Jelaskan Perbedaan Garis Wallace dan Garis Weber!

Jelaskan Perbedaan Garis Wallace dan Garis Weber

Flora dan fauna yang berada di Indonesia sangat beragam jenisnya, flora dan fauna yang ada di pulau Kalimantan berbeda dengan yang ada di Jawa.  Perbedaan tersebut disebabkan oleh letak geografis. Pembagian  fauna di indonesia terbagi menjadi 2 garis yaitu garis Weber dan Wallace.Namun apakah kalian tahu perbedaan kedua garis tersebut? Pasti masih yang belum tahu bukan, oleh karena itu artikel ini bermaksud untuk mengulas mengenai jelaskan perbedaan garis Wallace dan garis Weber.

Pada saat membaca peta seringkali terdapat gari-garis yang memisahkan satu wilayah dan wilayah lainnya. garis tersebut yaitu garis yang membedakan kondisi suatu wilayah dengan wilayah lain. Garis-garis tersebutlah yang dinamakan dengan garis Wallace dan Weber.  Kedua garis tersebut memiliki perbedaan fungsi dan tujuan, ingin lebih mengetahui penjelasan mengenai perbedaan kedua garis tersebut? Yuk simak, ulasan mengenai jelaskan perbedaan garis Wallace dan garis Weber adalah sebagai berikut.

Jelaskan Apa yang dimaksud dengan Garis Weber?

Jelaskan Apa yang dimaksud dengan Garis Weber?

Garis Weber adalah satu garis yang membedakan penyebaran  fauna yang ada di indonesia. Namun apa kalian sudah mengetahui apa itu garis Weber? Disini saya akan menjawab pertanyaan, jelaskan apa yang dimaksud gari weber? Pertanyaan yang sering kali ditanyakan oleh sebagian orang. Garis Weber adalah garis yang ditemukan pertama kali oleh Max Carl Wilhelm Weber, seorang Zoologist dan Biogeography yang berasal dari jerman. Garis Weber merupakan garis yang membedakan persebaran fauna di indonesia yang memisahkan fauna Asiatis dan Australis yang membentang dari laut Arafuru hingga laut Maluku.  Contoh fauna Asiatis adalah gajah, buaya, kerbau, dan babi hutan. Fauna yang termasuk ke dalam tipe asiatis yaitu meliputi wilayah jawa, sumatra, bali dan kalimantan. Sedangkan fauna tipe Australis meliputi kepulauan Aru, Halmahera serta Papua. Contoh fauna yang termasuk kedalam Australis adalah biawak, kanguru, kuskus dan burung cendrawasih.

Apa yang dimaksud dengan Garis Wallace?

Apa yang dimaksud dengan Garis Wallace?

Garis Wallace pertama kali ditemukan oleh seorang peneliti yang berasal dari inggris yang bernama Alfred Russel. Namun, apa kalian tahu, apa yang dimaksud dengan garis Wallace?  Garis Wallace adalah pembagian wilayah berdasarkan campuran antara australis dan asiatis. Sehingga fauna yang ada pada pembagian garis ini mirip jenisnya, contoh nya yaitu komodo, anoa, buaya, babi rusa dan ular. Garis ini menghubungkan wilayah mulai dari selat Makassar, Bali hingga pulau Lombok, garis tersebut memanjang dari daratan sahul hingga kepulauan Riau. Garis Wallace adalah pemisah antara indonesia bagian tengah dengan barat. Namun ada beberapa kawasan penting yang berhubungan dengan garis Wallace ini. Kawasan tersebut dikenal dengan nama Landas benua. Landas benua adalah lempeng benua yang panjang menjulur hingga menuju kawasan laut. Landas benua yang berhubungan dengan garis wallace diantaranya adalah paparan Sahul, paparan Sunda, dan kawasan Wallacea.

Penyebaran Jenis Jenis Fauna di Indonesia

Penyebaran Jenis Jenis Fauna di Indonesia ditentukan Oleh Garis Wallace dan Garis Weber Apa Perbedaan?

Dalam Penyebaran jenis jenis fauna di Indonesia ditentukan oleh garis Wallace dan garis Weber Apa Perbedaan? Perbedaan dari kedua garis ini yaitu terletak pada posisi garis khayalnya. Garis Weber membentang dari kepulauan maluku hingga laut Arafura atau NTT. Sedangkan garis Wallace yaitu garis khayal yang membentang diantara pulau Sulawesi hingga Kalimantan. Jadi jika ada yang bertanya, jelaskan perbedaan garis Wallace dan Weber jawabannya adalah terletak pada posisi garis khayalnya.

Itulah ulasan mengenai jelaskan perbedaan garis Wallace dan garis Weber, semoga bermanfaat dan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan kepada  pembaca.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.