Kebijakan Pemerintahan Orde Baru Menekankan pada Kepentingan Siapa?

Kebijakan pemerintahan orde baru menekankan pada kepentingan

Kebijakan pemerintahan orde baru menekankan pada kepentingan, kepentingan pihak yang ditekankan pada orde baru yaitu Soeharto dan kroni – kroninya. Artinya merupakan seluruh kegiatan pemerintah yang dilakukan untuk kepentingan pihak tersebut saja. Hal ini salah satunya dari adanya pencatatan keuangan yang dipercaya pada saat masa tersebut.

Kebijakan pemerintahan orde baru menekankan pada kepentingan orde baru yaitu salah satu jaman yang pernah berjalan di Indonesia. Salah satu ciri era ini yaitu rendahnya keterbukaan informasi, dan kebebasan berekspresi pun ditekan oleh pemerintah. Pengertian orde baru yaitu sebutan masa pemerintahan presiden Soeharto di Indonesia lebih dari 30 tahun. Masa orba (orde baru) di mulai pada tahun 1966 yang menggantikan orde lama pada pemerintahan presiden Soeharto.

Apa itu Jaman Orba?

Orde baru Soeharto

Orde baru merupakan penataan kembali kehidupan bangsa, masyarakat, dan negara Indonesia berlandaskan UUD 1945 dan pancasila. Hal ini dilakukan karena adanya ancaman kepada ideologi pancasila peristiwa G30S PKI. Menurut sejarah, pada saat itu partai komunis Indonesia atau disingkat sebagai PKI menyebarkan komunisme di Indonesia dan mengancam ideologi pancasila. Awal adanya orde baru yaitu saat Presiden Soekarno menyerahkan mandatnya pada Jendral Soeharto melalui surat perintah sebelas Maret.

Latar belakang orde baru yaitu terjadinya kudeta yang dilakukan oleh partai komunis Indonesia kepada kebijakan pemerintah. Pada tanggal 30 September tahun 1965 beberapa jendral TNI disiksa, diculik, dan dibunuh oleh para pemberontak dan sempat membuat kekacauan di Indonesia. Peristiwa pembunuhan pada tanggal 30 September tahun 1965 mengakibatkan munculnya kebencian besar terhadap partai komunis Indonesia. TNI dan masyarakat melakukan penangkapan terhadap para anggota partai komunis Indonesia di berbagai daerah di Indonesia. Masyarakat juga melakukan demonstrasi di berbagai tempat. Beberapa tuntutan kepada pemerintah pada saat itu, yaitu :

  • Membubarkan partai komunis Indonesia (PKI)
  • Menurunkan harga sembako
  • Bersihkan kabinet Dwikora dari unsur PKI

Pada saat masa genting, presiden Soekarno memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai presiden pads tanggal 11 Maret tahun 1966 Soekarno mendatangi SUPERSEMAR dan menyerahkan mandatnya kepada Soeharto sebagai presiden Republik Indonesia.

  1. Kebijakan pemerintahan orde baru menekankan pada kepentingan yang pertama yaitu bidang pendidikan. Pada masa orde baru pemerintah berusaha untuk melaksanakan pembangunan di bidang pendidikan seperti, pembentukan GNOTA, pembentukan program pelita.
  2. Kebijakan pemerintahan orde baru menekankan pada kepentingan yang kedua yaitu bidang pertanian. Pertanian salah satu bidang yang memiliki kendali berjalannya perekonomian di Indonesia. Pertanian dijadikan sebagai prioritas pada masa orde baru.
  3. Yang ketiga yaitu bidang kesehatan, pada masa orde baru pemerintah menjalankan dua program yang bergerak di bidang kesehatan. Program ini terdiri dari program kesehatan masyarakat dan juga program keluarga berencana.
  4. Yang keempat yaitu bidang ekonomi, pada masa orde baru kebijakan ekonomi dikembangkan untuk mencapai tujuan ekonomi itu sendiri. Ada beberapa kebijakan ekonomi pada masa orde baru, seperti perluasan lapangan kerja dan peningkatan peran BUMN.
  5. Yang kelima yaitu bidang sosial budaya, ditekankan pemerintah pada pemerataan kesejahteraan rakyat. Pemerintah merencanakan program transmigrasi dengan tujuan untuk menyediakan tenaga kerja di bidang ekspor kayu, perikanan, dan perkebunan.

Tindakan Orde Baru Soeharto

Kebijakan yang diambil oleh pemerintahan orde baru dipusatkan pada pemerintahan pusat

Orse baru Soeharto diantaranya yaitu :

  • Mengambil tindakan yang dianggap perlu, untuk menjamin keamanan dan ketertiban.
  • Melaporkan sesuatu yang bersangkutan dalam tanggung jawab dan tugas.
  • Mengadakan koordinasi pelaksanaan pemerintah dengan panglima.
  • Membubarkan Partai Komunis Indonesia.
  • Mengamankan menteri yang mendukung G30S.

Kebijakan yang Diambil Oleh Pemerintahan Orde Baru Dipusatkan pada Pemerintahan Pusat

Kebijakan yang diambil oleh pemerintahan orde baru dipusatkan pada pemerintahan pusat dalam bidang politik dan ekonomi yaitu, pada masa orde baru kebijakan ekonomi dikembangkan untuk mencapai tujuan ekonomi itu sendiri. Ada beberapa kebijakan ekonomi pada masa orde baru, seperti perluasan lapangan kerja dan peningkatan peran BUMN.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.