Jelaskan Perbedaan Perikanan Darat Dengan Perikanan Laut

Jelaskan Perbedaan Perikanan Darat Dengan Perikanan Laut

Mungkin kalian belum tahu tentang apa yang, di jelaskan perbedaan perikanan darat dengan perikanan laut. Dari dua nama ini memiliki istilah yang berbeda. Secara gambaran sederhana di jelaskan perbedaan perikanan darat dengan perikanan laut. Merupakan adanya suatu pengelolaan fasilitas yang digunakan untuk suatu budidaya.

Kata Budidaya ini mungkin, tidak asing lagi untuk didengar. Kalian sering mendengar, kata tersebut saat melakukan kegiatan pemeliharaan untuk dikembangbiakkan pada suatu lahan.

Tetapi tahukah kalian, di jelaskan perbedaan perikanan darat dengan perikanan laut. Adalah budidaya, yang bukan hanya ada pada sektor pertanian saja tapi juga pada sektor tambahan yakni. Budidaya tersebut  merupakan suatu kegiatan memelihara ikan pada suatu wadah yang terkontrol untuk mencapai tujuan yakni dengan hasil panen yang melimpah atau banyak.

Yang, di jelaskan perbedaan perikanan darat dengan perikanan laut. Diatas mengenai wadah yang dipergunakan sebagai sarana tempatnya. Meliputi budidaya yang bersifat asli melalui suatu lokasi yang telah ada, atau harus melakukan pembangunan terlebih dahulu. Mari kita bahas.

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Perikanan Darat Dan Perikanan Laut?

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Perikanan Darat Dan Perikanan Laut?

Adapun, di jelaskan apa yang dimaksud dengan perikanan darat dan perikanan laut? Meliputi :

  • Budidaya Daratan

Pengertian diatas adalah suatu kegiatan pemeliharaan ikan pada wadah yang terkontrol yang berada pada perairan daratan.

  • Wadah Budidaya Darat terdiri dari :  Kolam , Bak , Akuarium dan Tambak penangkaran.
  • Ikan Budidaya Darat terdiri dari :  nila ,  tawes , mas ,  sepat ,  gurame , gabus , lele , Belut ,  mujair , patin kesimpulannya yaitu Budidaya Darat yakni terletak pada lokasinya, wadahnya , dan jenis ikan yang dibudidayakan. Tetapi hasil panennya tetap sama, tergantung usia ikan siap di panen.
  • Budidaya Laut

Pengertian diatas  adalah suatu kegiatan memelihara ikan pada wadah yang terkontrol yang berada pada perairan laut untuk mencapai tujuan yakni dengan hasil panen yang melimpah atau banyak.

  • Wadah Budidaya Laut terdiri dari : Keramba jaring apung dan Keramba jaring tancapan.
  • Ikan Budidaya Laut terdiri dari :  Rumput laut, Ikan kakap, Ikan kerapu putih, Lobster, Ikan Kuwe, Ikan Baronang, Ikan Tuna.

Kesimpulannya yaitu budidaya laut yakni terletak pada lokasinya, wadahnya , dan jenis ikan yang dibudidayakan. Tapi hasil panennya tetap sama, tergantung usia ikan siap panen.

Apa Perbedaan Perikanan Dan Kelautan?

Apa Perbedaan Perikanan Dan Kelautan?

Apakah kalian tahu, apa perbedaan perikanan dan kelautan? Mari kita bahas.

Perikanan adalah usaha pemeliharaan dan pengembang biakan ikan atau organisme air lain. Budidaya perikanan disebut juga sebagai budidaya perairan atau akuakultur mengingat organisme air yang dibudidayakan bukan hanya dari jenis ikan saja tetapi juga organisme air lain seperti kerang, udang maupun tumbuhan air yaitu rumput laut.

Dan manfaatnya atau hasil yang diharapkan dari kegiatan pemeliharaan ikan juga bisa berupa produksi ikan yang bisa dijual. Atau bisa juga untuk keperluan bahan konsumsi. Disamping itu kegiatan budidaya perikanan juga bisa memberikan manfaat secara psikologis sebagai penyaluran hobi atau untuk hiburan semata, misalnya pada budidaya ikan hias .

Kelautan sendiri adalah hal yang berhubungan dengan laut dan kegiatan di wilayah laut yang meliputi dasar laut dan tanah di bawahnya. Kolom air pada permukaan laut, termasuk wilayah pesisir dan pulau kecil lainya. Maka bisa disebutkan kelautan adalah sebuah wadah yang berisi keanekaragaman ikan di dalamnya.

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Perikanan Darat?

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Perikanan Darat?

Sesuai pada di jelaskan apa yang dimaksud dengan perikanan darat? Merupakan usaha pemeliharaan dan penangkapan ikan di perairan daratan. Perairan darat meliputi sungai, danau, rawa, bendungan, empang, sawah, dan tambak. Perikanan darat dapat dibedakan atas dua jenis yaitu :

  • Perikanan air payau

merupakan usaha perikanan yang dilakukan di tepi pantai dalam bentuk tambak dengan jenis budidaya berupa udang galah dan ikan bandeng . Perikanan air payau banyak dilakukan di utara pesisir Jawa, pantai timur Aceh , Riau , Sumatra Utara dan Sumatera Selatan.

  • Perikanan air tawar

ialah perikanan yang berada di sawah , sungai , danau , kolam dan rawa. Keberhasilan budidaya ikan air tawar sangat ditentukan oleh lingkungan yaitu tanah dan airnya

Demikian artikel ini semoga membantu, dan terima kasih atas waktunya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.