab Terjadinya Kelangkaan Beserta Dampak dan Jenisnya!

Jelaskan Penyebab Terjadinya Kelangkaan

Kelangkaan dapat terjadi akibat ulah manusia atau faktor alam. Berbagai macam kelangkaan seperti kelangkaan faktor ekonomi, hewan satwa, tumbuhan langkah, sumber daya alam yang langkah, dan masih banyak lagi jenisnya. Kelangkaan adalah kondisi dimana suatu sumber daya baik alam maupun ekonomi, yang tidak dapat memenuhi kebutuhan kita sehari-hari karena kondisi yang terbatas. Jelaskan penyebab terjadinya kelangkaan, yakni timbul karena kebutuhan manusia semakin bertambah atas dasar pertumbuhan penduduk semakin tinggi.

Pertumbuhan penduduk yang semakin meninggi adalah salah satu faktor dari munculnya kelangkaan. Oleh karena itu, pemerintah terus melancarkan program sensus penduduk , agar dapat mengontrol sistem kependudukan yang ada di suatu negara.

Jelaskan penyebab terjadinya kelangkaan, timbul karena dari kemampuan produksi yang berkurang. Hal itu terjadi karena berkurangnya dari segi faktor modal , tenaga kerja dan sumber daya alam semakin menipis.

Apa Saja Dampak dari Kelangkaan?

Apa Saja Dampak dari Kelangkaan?

Terjadinya kelangkaan dapat mengakibatkan dampak negatif di antara penduduk. Kebutuhan manusia semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Pada masa pandemi, sektor produksi mengalami kesulitan dalam memperbanyak produk, hal itu disebabkan oleh virus corona covid 19. Akibatnya pabrik produksi mengalami pemberhentian sementara hingga bangkrut total. Berikut, apa saja dampak dari kelangkaan? Simak pembahasan tentang jelaskan penyebab terjadinya kelangkaan di bawah ini.

  • Dapat menyebabkan pengangguran semakin meningkat. Hal ini terjadi karena tidak ada ketersediaan sumber pembiayaan secara finansial untuk menggaji para karyawan. Berakibatkan, para pekerja di phk secara sepihak. Akhirnya, sumber daya manusia yang produktif, sekarang tidak memiliki pekerjaan apapun.
  • Angka kemiskinan penduduk bertambah. Hal ini terjadi karena harga produksi dan daya beli semakin tinggi, sehingga mereka yang tidak mempunyai pekerjaan, sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini menandakan, negara akan semakin kesulitan dalam berkembang.
  • Terjadinya kenaikan harga. Saat ini terjadi kelangkaan minyak goreng, disebabkan oleh sumber daya alam penghasil minyak goreng berkurang drastis. Oleh karena itu, biaya produksinya pun semakin bertambah disertai dengan harga semakin meningkat.
  • Angka kemiskinan meningkat, menimbulkan banyaknya kriminalitas yang terjadi. Kriminalitas tidak jauh dengan apa yang mereka butuhkan saat ini. Kesulitan ekonomi menyebabkan kepribadian buruk seseorang muncul. Termasuk kurangnya ketersediaan lapangan pekerjaan, menyebabkan seseorang berusaha mencari pendapatan dengan cara yang tidak halal.

Apa Yang Menyebabkan Terjadinya Kelangkaan Sumber Daya Alam?

Apa Yang Menyebabkan Terjadinya Kelangkaan Sumber Daya Alam?

Penyebab kelangkaan sumber daya alam dapat terjadi karena faktor ulah manusia atau faktor alam. Kira-kira, apa yang menyebabkan terjadinya kelangkaan sumber daya alam? Simak ulasan berikut ini.

  • Terjadinya perbedaan letak geografis

Hal tersebut disebabkan oleh persebaran kondisi geografis yang tidak seimbang. Setiap wilayah memiliki geografis yang berbeda-beda, oleh karena itu lah, terjadinya proses kelangkaan sumber daya alam.

  • Bencana alam terjadi dimana-mana

Bencana alam ini dapat disebabkan oleh faktor alam atau ulah usil manusia, seperti penebangan pohon secara liar dan membuang sampah tidak pada tempatnya. Bencana alam pasti meninggalkan kerusakan puing-puing bangunan serta banyaknya korban jiwa baik manusia atau hewan. Berbagai bencana alam seperti tsunami, gempa bumi, tanah longsor, gunung meletus, kebakaran hutan, kekeringan, pandemi covid 19, dan masih banyak lagi bencana lainnya.

  • Pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi

Pertumbuhan penduduk semakin banyak, menyebabkan kebutuhan hidup yang harus dipenuhi semakin tinggi.

  • Kemampuan produksi menurun

Banyaknya sumber daya alam yang rusak, mengakibatkan produksi menurun, dengan mengikuti harga pembelian semakin tinggi.

Apa Saja Jenis Jenis Kelangkaan?

Apa Saja Jenis Jenis Kelangkaan?

Sebelumnya telah membahas mengenai jelaskan penyebab terjadinya kelangkaan serta dampak yang terjadi. Selanjutnya, yakni beberapa jenis kelangkaan yang terjadi hingga saat ini. Kali ini, apa saja jenis jenis kelangkaan?

  • Yang pertama, yakni kelangkaan sumber daya alam.
  • Kelangkaan sumber daya manusia.
  • Kelangkaan sumber daya kewirausahaan / sektor industri.
  • Yang terakhir yakni kelangkaan sumber daya modal.

Sekian artikel mengenai jelaskan penyebab terjadinya kelangkaan beserta dampak dan jenis kelangkaan saat ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas perhatiannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.