Jelaskan Tahapan Metamorfosis Pada Katak!

Jelaskan tahapan metamorfosis pada katak

Seperti yang sudah diketahui katak adalah hewan amfibi atau hewan yang dapat hidup di dua alam, yaitu air dan darat.  Hewan ini bukan termasuk mamalia, jadi mereka tidak berkembang biak dengan cara melahirkan, melainkan dengan dengan cara bertelur. Katak hidup di daerah  rawa rawa dan persawahan. Kali ini saya akan membahas artikel mengenai jelaskan tahapan metamorfosis pada katak.

Katak memiliki metamorfosis yang berbeda dengan hewan lain karena hidup di dua alam. Bentuk tubuh katak akan berbeda-beda pada setiap siklus metamorfosis yang dialami.  Jadi jika ada yang bertanya, jelaskan tahapan metamorfosis pada katak, jawabannya adalah  metamorfosis katak terdiri dari lima fase, yaitu telur, kecebong, berudu empat kaki, katak muda, dan tahapan terakhir yaitu menjadi katak dewasa.

Bagaimana Awal Pertumbuhan dan Perkembangan Katak?

Bagaimana Awal Pertumbuhan dan Perkembangan Katak?

Katak adalah hewan yang mengalami metamorfosis sempurna mulai dari proses hingga perkembangan. Pertumbuhan dan perkembangan hewan katak dimulai dari sel telur kemudian menjadi katak dewasa. Namun, bagaimana awal pertumbuhan dan perkembangan katak? Berikut merupakan tahapan pertumbuhan dan perkembangan adalah sebagai berikut.

  • Fase Telur

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, tahapan awal pertumbuhan kata yaitu berawal dari sel telur. Pada musim pembuahan, kata betina akan mengeluarkan atau melepaskan banyak sel telur ke dalam air yang akan dibuahi oleh katak jantan.

  • Fase Kecebong

Tahapan selanjutnya yaitu telur yang telah dibuahi oleh katak jantan kemudian menetas menjadi kecebong. Dalam fase kecebong ini merupakan proses pembentukan organ seperti insang mulut dan kulit.

  • Katak Muda

Setelah tahapan kecebong kemudian kecebong berubah menjadi katak muda, fase katak muda dimulai pada saat minggu ke 12. Perubahan ini diawali dengan hilangnya insang, ekor memendek dan paruru yang mulai berfungsi.

  • Katak Dewasa

Katak dewasa merupakan tahapan terakhir pertumbuhan dan perkembangan katak, fase ini tidak berjarak lama dari fase katak muda hanya berjarak 4 minggu. Pada tahap ini katak sudah terbentuk organ dan fungsi secara sempurna, katak dewasa sudah tidak hidup di air melainkan bisa hidup di darat juga.

Bagaimana Cara Berkembang Biak Kodok?

Bagaimana Cara Berkembang Biak Kodok?

Kebanyakan orang pasti menganggap katak dan kodok merupakan hewan yang sama. Mereka memang sama hewan amfibi namun mereka sebetulnya berbeda. Kodok mempunyai tubuh yang lebih besar daripada katak namun memiliki kaki yang pendek dan kulit yang lebih kasar. Berbanding dengan kodok yang mempunyai tubuh lebih kecil dan kulit yang tipis.

Setelah membahas mengenai, jelaskan tahapan metamorfosis katak kali ini saya akan menjawab pertanyaan mengenai, bagaimana cara berkembang biak kodok? Ingin tahu jawabannya? Yuk simak. Katak dan kodok merupakan hewan dari rumpun yang sama oleh karena itu mereka mempunyai proses kembang biak juga sama yaitu dimulai dari proses telur, kecebong, kodok muda kemudian tahapan perkembangan terakhir yaitu kodok dewasa.

Berapa Lama Proses Tahapan Daur Hidup Katak?

Berapa Lama Proses Tahapan Daur Hidup Katak?

Proses daur hidup katak dimulai dari sel telur yang berubah menjadi zigot kemudian embrio. Embrio tersebut kemudian dibuahi oleh jantan menjadi kecebong sekitar 6-7 hari. Setelah itu  kemudian terjadi fase kecebong sekitar 6-7 Minggu. Kemudian pada Minggu ke 12 kecebong akan berubah menjadi katak muda.

Tahap terakhir yaitu pada Minggu ke 16 katak telah sempurna tumbuh atau biasa disebut dengan katak dewasa. Jadi jika ada yang bertanya, berapa lama proses tahapan daur hidup katak ? Jawabannya yaitu sekitar 16 Minggu.

Itulah ulasan artikel mengenai jelaskan tahapan metamorfosis katak, semoga bermanfaat serta menambah wawasan dan ilmu pengetahuan untuk pembaca artikel ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.