Jelaskan Perbedaan Antara Peristiwa Menyublim dan Mengkristal Disini!

Jelaskan Perbedaan Antara Peristiwa Menyublim dan Mengkristal

Semua zat bisa berubah bentuk wujudnya akibat perpindahan kalor yang terjadi di sekitarnya. Kali ini Mimin akan jelaskan perbedaan antara peristiwa menyublim dan mengkristal, Pada dasarnya, bila suatu benda mengalami peningkatan suhu, maka benda tersebut menyerap kalor.

Penyerapan kalor ini dapat menyebabkan perubahan wujud, dari padat ke cair, dari cair ke gas, atau bahkan langsung dari padat ke gas (menyublim). Begitu pula sebaliknya, bila suatu benda yang menurun suhunya, maka benda tersebut melepas kalor. Pelepasan kalor ini juga dapat menyebabkan perubahan wujud, dari gas ke cair, dari cair ke padat, atau langsung dari gas ke padat (mengkristal).

Apa Perbedaan Antara Menyublim dan Mengkristal?

Apa Perbedaan Antara Menyublim dan Mengkristal?

Sebelum Mimin jelaskan perbedaan antara peristiwa menyublim dan mengkristal, alangkah baiknya Mimin jelaskan terlebih dahulu pengertian dari menyublim dan mengkristal. Menyublim adalah perubahan wujud zat dari benda padat langsung berubah menjadi benda gas tanpa mengalami pencairan.

Sedangkan, untuk mengkristal merupakan kebalikan dari peristiwa menyublim, yang berarti mengkristal adalah peristiwa terjadinya perubahan wujud zat dari benda gas menjadi benda padat.

Setelah Mimin jelaskan perbedaan antara peristiwa menyublim dan mengkristal tadi, kita dapat mengetahui bahwa kedua peristiwa ini merupakan peristiwa yang berbeda dan ber-keterbalikan. Kira-kira apa perbedaan antara menyublim dan mengkristal? Simak ulasannya di bawah ini!

  1. Menyublim merubah wujud zat dari padat ke gas, sedangkan mengkristal mengubah wujud zat dari gas ke padat.
  2. Menyublim merupakan peristiwa menerima kalor, sedangkan mengkristal merupakan peristiwa melepas kalor.
  3. Menyublim terjadi ketika suhu mengalami kenaikan, sedangkan mengkristal terjadi ketika suhu mengalami penurunan.

Apa saja yang Menyebabkan Terjadinya Peristiwa yang Mengembun Menyublim dan Mengkristal?

Apa saja yang Menyebabkan Terjadinya Peristiwa yang Mengembun Menyublim dan Mengkristal?

Sebelumnya Mimin sudah jelaskan perbedaan antara peristiwa menyublim dan mengkristal, selanjutnya kita akan membahas tentang peristiwa mengembun. Mengembun sendiri adalah peristiwa perubahan wujud zat dari gas menjadi cair. Jika kalian tahu peristiwa menguap, maka mengembun adalah keterbalikan dari peristiwa tersebut.

Pada saat gas mengalami pengembunan, gas akan melepas kalor yang ada di dalamnya karena akibat penurunan suhu di sekitarnya. Contoh dari mengembun adalah adanya bintik-bintik air pada dedaunan ketika pagi hari. Hal ini dapat terjadi akibat uap/gas air yang menyentuh permukaan daun yang memiliki suhu yang lebih rendah dari uap/gas tersebut.

Pertanyaannya adalah apa saja yang menyebabkan terjadinya peristiwa yang mengembun menyublim dan mengkristal? Dari penjelasan Mimin mengenai tiga peristiwa di atas, dapat kita simpulkan bahwa peristiwa-peristiwa ini disebabkan akibat perbedaan suhu antara suatu zat atau benda dengan suhu di sekitarnya. Perubahan suhu inilah yang mengakibatkan perpindahan kalor di dalam diri zat tersebut, sehingga zat tersebut dapat mengalami perubahan wujud.

Apa saja Contoh Mengkristal?

Apa saja Contoh Mengkristal?

Setelah mengetahui penjelasan mengenai proses mengkristal, apakah kalian penasaran apa saja contoh mengkristal? Tanpa kita sadari, ternyata mengkristal terjadi pada kehidupan sehari-hari kita loh! Berikut Mimin berikan daftar contoh mengkristal pada kehidupan sehari-hari kita, diantaranya:

  1. Berubahnya uap menjadi salju.
  2. Proses pembuatan garam.
  3. Pembuatan es kering atau dry ice.
  4. Terbentuknya bunga es yang menempel pada dinding freezer kita.
  5. Lubang knalpot yang menjadi kotor dan berwarna hitam akibat gas CO2 yang berubah menjadi padat

Penutup

Nah itu tadi Mimin sudah jelaskan perbedaan antara peristiwa menyublim dan mengkristal serta mengembun. Semoga artikel ini dapat membantu kalian tentang perubahan-perubahan wujud zat akibat perpindahan kalor, terutama tentang tiga peristiwa di atas tadi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.