Jelaskan Secara Singkat Sejarah Munculnya Internet, Apa itu Internet?

jelaskan secara singkat sejarah munculnya internet

Mungkin kalian sudah tidak asing dengan namanya internet. Jika kalian ditanya dan diberi kesempatan untuk men-jelaskan secara singkat sejarah munculnya internet. Apa yang kalian akan terangkan? Jika kalian bingung, artikel ini akan menjelaskan secara detail.

Internet sendiri pada awalnya diciptakan di oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun ke 1969. Proyek pengerjaan melalui lembaga ARPA yang mengembangakan jaringan yang diberi nama ARPANET (Advanced Reaearch Project Agency Network). Yang di mana dalam percobaanya menggunakan hardware dan software yang berbasis UNIX atau sistemnya.

Awalnya Sistem jaringan ini hanya ini untuk keperluan militer. komputer yang tersebar dan saling menghubungkan antar komputer lainnya. Merupakan cara untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir. Dan itu membuat dapat menanggulangi jika terjadinya ledakan karena setiap sistem jaringan yang saling terkoneksi tetap dapat terhubung. Minimal kerusakan atau kehilangan base sangat minim.

Jelaskan Secara Singkat Apa Itu Internet ?

Jelaskan Secara Singkat Apa Itu Internet ?

Jaman sekarang kebutuhan internet sangat menjadi hal utama yang dibutuhkan. Kita dituntut untuk mengerti tentang manfaat dari jaringan tersebut. Di jelaskan secara singkat apa itu internet? Adalah sebuah interkoneksi yang menghubungkan kita untuk mengetahui dunia. Bukan hanya untuk itu saja tapi jaringan sangat penting untuk kita bergaul dan untuk mengetahui berita atau dalam sebuah pekerjaan. Seperti di jelaskan secara singkat sejarah munculnya internet adalah sebagai sumber konektif tiap komputer untuk memberikan informasi.

Dalam standar global yang di jelaskan secara singkat sejarah munculnya internet, untuk penggunaan jaringan  tersebut menggunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Istilah TCP/IP merupakan bentuk protokol pertukaran data yang digunakan oleh berbagai pengguna global/dunia. Lalu, proses untuk menghubungkan antara rangkaian internet disebut dengan internetworking.

Apa Saja Manfaatnya Sekarang Ini yang Bisa Kita Rasakan Ialah:

  1. Dalam bidang bisnis atau pekerjaan, banyak orang yang tergantung pekerjaannya dengan bantuan internet. Akses yang mudah dan jangkauan yang luas.
  2. Bidang pendidikan, mungkin sudah tidak asing dengan pembelajaran online yang sempat ramai saat covid. Namun sebelum wabah berlangsung sudah banyak orang yang melakukan study dengan online class. Seperti home schooling, mereka belajar dengan sendiri dengan satu guru pendamping melalui web khusus.
  3. Kesehatan, mungkin istilah ini sudah tidak asing. Dalam penggunaan internet banyak kegunaan untuk bidang kesehatan. Informasi yang diperlukan mengenai kesehatan sangat luas. Dan bisa melakukan konsultasi dengan dokter atau melakukan registrasi sebelum berobat.
  4. Sosial dan hiburan, mungkin hal ini sudah tidak asing juga, akses media sosial yang banyal digunakan orang untuk mencari berita atau melakukan interaksi dengan orang lain, contohnya youtube, instagram, tiktok, facebook dan lain sebagainya.

Selain Manfaat Ada Juga Hal Negatif yang Dapat diperoleh, Adalah:

  1. Karena aksesnya yang bebas, banyak orang jahat yang memanfaatkannya untuk pencurian data, atau istilahnya hacker.
  2. Karena sangat banyak pengguna di dunia ini, banyak nya ujaran kebencian mengenai salah paham informasi.
  3. Pembuatan atau penyebaran konten ilegal, sehingga perlunya untuk anak diawasi saat menggunakan internet.

Bagaimana Sejarah dan Perkembangan Internet Hingga Saat Ini?

Bagaimana Sejarah dan Perkembangan Internet Hingga Saat Ini?

Dan jika ditanya, Bagaimana sejarah dan perkembangan internet hingga saat ini? Di jelaskan secara singkat sejarah munculnya internet. Dalam tahun ke tahun perkembangannya sangat besar dan signifikan dalam segi akses, kecepatan dan penggunanya mengalami lonjakan yang besar.

Dari segi cakupanya sendiri meliputi skala wilayah atau batas tersedianya jangkauan akses internet di wilayah lainnya. Banyak negara yang berlomba-lomba untuk memperluas jaringannya untuk menggunakan satelit. Karena maka mampu untuk menjangkau wilayah yang lebih menyeluruh.

Apakah Tujuan Awal diciptakan Internet dan Tahun Berapa?

Apakah Tujuan Awal diciptakan Internet dan Tahun Berapa?

Mengenai Apakah tujuan awal diciptakan internet dan tahun berapa? Sejarah pertama kali internet ditemukan pada tahun 1960-an dan digunakan untuk kebutuhan riset dan penelitian dalam bidang militer di Amerika Serikat.

Sejarah internet di Indonesia diperkenalkan pertama kali pada tahun 1994 yang diprakarsai oleh beberapa orang ahli di bidang IT (Teknologi Informatika).

Bagaimana apakah kalian sudah jelas dengan pembahasan artikel ini. Semoga info ini membantu kalian. Terima kasih dan sampai jumpa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.